GAMBAR JENIS TUMBUHAN-TANAMAN MAKANAN POKOK

GAMBAR JENIS TUMBUHAN-TANAMAN MAKANAN POKOK
GAMBAR TUMBUHAN-TANAMAN MAKANAN POKOK. Makanan pokok merupakan gizi dasar bagi manusia yang banyak mengandung karbohidrat dan gula sebagai sumber tenaga manusia. Namun makanan pokok tidak dapat memenuhi keseluruhan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Untuk itu makanan pokok dalam penyajiannya harus dilengkapi dengan lauk pauk, sayur mayur dan buah-buahan untuk memenuhi nutrisi yang diperlukan untuk tubuh, sehingga tidak kekurangan gizi.

Makanan pokok biasanya harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut ini :
  • Mempunyai rasa yang netral.
  • Bersifat mengeyangkan.
  • Mengandung banyak karbohidrat.
  • Sedapat mungkin mengandung zat gula.
  • Mudah ditanam
  • Mudah diolah
  • Bersifat tahan lama jika disimpan.
Pada prakteknya makanan pokok yang diambil dari tumbuh-tumbuhan/ tanaman makanan pokok tersebut juga banyak yang perlu diolah terlebih dahulu menjadi berbagai macam jenis makanan agar layak dikonsumsi dan menggugah selera makan.  Berikut di bawah ini saya share berbagai macam-jenis tumbuhan/tanaman makanan pokok beserta hasil olahannya :
  • Sagu. Tanaman Sagu banyak tumbuh di Indonesia bagian timur ; maluku dan papua dan menjadi makan pokok populer di sana. Batang pohon sagu dibelah kemudian diambil daging batangnya, kemudian diolah menjadi tepung sagu atau sari patinya lalu diolah kembali menjadi makanan olahan seperti papeda, beraneka macam kue, mie, bubur sagu dll. 
GAMBAR JENIS TUMBUHAN-TANAMAN MAKANAN POKOK
  • Gandum merupakan jenis tanaman serelia yang tumbuh subur di benua Eropa dan Amerika, tidak bisa tumbuh di Indonesia, Gandum merupakan bahan Impor dalam bentuk tepung gandum. Meski tidak tumbuh di Indonesia namunGandum  banyak dikonsumsi oleh sebagian besar penduduk indonesia bulirnya diolah menjadi tepung gandum kemudian menjadi roti-mie-sereal dll.
GAMBAR JENIS TUMBUHAN-TANAMAN MAKANAN POKOK
  • Ubi-ubian. Tanaman ini Tumbuh subur hampir di seluruh daerah di Indonesia. Singkong, ubi rambat/jalar, talas, gembili, kentang, garut, ganyong dll,  diolah menjadi tepung atau diambil saripatinya kemudian diolah lagi menjadi bubur, kue-thiwul-nasi dll, 
GAMBAR JENIS TUMBUHAN-TANAMAN MAKANAN POKOK
  • Padi.  Merupakan jenis tanaman serelia yang tumbuh subur di Indonesia khususnya di Pulau Jawa dan Sumatera, merupakan makanan pokok utama dan paling populer di daerah Pulau Jawa dan Sumatera serta menyebar hampir di seluruh daerah di Indonesia. Bulirnya dinamakan gabah diolah menjadi beras kemudian diolah lagi menjadi nasi-bubur dll.
GAMBAR JENIS TUMBUHAN-TANAMAN MAKANAN POKOK
  • Jagung. Jenis tanaman makanan pokok yang tumbuh tersebar di daerah Indonesia. Bulir Jagung diolah menjadi tepung kemudian diolah menjadi nasi, kue dll.
GAMBAR JENIS TUMBUHAN-TANAMAN MAKANAN POKOK
  • Jewawut. Jewawut juga merupakan tanaman jenis serelia, banyak tumbuh subur di Pulau Papua khususnya di daerah Biak Numfor. Bulirnya bisa diolah menjadi nasi dan bubur.
GAMBAR JENIS TUMBUHAN-TANAMAN MAKANAN POKOK
  • Sukun.  Merupakan jenis tanaman yang berbuah, bersifat kultivar [buah yang tidak berbiji]. Tumbuhan ini sebenarnya masih satu kerabat dengan kluwih dan nagka, namun memiliki sifat yang sangat berbeda. Buah sukun banyak mengandung karbohidrat yang dapat menggantikan beras, jagung gandum dan umbi-umbian sebagai makanan pokok dengan diolah menjadi makanan olahan.
GAMBAR JENIS TUMBUHAN-TANAMAN MAKANAN POKOK
Makanan pokok olahan terkadang tidak terlalu baku untuk daerah tertentu di Indonesia, terutama makanan pokok jenis umbi-umbian pada daerah pedalaman tertentu biasanya mereka hanya cukup langsung mengkonsumsinya dengan cara dibakar atau direbus kemudian dimakan. Demikian artikel singkat mengenai gambar jenis tumbuhan-tanaman makanan pokok yang kita kenal di Indonesia. Semoga bermanfaat.
Share :
PreviousPost
NextPost

Author:

1 komentar:

Rekomendasi