Manusia dan Hewan bernafas untuk mengambil zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk proses oksidasi.

Untuk mempertahankan hidup, semua makhluk hidup bernapas terus-menerus. Bernapas merupakan salah satu ciri dari makhluk hidup. Melalui pernapasan, makhluk hidup mengambil zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk proses pembakaran (oksidasi)

Pada saat bernapas manusia dan hewan menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida serta uap air. Oksigen digunakan untuk pembakaran dalam tubuh, selanjutnya bahan makanan itu diubah menjadi panas dan tenaga. Pembakaran bahan makanan dalam tubuh kita menghasilkan karbon dioksida. Gas karbon dioksida dan uap air kita keluarkan (dihembuskan) pada saat waktu bernapas.
Melalui pernapasan, makhluk hidup mengambil zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk proses pembakaran (oksidasi)

Pernapasan Memerlukan Udara. Bernapas adalah memasukkan udara ke dalam tubuh dan mengeluarkan sisanya ke luar tubuh. Unsur udara yang masuk terdiri atas nitrogen, oksigen, karbondioksida, uap air, dan zat-zat lain. Oksigen adalah zat yang paling dibutuhkan dalam pernapasan untuk mengoksidasi sebagian zat-zat makanan terutama karbohidrat dan lemak.

Alat-alat Pernapasan 

1. Pernapasan manusia. Alat pernapasan pada manusia terdiri atas hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Tenggorokan merupakan pipa otot yang diperkuat oleh tulang rawan, sehingga tetap terbuka. Ujung atas tenggorokan bersambung dengan rongga hidung dan rongga mulut. Untuk menjaga jangan sampai makanan masuk ke dalam tenggorokan pada waktu kita menelan makanan, lubang tenggorokan ditutup oleh sebuah katup.


Alat pernafasan pada manusia



a. Hidung. Lubang hidung berfungsi sebagai tempat keluar masuknya suara. Di dalam hidung terdapat bulu-bulu halus yang berfungsi untuk menyaring udara yang mengandung debu, kotoran, atau benda lainnya. Juga terdapat selaput lendir yang berfungsi untuk membasahi dan menghangatkan udara. Hal ini bertujuan agar udara masuk ke paru-paru dalam keadaan bersih dan hangat.

b. Tenggorokan.
  • Ujung atas tenggorkan bersambung dengan rongga hidung dan rongga mulut. 
  • Mempunyai katup yang akan menutup lubang tenggorokan bila kita menelan makanan.
  • Bagian bawah bercabang dua yang masing-masing berhubungan dengan paru-paru.
c.  Paru-paru.
  • Terdiri atas gelembung-gelembung paru-paru yang diliputi oleh pembuluh darah. 
  • Sebagian pembuluh darah untuk mengangkut darah yang kaya oksigen dari paru-paru ke jantung dan ke seluruh tubuh. 
  • Sebagian pembuluh darah untuk mengangkut sisa pembakaran dari seluruh tubuh melalui jantung ke paru-paru untuk dibuang.

2. Pernapasan pada hewan.

Alat pernapasan pada hewan berbeda-beda antara lain berikut.
a. Paru-paru. Hewan yang bernapas dengan paru-paru misalnya ikan paus, buaya, lumba-lumba, cecak, kerbau, sapi, kuda, anjing, burung, kucing, dan lain-lain.
b. Insang. Hewan yang bernapas dengan insang adalah bangsa ikan, misalnya ikan tuna, ikan mas, dan lain-lain. (ikan paus bukan termasuk bangsa ikan, melainkan bangsa mamalia) 
c. Kulit. Hewan yang bernapas dengan permukaan kulitnya adalah cacing. 
d. Trakea. Hewan berbuku-buku yang bernapas dengan trakea, misalnya serangga.


Alat pernafasan pada burung



Demikian share saya tentang alat pernafasan pada Manusia dan Hewan. Bernapas adalah salah satu ciri daripada makhluk hidup, karena Manusia dan Hewan bernafas untuk mengambil zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk proses oksidasi.
Share :
PreviousPost
NextPost

Author:

0 Comments:

Rekomendasi