Download Contoh bermacam Naskah Pidato

contoh naskah pidato
Dipostingan ini saya mencoba share tentang Contoh bermacam Naskah Pidato yang Insya Allah akan berguna bagi kita semua. Seperti kita ketahui Pidato adalah sebuah seni komunikasi yang dapat mempengaruhi, mengajak, menggalang dan memberikan suatu kesan positif yang mendalam bagi pendengarnya. Kita tentunya juga sudah tahu betapa hebatnya manfaat dari kelihaian Pidato jika kita sudah menguasainya, bahkan tanpa teks sekalipun. Banyak tokoh-tokoh terkenal yang berpengaruh yang dibesarkan oleh kepandaiannya berorasi, sebut saja Adolf Hitler ia merangkak dari bawah dimulai dari seorang militer berpangkat rendah hingga mampu menjadi seorang orator dan kemudian menduduki puncak Kekuasaan Partai dan akhirnya ke Puncak Kekuasaan Absolut hanya karena sebagian besar di backup sebagai seorang orator ulung, jika hanya mengandalkan karir militernya ia hanya berpangkat Kopral saja, mustahil tanpa didukung keahliannya dalam berpidato dan mempengaruhi massa.

contoh naskah Pidato

Proklamator kita Ir. Soekarno juga terkenal sebagai Orator ulung, karier politiknya nyaris juga di dukung sepenuhnya oleh kepandaiannya sebagai orator, tentu saja selain multi bakat dan intelektual yang tidak diragukan lagi. Kepandaian Bung Karno dalam berpidato dan menggalang serta membakar semangat rakyat didukung dengan wajah karismatik plus keberaniannya menentang dunia barat, membuat sepak terjang Bung Karno sunnguh menggetarkan dunia saat itu, Serapahnya terhadap dominasi liberalisme Barat "Go To Hell With You Aid" masih menggema hingga kini. Masih banyak tokoh-tokoh dunia lain yang dibesarkan karena kepandaiannya berpidato sebutlah Che Guevarra, Fidel Castro,Jhon F. Kennedy, Saddam Husein, Abraham Lincoln, K.H. Zainuddin M.Z, Martin Luther King dll.
Contoh Naskah Pidato
Gambar di atas adalah contoh performance Bung Karno saat berpidato yang sangat terkenal dimuat di majalah Life, mewakili semua syarat seorang orator ulung ; simpatik, ekspresif, elegan, percaya diri, visioner dan menguasai materi.


Bermacam-macam pidato tentu saja dapat diklasifikasikan antara lain seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar agama (Pidato Maulid Nabi, Nuzulul Qur'an dll), pidato pembangkit semangat,pidato politik, pidato sambutan acara atau event (Pidato perpisahan sekolah, pidato sambutan, pidato pengatar tugas), dan lain sebagainya.

Tips-tips Berpidato antara lain :
  • Penampilan Saat Berpidato : Perhatikan penampilan anda, ada istilah jawa "manjing ajur-ajer" harus dapat menyesuaikan dengan situasi dan kondisi serta thema pidato anda, begitu juga dengan gaya berpakaian. Jika pidato anda di depan khlayak generasi muda remaja rasanya terlalu ekstravagans jika anda mengenakan setelan jas mahal nan klimis, apalagi tuxedo : ) , atau sedang berpidato dalam rangka Maulid Nabi anda mengenakan setelan Training pack....ngga lucu.
  • Gaya Bahasa Pidato : Jika Pidato anda adalah bersifat untuk mempengaruhi massa, menggalang dan membangkitkan semangat perjuangan gunakanlah gaya bahasa yang semangat sekali-kali diselingi jargon dan kalimat bombastis namun realistis,  ingat Bung Karno sering melakukan hal ini. Gaya bahasa ini tentu saja juga harus di sesuaikan dengan thema pidato dan jenis audiens anda, tentu saja semua berbeda-beda untuk jenis pidato.
  • Ekspresi dalam Berpidato, ekspresi ini sangat penting untuk mempengaruhi orang. Kita harus berusaha untuk menjadi pusat perhatian tanpa sedetikpun orang memalingkan tatapan audien ke wajah kita. Bersikap percaya diri dalam menyampaikan isi dari pidato, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan. Gunakan selingan humor, gerakan tangan dan mimik muka ekspresif namun jangan berlebihan.
  • Menguasai Materi Pidato, jika anda sudah menguasai materi pidato yang akan anda sampaikan, tanpa menggunakan teks pun kalimat-kalimat sakti akan meluncur dari mulut anda dengan lancar, sekali lagi contohlah Bung Karno untuk hal ini. Bung Karno adalah seorang orator Impromptu, ekstemporan, terkadang juga mebacakan naskah, akan tetapi saya tidak terlalu yakin kalau beliau pernah menjadi seorang orator Memoriter yaitu metode berpidato dengan menghapalkan naskah pidato terlebih dahulu.

Oke sobat blogger untuk mencapai hal-hal diatas tentu saja harus banyak latihan dan tidak dapat dicapai secara instan, semua harus dipersiapkan, berlatih menguasai diri, berlatih menguasai orang lain, berlatih mengendalikan suasana di depan orang lain, banyak membaca dan menambah wawasan. Mustahil seorang orator bisa berhasil tanpa ilmu dan wawasan yang sangat luas. Nah di bawah ini anda dapat download berbagai macam contoh naskah pidato diantaranya : Contoh Naskah Pidato hari 17 Agustusan (hari kemerdekaan RI), Naskah Pidato berbahasa Inggris, Naskah Pidato berbahasa Jawa, Naskah Pidato berbahasa Sunda, Naskah Pidato Hari Pramuka, Naskah Pidato berbahasa Arab, Naska Pidato Bahaya Rokok/Narkoba, Naskah Pidato Sambutan, Naskah Pidato hari Asuyura, pidato perpisahan sekolah SMP/SMA dll

Silahkan menuju link berikut ini untuk download Contoh bermacam Naskah Pidato :
[i'm so sorry sorry all broken link from hosting]
Itulah sobat beberapa link Download Contoh Naskah Pidato Hari 17 Agustusan (hari kemerdekaan RI), Naskah Pidato Bahas Inggris, Naskah Pidato Bahasa Jawa, Naskah Pidato Bahasa Sunda, Naskah Pidato Hari Pramuka, Naskah Pidato Bahasa Arab, Naska Pidato Bahaya Rokok, Naskah Pidato Sambutan, Naskah Pidato hari Asuyura, Naskah Pidato Perpisahan Sekolah SMP/SMA dll, yang langsung bisa anda download. Semoga artikel ini bermanfaat. Salam.
Share :
PreviousPost
NextPost

Author:

0 Comments:

Rekomendasi