Tips Memilih Sekolah Favorit

tips memilih sekolah,memilih sekolah favorit
Tulisan ini saya buat memang sengaja jauh sebelum hingar- bingar pendaftaran Murid Baru SD/SMP/SMA/SMK masih lama.Sengaja agar semoga menjadi pedoman jauh-jauh hari bagi Adik-adik Siswa dan orang tua yang ingin tips masuk/memilih sekolah SMA favorit. Nah menghadapi hal demikian jangankan anak-anak kita, orang tuapun kadang sering kebingungan dan disorientasi dalam menentukan/memilih calon Sekolahan bagi anak-anaknya. Tips yang paling utama yang kita sarankan dalam memilih sekolah adalah jangan ikut-ikutan teman. Berikut adalah langkah-langkah Tips memilih Sekolah Favorit :

1. Cari Informasi Sekolah Seakurat mungkin. Jalan untuk mencari informasi sekolah ini adalah banyak sekali caranya. Anda bisa mencari Informasi Sekolah melalui browsing di Internet, Mencari brosur Sekolah,Spanduk Sekolah, Iklan radio atau melakukan telepon langsung ke fihak sekolah yang bersangkutan. Tips mencari sekolah favorit juga bisa anda lakukan dengan melalui komunikasi dengan alumni Sekolah yang bersangkutan. Saya kira cara ini adalah termasuk cara klasik yang masih efektif untuk mendapatkan informasi apa adanya, karena biasanya kita akan mendapatkan informasi yang jujur jauh dari ajang sebuah promosi. Jika sekolah tersebut baik, biasanya akan dibilang baik, pun demikian sebaliknya. Dengan adanya informasi Sekolah yang beragam, akan memberi banyak pilihan kepada kita dalam menentukan Sekolah mana yang akan kita bidik.

2. Kemampuan Finansial. Faktor finansial dalam hal memilih calon Sekolah juga merupakan hal yang penting dan diperhatikan. Karena beaya Sekolah adalah menjadi faktor kunci dalam kelanjutan Studi, jangan sampai anda atau anak kita nanti putus sekolah di tengah jalan hanya karena tidak mempunyai dana yang cukup untuk mengikuti kebijakan finansial yang ditentukan oleh sekolah. Jika dana pendidikan Sekolah keluarga anda mencukupi untuk melanjutkan sampai dengan Perguruan Tinggi tentunya SMA/SMU akan menjadi pilihan terbaik karena jangkauan luas dalam memilih jurusan/fakultas di PT nanti, akan tetapi jika kira-kira dana tidak mencukupi maka SMK akan menjadi Pilihan yng terbaik. Toh ini tidak mutlak karena SMK juga bisa masuk Perguruan Tinggi nantinya, meskipun pada fakultas-fakultas tertentu sangat terbatas dan tidak mensyaratkannya.

3. Telusuri Minat dan Bakat. Dalam menentukan sekolah setidak-tidaknya bagi orang tua, kita hanya bisa mengarahkannya saja, tentu saja kita juga harus memperhatikan faktor minat dan bakat anak. Jika anda sudah melihatnya sebagai bakat yang menonjol dalam kemampuannya tak salah jika anda menuruti keinginan anak untuk menetukan jalan pikirannya.

4. Memilih Jurusan Sekolah yang menjanjikan. Jika pilihan anda jatuh pada SMK, maka disarankan pilihlah jurusan di SMK yang menjanjikan masa depan. Yang menjadi inti pilihan bukanlah hanya SMK mana, namun perhatikan pula chek pointnya yaitu Jurusan apa?. Karena SMK favorit juga belum tentu menjamin jurusannya bagus, begitupun sebuah SMK yang tidak terlalu bagus belum tentu pada jurusan tertentu jelek. Untuk urusan jurusan SMK yang menjajikan masa depan saat ini lebih kepada jurusan Teknologi Informasi (TI), Farmasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Agrobisnis, Otomotif, Tata Busana, Perhotelan dsb.Nah untuk mengetahui database dan informasi lengkap mengenai SMK, anda bisa menuju link ini, silahkan berkunjung ke website Direktorat Pembinaan SMK di sini. Jika anda membutuhkan kumpulan soal-soal ujian UAN dan Kumpulan soal Ujian Masuk SD, SMP,SMA silahkan anda berkunjung ke sini untuk download soal-soalnya. Untuk mempercepat proses Download silahkan Download IDM terbaru di sini. salam sukses.
Share :
PreviousPost
NextPost

Author:

0 Comments:

Rekomendasi