genieesspv.jp, 30933, RESELLER

GAMBAR│FOTO│JENIS-MACAM-NAMA IKAN AIR TAWAR

Monggo di Print

gambar ikan air tawar
GAMBAR│FOTO│JENIS-MACAM-NAMA IKAN AIR TAWAR. Apa yang anda bayangkan tentang ikan air tawar? Ya... ikan air tawar adalah jenis ikan yang hidup di perairan air tawar, bisa di sungai danau,saluran irigasi, persawahan atau yang diternakkan [dibudidayakan] oleh petani ikan di kolam-kolam ikan atau empang. Secara ekosistem komunitas ikan air tawar menghabiskan sebagian atau seluruh aktivitas dan kehidupannya berada di dalam air tawar, seperti sungai dan danau, dengan salinitas kurang dari 0,05%. Salinitas adalah tingkat keasinan atau kadar garam terlarut dalam air.

Tentu saja dalam banyak hal, keadaan lingkungan air tawar tentu saja sangat berbeda dengan lingkungan yang berada pada perairan laut, dan yang paling membedakan adalah tingkat salinitasnya. Untuk bertahan di air tawar, ikan membutuhkan adaptasi fisiologis yang bertujuan menjaga keseimbangan konsentrasi ion dalam tubuh. Diperkirakan 41% dari seluruh spesies ikan hidup dan berkembang biak di air tawar dan sisanya berada di perairan laut dan air payau. Namun demikian kita bisa dapati ada beberapa spesies bereproduksi di air tawar namun menghabiskan sebagian besar kehidupannya di laut. Mereka dikenal dengan nama ikan anadromous, jenis ikan ana dromous ini diantaranya adalah ikan salmon, trout, dan stickleback.

Ikan Gabus

Hampir semua jenis ikan air tawar dapat dikonsumsi dan dibudidayakan dan bernilai ekonomis tinggi sebagai sumber pendapatan utama ataupun tambahan dengan cara membuat kolam ikan [empang], karamba ataupun dengan memanfaatkan space-space kecil di pekarangan anda. Namun karena kecenderungan nilai estetis manusia terkadang ada beberapa jenis ikan yang memiliki bentuk tubuh dan warna yang indah biasanya digolongkan dalam jenis ikan hias, sehingga enggan untuk mengkonsumsi sebagai bahan pangan, karena nilai estetisnya lebih tinggi secara ekonomis. Jenis ikan hias ini banyak dibudidayakan dan dijual sebagai hiasan di dalam rumah atau taman-taman di ruang publik maupun rumah tinggal.

Tinggi dan rendahnya nilai ekonomis ikan air tawar yang dapat dikonsumsi memiliki kriterianya masing-masing. Apakah karena rasanya yang lebih lezat daripada yang lainnya, atau ditentukan ukurannya dll. Masing-masing jenis ikan air tawar mempunyai karakteristik dan keunggulan yang berbeda-beda, baik berdasarkan ukuran tubuhnya, ketebalan dagingnya, percepatan pertumbuhan ikan saat dibudidayakan, dan kelezatan dagingnya. Sehingga para petani yang berorientasi pada semangat bisnis agribisnis ini, perlu mempertimbangkan faktor-faktor ekonomis berdasarkan wawasan, tren atau permintaan pasar yang sedang ramai saat itu.

Beberapa ikan air tawar Indonesia ditengarai ada yang hampir punah keberadaannya, diantaranya adalah ; Ikan Lele Sungai, Ikan Sili, Ikan Sidat, Ikan Keting dan Ikan Uceng. Berikut di bawah ini adalah beberapa jenis ikan air tawar dan beberapa gambar, foto, jenis, macam dan nama ikan air tawar.

