Mengatasi Gangguan Susah Tidur Malam/Insomnia

Mengatasi Gangguan Susah Tidur Malam/Insomnia
Anda tentunya pernah suatu kali mengalami gangguan susah tidur di waktu malam hari/insomnia, dan tidak pernah tahu apa penyebabnya. Ada yang mengatakan ini adalah gejala Insomnia, banyak yang mengait-kaitkan antara Insomnia dengan stress dan beban pikiran yang berat sebenarnyalah tidak selalu benar, walaupun sebagian besar penyebabnya adalah kedua hal tadi. Namun ada pula Insomnia yang sifatnya temporer saja misalnya terbebani fikiran karena pekerjaan rumah malam itu yang belum tuntas misalnya sehingga mensugesti kita tidak bisa tidur karena gelisah. Namun setelah masalah itu selesai esok paginya, maka semuanya akan berjalan dengan normal kembali pada malam berikutnya, lain halnya pada penderita insomnia akut bahkan ia akan mengalami susah tidur sepanjang malam dalam kesehariannya, karena sudah terjebak pola tidur yang salah dan akut.

Pada keadaan tertentu seseorang terkadang suatu waktu mengalami gangguan susah tidur malam tanpa sebab, hanya karena fikiran yang tidak fokus pada masalah atau hal-hal tertentu yang memberatkan jiwanya, akan tetapi justru fikiran kesana kemari pada sesuatu yang tidak penting yang bukan merupakan suatu problem dan masalah yang membebani hidupnya.

Jenis penyakit insomnia ada 3 yaitu :
  1. Susah tidur (sleep onset insomnia)
  2. Terbangun di tengah malam (sleep maintenance insomnia)
  3. Bangun lebih cepat (early awakening insomnia)
Beberapa penyebab Insomnia adalah sebagai berikut :
  •  Karena masalah psikis yang mengganggu. Hal ini dapat menyerang semua usia tapi kebanyakan meningkat seiring usia.
  • Karena mempunyai penyakit yang memang dapat mengganggu tubuh seperti asma, demam dll.
  • Adanya situasi lingkungan  yang memang menganggu. (berisik, tetangga ribut, lampu menyala)
  • Karena mempunyai habit buruk seperti minuman keras, merokok, minum kopi pada saat menjelang menjelang tidur.
  • Melakukan kegiatan pekerjaan hingga larut malam, melebihi batas jam tidur malam, hal ini tidak membuat anda mengantuk justru terbebani fikiran karena pekerjaan anda belum selesai, sementara target besok pagi harus selesai.
  • Terdapat sumber yang menyimpulkan ternyata pada wanita lebih rentan terkena penyakit insomnia ini dibandingkan pria.

Pada dasarnya Insomnia yang melekat pada seseorang bukanlah sebuah penyakit, namun hanya merupakan bad habit yang bisa dirubah polanya menjadi lebih baik, sehingga Insomnia ini bisa disembuhkan. Berikut beberapa tips/cara Mengatasi Gangguan Susah Tidur Malam/Insomnia.
  1.  Sebaiknya anda mengurangi konsumsi minuman yang bersifat stimulan atau yang membuat anda terjaga seperti kopi, alkohol dan rokok.
  2. Cobalah membiasakan diri minum segelas susu hangat menjelang tidur.
  3. Mandilah dengan air hangat 30 menit atau sejam sebelum tidur. Hal ini akan mebuat otot-otot tubuh anda kendur dan dalam keadaan rileks. selain itu mandi air hangat akan menyebabkan efek sedasi atau merangsang tidur.
  4.  Hindari kegiatan menonton TV, membaca buku, setidaknya sejam sebelum tidur. Dan hentikan kegiatan pekerjaan sebelum waktu menjelang tidur anda.
  5. Hindari kegiatan tidur siang yang berlebihan, waktu tidur ideal orang dewasa dalam 1 hari adalah 6-8 jam sehari, jika anda sudah mengambil jatah tidur berjam-jam disiang harinya, dijamin anda akan susah tidur malam.
  6. Lakukan aktivitas olah raga secukupnya di pagi hari taua sore hari, lakukan relaksasi dengan benar, dengarkan musik, dan buat keseharian anda menyenangkan.
  7. Jernihkan pikiran anda. Enyahkan segala kekhawatiran yang menghinggapi pikiran anda. Semakin bertambah usia, semakin dekatkan diri dan bersikaplah berserah diri kepada Allah SWT. Sikap 'semeleh' dan pasrah ini akan menepis kesimpulan bahwa semakin lanjut usia akan maka gejala stress akan meningkat.
  8.  Biasakan tidur dan bangun tidur dalam periode waktu yang teratur setiap hari. Waktu tidur yang tidak menentu akan mengacaukan waktu tidur anda pada hari-hari berikutnya.
Itulah beberapa tips/cara Mengatasi Gangguan Susah Tidur Malam/Insomnia, tidur cukup adalah sebuah kebutuhan bagi tubuh kita dalam rangka memperbaiki fungsi organ yang terganggu dan menjaga keseimbangan fungsi organ tubuh. Jika kita kurang tidur tentu saja kita akan diserang rasa kantuk keesokan harinya sehingga akan mengacaukan kerja otak, disaat kita dituntut meyelesaikan pekerjaan. Selain dengan cara-cara diatas gangguan Insomnia juga bisa diatasi dengan menggunakan Ramuan Obat kantuk untuk Insomnia yang bisa anda baca di sini . Oke sobat saya juga mempunyai artikel mengenai gangguan tidur lainnya yaitu Tindihen (sleep Paralysis) silahkan anda menuju link ini.
Share :
PreviousPost
NextPost

Author:

Rekomendasi