Pengobatan herbal Anemia

Pengobatan herbal Anemia
Pengobatan herbal Anemia. ANEMIA adalah keadaan dimana jumlah hemoglobin ( protein pembawa oksigen ) dalam sel darah merah berada di bawah normal. Karena sel darah merah mengandung hemoglobin, memungkinkan mereka mengangkut oksigen dari paru-paru, dan mengantarkannya keseluruh bagian tubuh. Anemia menyebabkan jumlah hemoglobin berkurang dalam sel darah merah, sehingga darah tidak dapat mengangkut oksigen dalam jumlah yang sesuai diperlukan tubuh.

Anemia bisa menyebabkan kelelahan, kelemahan, kurang tenaga dan kepala terasa melayang. Jika anemia bertambah berat, bisa menyebabkan stroke.
Menurut penelitian, kekurangan darah banyak diderita kaum perempuan dibandingkan laki-laki. Pada remaja putri salah satunya karena faktor menstruasi. Secara umum, dalam keadaan normal, seseorang dengan kadar Hb dibawah 6-7 miligram/ desiliter ( mg/ dL ), hanya sanggup menjalankan aktivitas ringan didalam rumah.

Ingat, dalam kondisi hemoglobin ( Hb ), sebagai pengangkut oksigen di bawah normal, jantung dipaksa bekerja ekstra keras memompa darah, untuk menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Salah satu gejalanya, dada terasa berdebar-debar. Jika dalam keadaan seperti ini dipaksa untuk tetap beraktivitas, jantung membengkak, sehingga serangan jantung juga menjadi resiko berikutnya yang mungkin terjadi.

PENYEBAB ANEMIA
Umumnya anemia disebabkan karena berkurangnya pembentukan sel darah merah, kekurangan zat besi, kekurangan vitamin B12, dan penyakit kronik. Dalam hal tertentu bisa juga diakibatkan oleh pendarahan hebat karena kecelakaan, pembedahan/ persalinan, pecah pembuluh darah, kanker atau polip di saluran pencernaan, tumor ginjal atau kandung kemih, dan pendarahan menstruasi yang sangat banyak.

Penyebab lainnya karena meningkatnya penghancuran sel darah merah akibat pembesaran limpa, kerusakan mekanik pada sel darah merah, reaksi autoimun terhadap sel darah merah, hemoglobinuria nokturnal paroksismal, sferositosis herediter, elliptositosis herediter, kekurangan G6PD, penyakit sel sabit, penyakit hemoglobin C, penyakit hemoglobin E dan thalasemia.

PENCEGAHAN ANEMIA
Untuk mencegah adanya anemia, sebaiknya kita mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan vitamin C, untuk membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Paling tidak makanan-makanan yang kita konsumsi setiap hari mengandung hati, kuning telur, ikan, buah segar, kacang , sayur, kacang polong, kacang bijian dan daging ayam/ sapi. Bila anda sering mengalami lesu, lemah, cepat lelah, mudah lalai, gejala tersebut menunjukkan berkurangnya kadar hemoglobin dalam darah. Akibatnya, oksigen yang diedarkan oleh sel darah ke otak dan sel-sel tubuh lainnya terganggu.

PENGOBATAN HERBAL UNTUK ANEMIA
# Nama Tanaman : BUNI ( Antidesma Bunius (L) Spreng ).
Cara Membuat : 50 buah buni yang telah masak, 2 jari asam kawak, ¾ jari rimpang kunyit. Semua dicuci lalu ditumbuk sampai halus. Tambahkan ½ cangkir air minum dan 1 sendok makan madu. Aduk sampai merata. Peras, saring lalu minum. Lakukan 2-3 kali sehari.

# Nama Tanaman : KACANG PANJANG
Cara Membuat : Gunakan 200 gram kacang panjang, 100 gram anggur, dan hati ayam secukupnya. Masak sesuai selera. Makan secara teratur.

# Nama Tanaman : PULAI ( Astonia Scholaris (L) R. Br ).
Cara Membuat : kulit kayu sebanyak 1- 3 gram direbus lalu diminum.

# Nama Tanaman : TAPAK DARA ( Catharantus Roseus (L) G. Don ).
Cara Membuat : 4 putik bunga tapak dara putih direndam sengan 1 gelas air, kemua\dian ditaruh diluar rumah semalaman. Minum pagi hari secara teratur.

# Nama Tanaman : TERATAI ( Nelumbium Nelumbo Druce )
Cara Membuat : 240 gram rimpang direbus atau di juice. Minum.

Itulah beberapa tips Pengobatan Herbal Anemia yang bisa anda ramu sendiri.

Penulis bukan seorang ahli medis,therapis, atau seorang dokter profesional, artikel diatas hanyalah sebuah informasi dari berbagai sumber yang bisa dipercaya, artikel ini bisa anda jadikan referensi dan pengetahuan, untuk aplikasi pengobatan yang lebih aman, selalu konsultasikan dengan therapis, ahli medis dan dokter anda
Share :
PreviousPost
NextPost

Author:

Rekomendasi