Tips Menghadapi Ujian

Tips menghadapi ujian, membutuhkan kecermatan dan perencanaan tersendiri agar kelak ujian yang anda laksanakan berjalan dengan sukses, dalam hal ini pencapaian akhirnya anda akan memperoleh nilai pada tiap-tiap materi pelajaran yang diujikan dengan memuaskan . Tips menghadapi ujian yang akan saya bahas ini memuat 4 tahap yang perlu dicermati, yang pertama adalah tahap perencanaan dalam menghadapi ujian, tahap persiapan dalam menghadapi ujian, tahap pelaksanaan pada saat ujian, dan tahap setelah selesai melaksanakan ujian.

1.Tahap Perencanaan menhadapi ujian. Pada tahap ini rencanakanlah segala sesuatu yang berhubungan dengan pelaksanaan ujian anda, meliputi metoda belajar apa yang sekiranya cocok dengan situasi dan kondisi serta jenis ujian yang akan anda hadapi. Rencanakan pula waktu dan tempat Jika anda pilih metoda belajar kelompok diluar jam kurikuler di sekolah misalnya. Rencanakan alokasi waktu jam belajar perorangan anda, maksudnya alokasikan waktu pada saat jam pengisian materi ke dalam otak anda dengan jam pemantapan yang lebih bersifat mengulang kembali materi yang telah anda fahami dan hafalkan ke dalam memori anda sesuai dengan proporsinya. Misalnya anda tentukan waktu jam pengisian adalah jam 19.00 s.d jam 22.00 sedangkan waktu jam pemantapan adalah jam 04.00 s.d jam 5.00 subuh. Setelah tahap perencanaan matang, kalau perlu anda tulis dalam buku catatan atau dalam bentuk jadwal, sehingga rencana yang anda susun tidak keluar jalur dan tidak sesuai dengan perencanaan anda karena hal sepele yaitu …lupa.

