Ini dia Prospek dan peluang Kerja-Karier Lulusan Jurusan Psikologi

Ini dia Prospek dan peluang Kerja-Karier Lulusan Jurusan Psikologi. Psikologi merupakan salah satu jurusan yang lumayan populer di Indonesia, Begitupun untuk peluang Karier jurusan psikologi juga sangat bervariasi dan alumni psikologi peluangnya sangat terbuka untuk berbagai jenis pekerjaan di dunia industri. Profesi karier di dunia psikologi antara lain adalah Psikologis Klinik atau Psikologis Konseling, yang sering disebut-sebut sebagai seorang "Psikolog". 

Untuk menjadi Psikolog kita harus melanjutkan kuliah Program Studi Magister Profesi Psikologi agar mendapatkan gelar akademik Magister Psikologi (M.Psi.) dan memperoleh sertifikat Psikolog. Namun demikian sasih banyak lagi ragam profesi yang gak kamu duga-duga ternyata bisa banget kepake ilmu-ilmu psikologinya.


Berikut di bawah ini adalah beberapa Peluang Kerja yang mensyaratkan Sarjana Lulusan Psikologi.

  • Human resource department (HRD). HRD merupakan salah satu divisi dalam perusahaan yang memiliki tugas dan bertanggung jawab dalam mengelola karyawan di perusahaan. Rincian tugas HRD adalah mengadakan rekrutmen, melakukan pelatihan, menentukan salary, dan memberikan kompensasi. Prospek atau peluang kerja Sarjana Lulusan Psikologi sangat terbuka, sebuah perusahaan atau kantor pemerintahan biasanya memiliki departemen sendiri yang bertanggung jawab untuk merekrut, mewawancarai, menangani hubungan antar karyawan, hingga memberikan pelatihan. HRD memiliki ruang lingkup yang luas yaitu seputar Employee services, Training and development, Menjaga relasi antara karyawan dengan perusahaan serta Penilaian kinerja dan asesmen.

Seorang sarjana fresh graduate lulusan psikologi pada tahap awal biasanya akan menduduki posisi staf, seiring dengan bertambahnya jam terbang dan pengalaman kerja tidak menutup jenjang karier akan semakin meningkat untuk mengisi posisi manajer atau supervisor. Untuk berkarier sebagai staf HRD mahasiswa biasanya memerlukan konsentrasi studi di Psikologi Industri dan Organisasi (PIO). Mengenai Gaji HRD sangat tergantung pada jabatan, pengalaman, dan lama kerja.

  • Konselor/Pembimbing. Seorang Guru bimbingan konseling membutuhkan gelar sarjana dalam bidang pendidikan atau psikologi pendidikan, dan harus memiliki lisensi sebagai konselor sekolah. Kalau anda punya bakat dan minat di dunia pendidikan dan memiliki minat yang besar untuk mengelola sikap perilaku anak-anak, mungkin karier sebagai konselor/pembimbing di sekolah bisa jadi pilihan. Profesi ini mungkin lebih awam dikenal sebagai guru BK alias Bimbingan Konseling.
Secara umum, perbedaan utama antara psikolog anak dan guru bimbingan konseling adalah, bahwa tugas psikolog anak lebih berfokus pada penanganan masalah psikologis yang mendasar dan serius pada anak, sedangkan guru bimbingan konseling lebih berfokus pada perkembangan akademik dan sosial secara umum dan memberikan bimbingan maupun konseling pendidikan, membantu dan mendampingi siswa yang bermasalah atau kesulitan belajar, mengarahkan untuk memilih jurusan kuliah, melakukan tes seperti tes IQ atau psikotes, dan lain-lain. 

Gaji seorang konselor atau Guru BK cukup beragam tergantung sekolah masing-masing. Jika CPNS, maka range Gaji seorang Guru BK tentu saja sesuai dengan golongannya. Jika menjadi konselor di sekolah swasta, tentunya tergantung standar Gaji sekolah masing-masing.

  • Customer relations specialist. Customer relations specialist bertugas untuk menangani keluhan atau kekhawatiran dari customer yang membeli barang atau jasa dari perusahaan. Mereka punya tanggung jawab cukup besar dalam menentukan kepuasan pelanggan dari sebuah perusahaan. Oleh karena itu, posisi ini punya peran yang cukup penting. Melalui peran yang seperti itu, customer relation officer akan berinteraksi dengan banyak orang. Cara yang ditempuh bisa beragam, dari email hingga tatap muka secara langsung. Dalam hal ini ilmu Psikologi anda akan sangat berguna di sini, karena anda akan tahu cara menghadapi tuntutan pelanggan dan menyediakan layanan yang cocok untuk menjaga kepuasan mereka terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Profesi yang satu ini memang tergolong penting, terutama bagi perusahaan yang ingin terus melebarkan sayap bisnisnya.
  • Research and Development. Staf Research and Development (R&D) dikenal juga dengan istilah Staf Penelitian dan Pengembangan (Litbang). Profesi ini tidak hanya dibutuhkan oleh perusahaan swasta, tapi juga lembaga pemerintah ataupun institusi pendidikan tinggi. Divisi Research and Development (R&D) sangat dibutuhkan di perusahaan yang menawarkan ragam produk kebutuhan sehari-hari. Tugas divisi ini di antaranya merancang dan mengembangkan produk baru dan produk yang sudah ada, meninjau dan menguji konsep produk dan penggunaannya untuk mendapatkan manfaat optimal bagi pelanggan. Dalam hal ini tentunya diperlukan pemahaman mendalam atas pola pikir dan kebutuhan konsumen, dan pengalaman lulusan jurusan psikologi akan sangat berguna untuk mengembangkan produk yang sesuai dengan demand target pasar.
Demikian Share kami mengenai Prospek dan peluang Kerja-Karier Lulusan Jurusan Psikologi, semoga bermanfaat dan tetap semangat meraih cita-cita dan sukses untuk kita semua.
Share :
PreviousPost
NextPost

Author:

0 Comments:

Rekomendasi