IDEALISME BEATLES BERMULA PADA RUBBER SOUL


Album rubber Soul the Beatles
IDEALISME BEATLES BERMULA PADA RUBBER SOUL. Inilah Album The Beatles yang semua materi lagunya terdengar Easy Listening alias enak didengar, namun penuh dengan eksperimen untuk menuju kedewasaan sebuah musikalitas. Album Rubber Soul dirilis pada tahun 1965 merupakan album ke 6 The Beatles. Banyak ide baru dan segar pada album ini, semisal memasukkan instrumen baru berupa Sitar untuk pertama kalinya pada sebuah lagu rock n roll  sebagai pelengkap sound gitar George Harrison pada lagu Norwegian Wood.  Ataupun penggunaan efek bass distorsi pada lagu Think For Yourself yang diciptakan & dinyanyikan George Harrison. Secara karakteristik, mereka mencapai keterampilan bermusik yang baru dan kedalaman tematik yang besar tanpa mengorbankan daya tarik pop.

Pada Album ini intensitas the Beatles di hadapan Beatlemania tampak mulai berkurang, beberapa lagu terbukti tidak berhasil ditampilkan secara live diatas panggung karena keterbatasan teknologi yang belum mendukung. Penggunaan Sitar pada lagu Norwegian Wood merupakan ide Jhon Lennon, yang kemudian ditiru Rolling Stones pada lagu Paint It Black. Itulah sound baru yang terdengar gurih dan belum pernah didengarkan sebelumnya dan selanjutnya banyak yang terinspirasi untuk mencobanya di belantara rock and roll.

Hampir seluruh lagu di Album ini ditulis Lennon-McCartney, kecuali pada lagu Think For Yourself, If I needed Someone yang ditulis & dinyanyikan George Harrison serta What Goes On yang ditulis Lennon-McCartney-Starr yang dinyanyikan Ringo Starr. In My Life merupakan sebuah karya besar Lennon serta kreatifitas Ringgo Starr pada bunyi 'cesstak' yang sangat terkenal. Sedangkan Michelle karya McCartney mempunyai kemiripan dengan Girl karya Lennon, keduanya bagus dan sangat nyaman untuk pengantar tidur, keduanya dimainkan pada tangga nada minor ('Girl' dimainkan di C minor, 'Michelle' di F minor), sama-sama berirama swing dan bercerita tentang wanita.

Album Rubber Soul dirilis dalam 2 versi, versi UK dan Versi Us yang mempunyai perbedaan pada susunan lagunya dengan dimasukkannya lagu Its Only love menggantikan What Goes On dan I've Just in a Face menggantikan lagu Drive My Car.
Daftar Lagu Album Rubber Soul versi UK :
All tracks written by Lennon-McCartney, except where noted.

Album rubber Soul the Beatles
Side one
Drive My Car, Norwegian Wood (This Bird Has Flown), You Won't See Me (featuring Mal Evans on Hammond), Nowhere Man, Think For Yourself (Harrison), The Word (featuring George Martin on harmonium), Michelle

Side two
What Goes On (Lennon-McCartney-Starkey), Girl, I'm Looking Through You, In My Life (featuring George Martin on piano), Wait, If I Needed Someone (Harrison), Run For Your Life
Share :
PreviousPost
NextPost

Author:

0 Comments:

Rekomendasi