Tips Memilih dan Membeli Keperluan Bayi

Tips Memilih dan Membeli Keperluan Bayi.  Berbagai Keperluan Bayi Baru Lahir tentunya harus disiapkan, untuk menyambut si bayi yang baru lahir, daftarnya cukup banyak. Apabila barang-barang keperluan si kecil dirinci, memang bisa menjadi sebuah daftar yang sangat panjang. Mulai dari pakaiannya yang beragam jenisnya, hingga peralatan untuk membersihkan tubuhnya. Belum lagi, sejumlah barang untuk melengkapi kamar tidurnya, serta perlengkapan untuk makan.

Tips Memilih dan Membeli Keperluan Bayi

 
Daftar itu sesungguhnya masih belum selesai, dan bisa diperpanjang dengan deretan sejumlah pernak-pernik keperluan bayi lainnya. Untuk memenuhi keperluan si kecil tersebut, tentu saja membutuhkan sejumlah biaya. Mungkin Anda kebetulan memang sudah menyediakan dana yang cukup untuk membeli semua keperluan bayi Anda.

Akan tetapi, bagi Anda yang hanya memiliki dana terbatas, tak perlu berkecil hati. Wajar apabila Anda merasa bahwa begitu banyak deretan nama barang keperluan dalam daftar Anda. Namun, berbagai keperluan itu tidak mutlak harus Anda beli semuanya. 

Anda tetap dapat berhemat, sementara keperluan bayi tetap dapat dipenuhi. Jangan terjebak untuk membeli barang-barang yang sesungguhnya kurang atau bahkan tidak dibutuhkan, hanya karena bentuk serta warnanya yang lucu dan menarik, misalnya. 

Untuk itu, ada baiknya apabila Anda mempertimbangkan beberapa Tips Memilih dan Membeli Keperluan Bayi berikut ini sebelum berbelanja barang-barang keperluan si kecil.

  • Buatlah daftar kelompok barang-barang yang harus dibeli. Misalnya, kelompok pakaian, kelompok peralatan makan, dan seterusnya. Setelah itu, urutkan barang-barang tersebut berdasarkan prioritas atau derajat keperluannya. Misalnya, popok, celana, dan baju menduduki prioritas yang lebih tinggi dibandingkan keranjang bayi.
  • Tundalah untuk membeli peralatan makan. Sebab, pada bulan-bulan pertamanya, si kecil belum membutuhkannya.
  • Beberapa peralatan yang cukup penting, misalnya meja bayi (baby tafel), tidak mutlak harus dibeli karena dapat diganti dengan alat lain yang dimodifikasi. Misalnya, dengan memanfaatkan meja tulis yang ada, lalu diberi alas yang empuk, serta diberi hiasan berupa kain penutup dengan motif lucu yang diberi kerutan.
  • Belilah baju dan sepatu untuk si kecil dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, tapi cukup sesuai dengan kebutuhannya. Popok, celana, dan baju memang harus disediakan dalam jumlah yang mencukupi. Begitu pula dengan alas tidur. Namun, untuk kaus kaki dan topi bayi, cukup satu atau dua buah. 
  • Anda dapat membeli barang-barang keperluan bayi dengan cara mencicil, tidak harus dibeli semua sekaligus. Misalnya, dimulai ketika usia kehamilan Anda sudah mencapai bulan ke-7. Menyiapkan keperluan si kecil jauh-jauh hari, justru dapat dilakukan dengan tenang, karena tersedia waktu yang cukup untuk memilah-milah barang yang menjadi prioritas.
Berbagai Keperluan Ibu dan Bayi Baru Lahir

Berbagai Keperluan Ibu dan Bayi Baru Lahir

Barang keperluan bayi yang harus disediakan.

Begitu ibu dan ayah pulang ke rumah dengan membawa si kecil, maka sejak itu pula sederet tugas dan pekerjaan menanti Anda berdua. Mulai dari memandikan dan membersihkan tubuhnya, termasuk membersihkan kotorannya, juga menidurkannya.

Pakaian bayi dan perlengkapannya. 
  1. Popok
  2. Celana pendek dan celana panjang
  3. Baju lengan pendek dan lengan panjang 
  4. Kaus tangan,kaus kakis serta sepatu bayi 
  5. Baju hangat dan topi

Perlengkapan tidur bayi.
  1. Baju tidur 
  2. Sprei, sarung bantal, dan sarung guling 
  3. Alas perlak 
  4. Selimut bayi
Perlengkapan mandi bayi.
  1. Sabun mandi 
  2. Handuk 
  3. Waslap untuk membersihkan badan 
  4. Tissue untuk membersihkan kotoran bayi 
  5. Baskom kecil Sampo 
  6. Baby lotion atau baby cream 
  7. Baby oil 
  8. Kapas bertangkai atau cotton bud 
  9. Kapas bulat 
  10. Bak mandi bayi atau ember 
  11. Ember untuk tempat pakaian kotor 
  12. Ember untuk tempat mengumpulkan popok dan celana kotor
Demikian share kami tentang Berbagai keperluan Bayi yang baru lahir yang harus kita siapkan, Semoga artikel tentang Tips Memilih dan membeli Keperluan Bayi ini bermafaat bagi kita semua, terutama bagi para ayah dan ibu yang sedang menyiapkan atau telah hadirnya si kecil, buah hatinya. Salam hangat, tetap semangat.

Share :
PreviousPost
NextPost

Author:

0 Comments:

Rekomendasi