2. Tahap Persiapan menghadapi Ujian.
  • Pada tahap persiapan ujian ini adalah merupakah faktor terpenting yang akan anda kerjakan dalam proses melaksanakan tips menghadapi ujian ini. Karena pada tahap ini jeda waktu ujian tinggal beberapa bulan / minggu lagi tergantung berapa bulan/minggu anda mengambil jarak dengan hari-H waktu ujian sekolah.
  • Usahakan pada tahap ini, jam-jam efektif proses belajar di kelas anda gunakan seefektif mungkin, maksudnya berbuatlah yang terbaik, bijak dan serius. Hindari kelakar dengan teman-teman yang tidak perlu dan tetap fokus pada materi yang diberikan oleh guru. Ambilah sikap kelakar hanya pada saat jam istirahat!!. Hal ini juga berlaku anda terapkan pada saat jam belajar kelompok dengan rekan-rekan anda di sekolah, biasanya kalau masing-masing pribadi teman anda tidak menyadari dan tidak fokus pada materi pelajaran justru belajar kelompok ini kurang efektif jika tidak diawasi oleh guru yang bersangkutan.
  • Begitu juga ketika anda belajar di tempat les anda harus benar benar fokus, ingat belajar les tidak boleh disia-siakan karena membutuhkan beaya ekstra dari kantong orang tua anda. Dalam metoda belajar di tempat les ini anda berkesempatan lebih untuk meningkatkan pemahaman anda terhadap materi pelajaran yang anda dapatkan dari guru anda di kelas, bahkan anda dapat bertanya langsung terhadap materi-materi pelajaran yang belum anda fahami di kelas. Jelas bahwa belajar di tempat les adalah profit tersendiri bagi anda.
  •  Latihan dan latihan, terutama latihan mengerjakan persoalan-persolan dari buku, dari tempat les atau soal ujian tahun lalu yang bisa anda download di internet. Untuk download Materi Ujian SD/SMP,MTS/SMA,SMK anda bisa klik link ini. Untuk materi perkuliahan mohon maaf belum ada nih.
  • Silahkan jika anda mau , penting juga anda mengikuti tryout, karena dengan mengikuti tryout keuntungan yang kita peroleh adalah mental akan lebih siap pada saat menghadapi situasi ujian, dengan adanya interaksi terhadap peserta lain kita bisa tahu dan meraba kemampuan teman-teman kita, siapa saja saingan kita, hal ini sangat berguna untuk menyiapkan diri waktu ujian berlangsung. Harap diingat jangan sekali-kali meyontek itu sama saja membohongi diri sendiri, tidak kesatria pengecut dan memupuk jiwa pembohong dan korup, tidak ada alasan apapun anda ikut tryout selain untuk persiapan menghadapi kenyataan ujian apa adanya, sesuai dengan kemampuan anda. Jadikan Tryout sebagai bahan koreksi diri untuk menghadapi ujian yang sebenarnya. Bukankan orang tua anda telah membayar mahal untuk ini, jangan sia-siakan.
  • Refreshing, lakukanlah itu jika anda sudah mengalami kejenuhan. Ambilah tempat rekreasi yang ramah lingkungan, kunjungilah tempat rekreasi yang tenang , hindari tempat wisata yang hiruk pikuk yang justru membuat otak anda bertambah capek, wisata alam adalah tempat yang cocok untuk ini. Hindari memainkan game-game thriller, shooter,arcade, RPG dan action jika anda putuskan untuk istirahat dirumah. Ingat jangan main game apapun, ini hanya akan menambah otak anda untuk tidak mendapatkan istirahat yang cukup, lebih baik gunakan waktu tidur saja.
  • Lakukanlah olahraga ringan, untuk menjaga kesehatan dan stamina. Jika anda hobby main sepak bola jangan lakukan itu, karena beresiko anda cidera, sedapat mungkin hindarilah olah raga berat.
  • Rajin-rajinlah beribadah dan berdoa’a, ini sangat penting untuk ketenagan jiwa anda, dengan berserah diri kepada Sang pencipta. Jangan lupa bersikaplah terbuka terhadap masalah-masalah sekecil apapun kepada guru maupun orang tua anda, baik tentang masalah pribadi maupun tentang pelajaran atau tentang informasi di perkuliahan.
2. Tahap Pelaksanaan Ujian
  • Biasanya metoda belajar yang salah adalah pada saat sebelum ujian, anda akan melaksanakan belajar semalam suntuk alias lembur, ini adalah metoda yang salah. Usahakan malam sebelum ujian jangan belajar yang terlalu berat dan menyita waktu anda, pergunakanlah waktu ini hanya untuk mengingat kembali materi yang telah kita kuasai dan jangan mencoba belajar materi yang sama sekali tidak kita kuasai.
  • Anda harus mempunyai keyakinan bahwa bekal yang telah anda siapkan pada tahap persiapan ujian sudah cukup dan selalu berdoa.
  • Usahakanlah bangun pagi lebih awal pada hari-H ujian, laksanakan ibadah sholat dan berdo’a , lanjutkan dengan membuka sebentar buku pelajaran untuk meningkatkan pemahaman terhadap materi ujian.
  • Jangan lupa sarapan pagi, jangan sampai fisik anda lemah pada saat pelaksanaan ujian, ini akan mempengaruhi kerja otak anda.
  • Cek kembali alat perlengkapan ujian anda, hindari sekecil apapun tertinggal di rumah, hal ini akan mengganggu konsentrasi anda.
  • Pada saat menerima soal ujian cobalah untuk tenang serta hindari ketengangan, ambil sikap rileks, baca dan fahami soal dengan teliti & cermat, kerjakan sesuai kemampuan anda. Jangan pernah sekalipun anda berniat untuk mencontek. Jika anda menemukan kesulitan pada persoalan tertentu dan pada saat itu belum bisa anda atasi, sebaiknya tinggalkan dahulu untuk mengerjakan persoalan yang lebih ringan.
  • Cek kembali soal-demi soal beserta jawabanya, anda bisa melakukan koreksi terhadap jawaban anda jika yakin, bahwa jawaban anda kurang sempurna. Jangan lupa cek kembali identitas anda pada lembar jawaban/persoalan, jangan sampai lupa. Percuma jawaban anda mungkin mendapatkan nilai sempurna, akan tetapi tidak jelas siapa pemiliknya.

3. Tahap setelah Selesai Ujian.
  • Bersikaplah wajar dan santai, hindari ketegangan, hindari membahas kembali persoalan-persoalan yang telah selesai anda kerjakan dengan teman-teman anda. Karena hal itu tidak akan merubah apapun, lebih baik anda gunakan untuk istirahat dan melepaskan ketegangan.
  • Selalu berdo’a agar selalu diberikan kebaikan atas apa yang telah anda perbuat dan  lakukan yang terbaik menurut anda tentunya andapun berharap dapat menghasilkan sesuatu yang lebih baik. Jadikan rasa percaya diri anda karena hasil dari usaha keras dan do’a-do’a anda kepada Tang Kuasa.
Kiranya ini saja artikel tips menghadapi ujian, semoga bermanfaat dan tak lupa saya selalu berdo’a bagi pembaca artikel ini diberikan kemudahan dalam menyelesaikan ujian yang akan dihadapinya nanti.
Share :
PreviousPost
NextPost

Author:

0 Comments:

Rekomendasi