1. Ikan Nila (Tilapa nilotica L)
2. Ikan Nilem (Otiochilus haseeltii)
3. Ikan Mas/Tomboro (Cyprinus carpio L)
4. Ikan Tawes (Puntius javanicus)
5. Ikan Sepat Siem (Trichogastio pectoralis R)
6. Ikan Gurami (Osphyronemus gouramy)
7. Ikan Gabus (Ophiocephalus Stariatus)
8. Ikan Betok (Anabas testudineus Bloch)
9. Ikan Biawan (Helostoma temminchii c.v)
10.Ikan Patin (Pangasius Pangasius)
11.Ikan Toman (Ophiocephalus micropeltes)
12.Ikan Jelawat (Leptobarbus hoeveni BLkr)
13.Ikan Mujair (Tilapia mossabica)
14.Ikan Betutu (Oxyeleatris masmorata BLkr)
15.Ikan Lele (Clarias batrachus)
16.Ikan Belut (Apodes)
17.Ikan Sidat (Anguilla sp)
18.Ikan Hampal/palung (hampala macrolepidota)
19.Ikan Jendil/Wakkal Pangasius micronema BLkr
20.Ikan Sengkaring Labeobarbus siamensis
21.Ikan Bader Bang Puntius bromoides
22.Ikan Kutuk (Channa satriata)
23.Ikan Saren (Anabas testdineus)
24.Ikan Sili (Macrognathus aculeatus)
25.Ikan Baung (Macrones sp)
26.Ikan Tageh (Macrones helitius)
27.Ikan Mengkreng (Pegasius nasutus)
28.Ikan Lampan (Puntius schwanefeldi)
29.Ikan Tambakan (Helostoma sp)
30. dll.

gambar ikan air tawar
IKAN NILA. Ikan Nila merupakan ikan yang mudah untuk dibiakkan atau dibudidayakan, memiliki ukuran sedang, panjang total [moncong hingga ujung ekor] mencapai sekitar 30 cm dan terkadang ada yang lebih dan ada yang kurang dari itu. Sirip punggung [pinnae dorsalis] dengan 16-17 duri [tajam] dan 11-15 jari-jari [duri lunak]; dan sirip dubur [pinnae analis] dengan 3 duri dan 8-11 jari-jari.Karena mudahnya dipelihara dan dibiakkan, ikan ini segera diternakkan di banyak negara sebagai ikan konsumsi, termasuk di pelbagai daerah di Indonesia. Akan tetapi mengingat rasa dagingnya yang tidak istimewa, ikan nila juga tidak pernah mencapai harga yang tinggi. Di samping dijual dalam keadaan segar, daging ikan nila sering pula dijadikan filet.


gambar ikan air tawar
IKAN NILEM. Ikan Nilem merupakan ikan yang mudah dibudidayakan, memiliki tubuh sedang, panjang total hingga 260 mm. Tinggi tubuh pada awal sirip dorsal 3-3,7 berbanding panjang standar [tanpa sirip ekor]. Panjang kepala 4,1-4,5 berbanding panjang standar. Moncong membulat tumpul, dengan bibir yang berkerinyut dan dapat disembulkan. Sungut maksilar kurang lebih sepanjang diameter mata, sungut rostral lebih pendek. Awal sirip dorsal kira-kira sejajar dengan gurat sisi ke-8 atau ke-9; terpisahkan dari ubun-ubun oleh 10-12 sisik. Ikan nilem biasa dibudidayakan orang di Pulau Jawa, terutama di Jawa Barat. Ikan ini digemari telur-telurnya karena rasanya yang lezat. Akan tetapi sekarang produksinya cenderung menurun, sementara umumnya nilem dipelihara sebagai produk sampingan dari kolam-kolam pemeliharaan ikan mas, nila, atau gurami.

gambar ikan air tawar
IKAN MAS. Banyak sekali jenis ikan mas ini, Ikan mas sangat populer di Indonesia dan dibudidayakan sebagai ikan konsumsi yang sangat digemari sebagai olahan lauk rumah tangga dan di rumah-rumah makan. Di bebarapa daerah Ikan Mas juga populer disebut sebagai Ikan Tombro untuk jenis konsumsi.

Ikan Mas memiliki bentuk tubuh agak memanjang dan memipih tegak (comprossed). Mulutnya terletak di bagian tengah ujung kepala (terminal) dan dapat disembulkan (protaktil). Di bagian anterior mulut terdapat dua pasang sungut. Di ujung dalam mulut terdapat gigi kerongkongan (pharyngeal teeth) yang terbentuk atas tiga baris gigi geraham. Ikan Mas banyak dibudidayakan sebagai ikan konsumsi dan jenis-jenis tertentu dibiakkan sebagai ikan hias semisal Ikan Mas Koi, Ikan Mas Koki dll.

gambar ikan air tawar
IKAN TAWES. Ikan Tawes termasuk jenis ikan air tawar yang mudah dipelihara, karena tanpa memerlukan teknik yang rumit dan mahal, menjadikannya ikan kolam yang populer di Indonesia. Rasanya gurih manis dengan duri yang tidak terlalu keras. Ikan Tawes biasa dipelihara di kolam, tawes jarang mencapai panjang tubuh melebihi 40 cm dan berat melebihi 1,5 kg.


