Makna dan Fungsi Tari Saman

Apa sebenarnya Makna dan fungsi Tari Saman...Tari adalah bahasa tubuh tertua setelah isyarat, dimana terdapat sebuah peradaban disitu pasti ada juga tarian khusus dari peradaban setempat.Sejak jaman dahulu orang menari untuk berbagai macam
tujuan, Para penari Mesir kuno menari untuk menghibur sang Fir'aun (Pharaoh) alias sang raja. Bangsa-bangsa kuno menari untuk menghormati para dewa-dewinya, adapula tarian yang berguna untuk merayakan sebuah pesta, misalnya penikahan atau panen raya. Dan yang terakhir ada juga yang menari hanya untuk kesenangan belaka. Pada bangsa tertentu adakalanya sebelum mereka berangkat ke medan perang diadakan tradisi/ ritual tarian perang, semua kaum laki-laki menari-nari maksudnya untuk membangkitkan semangat dan keberanian, setelah pulang dari medan perang mereka menari lagi..hehehe..ceria amat ya kehidupan bangsa jenis ini, kini tarian mereka adalah untuk menunjukkan kepada orang sedesa tentang apa yang mereka lakukan dalam perang. Dalam menari, orang menyatakan rasa-perasaannya yang paling dalam diaktualisasikan dengan mimik dan gerakan, gerakan tangan dan kaki para penari menyatakan perasaan yang berbeda-beda, demikian pula dengan mimik mukanya.

Tarian Eropa biasanya penuh semangat, penarinya melonjak-lonjak dan melompat-lompat, kadang juga melambai-lambaikan tangannya. Tarian tradisional India biasanya lemah gemulai, gerakannya halus dan sangat teratur, kisah-kisah tertentu diwakili dengan gerakan tangan yang teratur dan lembut, sangat jauh berbeda jika anda bayangkan dengan tarian-tarian kontemporer di filem bollywood. Semua bangsa rasanya mempunyai tarian nasionalnya masing-masing biasanya pada tarian nasional ini mereka menggunakan pakaian-pakaina khusus, sebut saja tarian Aloha dari hawaii, tari flamenco dari Spanyol, tari Squaredance dari Amerika, Tarian Kabuki dari Jepang, Tari Kecak dari Bali, Tari Ramayana dari Jawa dan Bali, tari Ballet dari Italia yang kemudia menyebar hampir ke seluruh daratan Eropa, Tarian Sema tarian sufi dari Turki dan lain-lain, teramat banyak jika disebutkan satu-persatu.
Kembali lagi ke tarian saman. Apa sebenarnya makna dan fungsi tari Saman? Tari Saman merupakan sebuah pengejawantahan bahasa tubuh untuk menyampaikan pesan (dakwah). Gerakan-gerakan dari Tarian Saman adalah mencerminkan pendidikan, keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan dan kebersamaan. Sebuah ritual sebelum Tari Saman dimulai sebuah seorang tua cerdik pandai atau pemuka adat untuk mewakili masyarakat setempat (keketar) menyampaikan mukaddimah atau pembukaan atau nasihat-nasihat yang berguna kepada para pemain dan penonton.

Tarian Saman biasanya mempunyai gerakan 2-3 varian yang dilakukan secara bersama-sama secara bergantian, dan masing masing varian berbeda-beda gerakannya pada sesi berikutnya. Lagu dan syair pengungkapannya secara bersama dan kontinyu, pemainnya terdiri dari pria-pria ataupun wanita-wanita muda yang menggunakan pakaian adat tertentu. Tarian Saman adalah jenis tari yang tidak menggunakan alat musik sebagai pengiringnya,akan tetapi digantikan oleh suara tepukan tangan di dada dan tepukan tangan di pangkal paha juga suara dari para penari sebagai sinkronisasi dan menghempaskan badan ke berbagai arah, gerakan kepala ke berbagai arah, sangat dinamis kompak dan membuat takjub para penonton yang melihatnya.Grakan-gerakan ini disebut guncang,kirep,lingang,surang-saring (semua gerak ini adalah bahasa Gayo). Tarian Saman ini dipandu oleh seorang pemimpin yang lazimnya disebut Syech, selain mengatur gerakan para penari,Syeikh juga bertugas menyanyikan syair-syair lagu saman. yaitu Ganit.

Cara menyanyikan lagu-lagu dalam tari saman (Ganit) dibagi dalam 5 macam :
  • Rengum, yaitu auman yang diawali oleh pengangkat.
  • Dering, yaitu regnum yang segera diikuti oleh semua penari.
  • Redet, yaitu lagu singkat dengan suara pendek yang dinyanyikan oleh seorang penari pada bagian tengah tari.
  • Syek, yaitu lagu yang dinyanyikan oleh seorang penari dengan suara panjang tinggi melengking, biasanya sebagai tanda perubahan gerak
  • Saur, yaitu lagu yang diulang bersama oleh seluruh penari setelah dinyanyikan oleh penari solo.
Diperlukan konsentrasi yang sangat tinggi untuk Tarian Saman ini, karena tarian jenis ini adalah merupakan tarian dengan menggunakan gerakan kelompok yang dinamis kompak, keseragaman formasi dan ketepatan waktu agar tarian berjalan dengan sempurna.

Dalam sejarahnya Tari Saman dipertunjukkan dalam upacara memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Tari Saman berasal dari suku Gayo yang biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat. Syair dalam tarian Saman mempergunakan bahasa Arab dan bahasa Gayo. Dalam beberapa literatur menyebutkan tari Saman di Aceh didirikan dan dikembangkan oleh Syekh Saman, seorang ulama yang berasal dari Gayo di Aceh Tenggara. Tari Saman ditetapkan UNESCO sebagai Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia dalam Sidang ke-6 Komite Antar-Pemerintah untuk Pelindungan Warisan Budaya Tak benda UNESCO di Bali, 24 November 2011. Selamat!!

Dalam konteks masa kini tari Saman mengalami perkembangan, juga dipertunjukkan pada acara yang bersifat resmi,misalnya kepada tamu-tamu Antar Kabupaten dan Negara,atau dalam pembukaan sebuah festival dan acara lainnya yang berskala Nasional dan Internasional. Bahkan Tarian Tradisonal Saman ini dalam perkembangannya mampu bersaing dengan tarian kontemporer yang begitu digemari kalangan muda, faktor kedinamisan formasi, gerakan yang kompak dan membutuhkan kecermatan konsentrasi dan ketepatan waktu, menjadi tantangan tersendiri bagi kaum muda untuk tidak menyukai, menggemari dan mencoba tarian ini. Pada umumnya,Tarian saman dimainkan oleh belasan atau puluhan laki-laki, tetapi jumlahnya harus ganjil.Pendapat Lain mengatakan tarian ini ditarikan kurang lebih dari 10 orang,dengan rincian 8 penari dan 2 orang sebagai pemberi aba-aba sambil bernyanyi. Namun dalam perkembangan di era modern ini yang menghendaki bahwa suatu tarian itu akan semakin semarak apabila ditarikan oleh penari dengan jumlah yang lebih banyak, dan lebih menarik lagi jika di bawakan oleh para wanita sebagai akulturasi kelembutan terhadap karakter Gerakan Tari Saman yang dinamis dan patah-patah. Dibawah ini adalah video Tari saman selamat menikmati.


Share :
PreviousPost
NextPost

Author:

0 Comments:

Rekomendasi