Mengenal Tokoh Sains Dr. Howard Aiken ahli matematika dan insinyur komputer asal Amerika penemu mesin Hitung

Mengenal Tokoh Sains Dr. Howard Aiken ahli matematika dan insinyur komputer asal Amerika penemu Mesin Hitung.  Howard Aiken (1900-1973), adalah merupakan salah satu tokoh sains ahli dalam bidang matematika dan insinyur komputer yang berasal dari negara Amerika. Dalam hal ini Howard Aiken berkonstribusi besar karena penemu mesin hitung pertama yang bekerja berdasarkan instruksi-instruksi kode-alat yang merupakan generasi awal dari komputer masa kini.
Mengenal Tokoh Sains Dr. Howard Aiken ahli matematika dan insinyur komputer asal Amerika penemu mesin Hitung

Howard Aiken merupakan tokoh sains yang dilahirkan di Hoboken, New Jersey, Amerika, pada 9 Maret 1900 dan meninggal di St. Louis, Missouri, Amerika Serikat, pada tanggal 14 Maret 1973. Howard Aiken belajar di Universitas Wisconsin dan Universitas Chicago, kemudian dia menyelesaikan tingkat doktornya di Universitas Harvard. Aiken menghabiskan sebagian besar karier profesionalnya di Universitas Harvard (1939-1961).

Pada 1937 Aiken dan beberapa orang insinyur mulai mendesain mesin hitung yang bisa diprogram. Korporasi International Business Machines (IBM) dan Angkatan Laut AS bersedia mendukung para insinyur itu untuk mewujudkan desain mereka. Dalam hal ini Angkatan Laut Amerika dan lembaga-lembaga militer menginginkan sebuah komputer yang dapat membantu mereka mendesain senjata baru, menghitung lintasan tembakanroket, membuat rencana bangunan yang rumit, dan memecahkan kode rahasia musuh.

Pada waktu itu para penemu dari berbagai negara juga dalam proses membangun komputer. Pada awal 1941, Jerman menggunakan komputer untuk mendesain pesawat dan rudal (peluru kendali). Komputer elektronik pertama mulai dioperasikan oleh Inggris pada 1943, dengan menggunakan tabung hampa udara, bukannya dengan tuasdan sistem mekanik lainnya. Komputer ini mampu memecahkan kode rahasia militer Jerman sepanjang Perang Dunia II (1939-1945).
Kompter Mark I- Howard Aiken
Komputer Mark I Jaringan Kabel

Pada 1944 Aiken dan sekelompok insinyur IBM, dikepalai oleh Clair D. Lake, menyelesaikan Komputer Mark I, yang juga sering disebut Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator. Tinggi Mark I adalah 2,4 meter, panjangnya 15,3 meter, dan beratnya hampir 5 ton. Mesin-mesin penghitungnya yang berjumlah 78 menggunakan kabel sekitar 800 kilometer kabel, dikendalikan oleh alat-alat mekanik dan listrik.

Program yang "memerintahkan" Mark I bekerja berupa pita kertas berlubang-lubang tempat instruksi-instruksi disampaikan. Sekali diprogram, komputer ini secara otomatis bisa melakukan serangkaian operasi hitung sampai dengan 23 digit angka. Mark I digunakan untuk kepentingan-kepentingan militer, termasuk membuat bom atom.

Aiken membuat perbaikan dari Mark I (Mark II, III, dan IV) dari 1947 hingga 1952. Dia menjabat sebagai kepala Laboratorium Komputasi Harvard hingga pensiun pada 1961. Sebagian besar desainer komputer Amerika yang paling berpengaruh berada di bawah bimbingannya. Aiken yang banyak menulis mengenai elektronika, teori saklar, dan pemrosesan data di majalah-majalah ilmiah, belakangan mengajar di Universitas Miami, Amerika. Dia memperoleh penghargaan dari berbagai negara, seperti Jerman, Belanda, Belgia, dan Prancis.

Share :
PreviousPost
NextPost

Author:

0 Comments:

Rekomendasi