Ikan Tawes menyukai perairan dengan air yang jernih dan terdapat aliran air, mengingat ikan ini memiliki sifat biologis yang membutuhkan banyak oksigen. Jika dibudidayakan usahakan selalu mendapatkan pasokan air yang jernih, apabila ditempatkan dalam air yang miskin oksigen [keruh-pekat] ikan tawes akan mudah mati dan lambat perkembangannya. Umumnya induk betina dapat menghasilkan telur hingga 20.000 butir/ekor/ Induk, pada umur produksi 2-3 tahun dengan berat 1 kg bisa mencapai jumlah telur 700.000 butir / induk.

IKAN SEPAT. Ikan Sepat merupakan ikan anggota suku Gurami bertubuh kecil. Ikan Sepat biasa dibudidayakan atau dicari orang disungai-sungai atau persawahan dan rawa sebagai konsumsi lokal. Disamping sebagai ikan konsumsi, ada beberapa jenis dengan tubuh dengan motif tertentu dimanfaatkan sebagai ikan hias.


Ikan Sepat memiliki tubuh pipih dan bermoncong runcing sempit, panjang total hingga 120mm. Perak buram kebiruan atau kehijauan, dengan beberapa pita miring berwarna gelap, dari kebanyakan jenis mempunyai bercak hitam masing-masing sebuah pada tengah sisi tubuh dan pada pangkal ekor. Namanya dalam bahasa Inggris, Three spot gourami, merujuk pada kedua bintik hitam itu, ditambah dengan mata sebagai bintik yang ketiga. Sirip ekor berlekuk (berbelah) dangkal, berbintik-bintik.

gambar ikan air tawar
IKAN GURAMI. Ikan Gurami biasa juga disebut dengan ikan Gurameh di beberapa tempat. Ikan Gurami terutama digemari sebagai ikan konsumsi. Dagingnya padat, durinya besar-besar, rasanya enak dan gurih. Gurami hampir selalu tersedia di restoran, untuk dijadikan pelbagai macam masakan terutama gurami bakar dan gurami asam-manis. Ikan ini berharga cukup mahal. Ikan Gurami banyak dibudidayakan oleh para petani di kolam [empang] sebagai budidaya dengan nilai ekonomis yang tinggi.


Ikan Gurami mempunyai ciri tubuh yang lebar dan pipih. Panjang tubuh 2,0-2,1 kali tinggi tubuh; panjang tubuh total (dengan sirip ekor) bisa mencapai 1.000 mm. Sirip perut dengan jari-jari pertama yang pendek berupa duri dan jari-jari kedua yang lentur panjang serupa cambuk. Ikan Gurami yang muda memiliki moncong yang meruncing, dengan 8-10 pita melintang (belang) di tubuhnya. Jika beranjak dewasa warna-warna ini memudar, dan kepala ikan akan membengkak secara tidak teratur.



gambar ikan air tawar IKAN GABUS. Ikan Gabus memiliki banyak nama disebut sebagai ikan bocek, aruan, haruan, kocolan , bogo , bayong, bogo, licingan, kutuk, kabos dll, dalam bahasa Inggris juga disebut snakehead [karena bentuk kepalanya seperti kepala ular]. Ikan gabus adalah sejenis ikan predator yang hidup di air tawar. Ikan Gabus dapat tumbuh hingga mencapai panjang 1 m. Berkepala besar agak gepeng mirip kepala ular (sehingga dinamai snakehead), dengan sisik-sisik besar di atas kepala. Tubuh bulat gilig memanjang, seperti peluru kendali. Sirip punggung memanjang dan sirip ekor membulat di ujungnya. Ikan gabus biasa didapati di danau, rawa, sungai, dan saluran-saluran air hingga ke sawah-sawah.


Ikan Gabus biasa memangsa aneka ikan kecil-kecil, serangga, dan berbagai hewan air lain termasuk berudu dan kodok. Sebetulnya ikan gabus memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Ikan-ikan gabus liar yang ditangkap dari sungai, danau dan rawa-rawa di Sumatra dan Kalimantan kerap kali diasinkan sebelum diperdagangkan antar pulau. Gabus asin merupakan salah satu ikan kering yang cukup mahal harganya. Selain itu ikan gabus segar, kebanyakan dijual dalam keadaan hidup, merupakan sumber protein yang cukup penting bagi masyarakat desa, khususnya yang berdekatan dengan wilayah berawa atau sungai.

gambar ikan air tawar
IKAN LELE. Ikan Lele juga banyak memiliki di masing-masing daerah. Ikan Lele, secara ilmiah terdiri dari banyak spesies. Tidak mengherankan pula apabila lele di Nusantara mempunyai banyak nama daerah. Antara lain: ikan kalang (Sumatera Barat), ikan maut (Gayo), ikan seungko (Aceh), ikan sibakut (Karo), ikan pintet (Kalimantan Selatan), ikan keling (Makassar), ikan cepi (Sulawesi Selatan), ikan lele atau lindi (Jawa Tengah) atau ikan keli (Malaysia), ikan 'keli' untuk lele yang tidak berpatil sedangkan disebut 'penang' untuk yang memiliki patil (Kalimantan Timur), dalam bahasa Inggris ikan lele biasa disebut catfish [karena memiliki kumis seperti kucing].


Ikan Lele dikenal dengan tubuhnya yang licin memanjang tak bersisik, dengan sirip punggung dan sirip anus yang juga panjang, yang kadang-kadang menyatu dengan sirip ekor, menjadikannya nampak seperti sidat yang pendek. Kepalanya keras menulang di bagian atas, dengan mata yang kecil dan mulut lebar yang terletak di ujung moncong, dilengkapi dengan empat pasang sungut peraba (barbels) yang amat berguna untuk bergerak di air yang gelap. Lele juga memiliki alat pernapasan tambahan berupa modifikasi dari busur insangnya. Terdapat sepasang patil, yakni duri tulang yang tajam, pada sirip-sirip dadanya. Ada yang mengatakan,bahwa patil ini tidak hanya tajam tapi juga beracun dan mengakibatkan panas tinggi jika orang tak sengaja terkena patil tersebut.

Lele adalah ikan budidaya air tawar yang sangat populer. Produksi budidaya meningkat tajam tiap tahun, selama lima tahun terakhir, antara lain karena luasnya pasar bagi lele. Lele disukai konsumen karena berdaging lunak, sedikit tulang, tidak berduri, dan murah. Dari sisi budidaya, lele relatif tidak memerlukan banyak perawatan dan memiliki masa tunggu panen yang singkat.

Dari sekian banyak ikan air tawar tersebut, jenis ikan gurami, ikan mujair, ikan nila, ikan lele, ikan gabus, belut dan ikan mas adalah jenis ikan air tawar yang populer dan memilki potensi besar untuk dikembangkan dan dibudidayakan secara komersiil. Nilai jual yang tinggi permintaan serta kebutuhan ikan ini yang terus menerus ada dapat menjadi pertimbangan akan pentingnya budidaya ikan tersebut. Demikian share saya mengenai gambar, foto, jenis, macam dan nama ikan air tawar, semoga bermanfaat.

Description: GAMBAR│FOTO│JENIS-MACAM-NAMA IKAN AIR TAWAR Rating: 5.0 Reviewer: frewaremini ItemReviewed: GAMBAR│FOTO│JENIS-MACAM-NAMA IKAN AIR TAWAR
Anda sedang membaca artikel GAMBAR│FOTO│JENIS-MACAM-NAMA IKAN AIR TAWAR dan artikel ini url permalinknya adalah http://www.frewaremini.com/2015/08/gambarfotojenis-macam-nama-ikan-air-tawar.html
Semoga artikel GAMBAR│FOTO│JENIS-MACAM-NAMA IKAN AIR TAWAR ini bisa bermanfaat.

4 comments:

  1. terimakasih artikel ini bermanfaat ,semoga Anda disukseskan dan diberkahi oleh Allah SWT Aamiin

    ReplyDelete
  2. http://bagusaquaticfarm.com/ Pembenih ikan air tawar terbesar di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Kami melayani pembelian eceran maupun partai dan siap kirim sampai lokasi. Kami memiliki karyawan professional dan produk kami dapat dipertanggungjawabkan kualitasnya.

    ReplyDelete
  3. Terimakasih infonya, jangan lupa kunjungi website resmi kami http://bit.ly/2MXIkpt

    ReplyDelete

siapa saja... silahkan berkomentar sesuai dengan bahasan tema postingan, terima kasih atas kunjungannya sobat :)

 
DMCA.com