TIPS-CARA MENGHENTIKAN CEGUKAN

TIPS-CARA MENGHENTIKAN CEGUKAN
TIPS-CARA MENGHENTIKAN CEGUKAN. Cegukan bisa menyerang siapa saja dan kapan saja tanpa permisi. Namun secara spesifik, cegukan biasanya banyak ditimbulkan setelah kita sehabis makan namun kurang asupan air minum, tetapi tidak selalu. Karena ada hal lain yang terkadang juga bisa menjadi penyebab cegukan, antara lain karena terlalu banyak makan, makan terburu-buru, terlalu banyak menelan udara, terlalu banyak merokok, perubahan suhu mendadak di perut [sehabis minum air dingin kemudian minum air panas], stress atau emosi terkadang juga mengakibatkan cegukan. Makanan pedas dan alkohol terkadang juga menjadi pemicu cegukan.

Secara medis penyebab cegukan terjadi karena adanya kontraksi secara mendadak pada diafragma secara berulang-ulang setiap menit, pada cegukan normal biasanya terjadi 4 sampai dengan 60 kali/menit dengan interval yang teratur, lamanya bisa berlangsung 10 hingga 30 menit. Dalam bahasa medis cegukan disebut sebagai singultus yakni kondisi diafragma yang mengejang di luar kemauan. Hal ini bisa terjadi pada saat tingkat karbondioksida dalam darah merosot terlalu rendah.

Pada kasus yang lebih ekstrim ada yang mengalami cegukan selama lebih dari 48 jam, fenomena ini dalam bahasa medis disebut sebagai persistent hiccups artinya cegukan secara terus-menerus. Ada juga sebagian orang yang mengalami cegukan sampai dengan hampir sebulan lamanya disebut intractable hiccups atau cegukan keras. Meskipun jarang terjadi, namun cegukan keras bisa menyebabkan kelelahan, kurang tidur dan penurunan berat badan karena stress luar biasa. Berikut di bawah ini saya share tentang tips-cara menghentikan cegukan :
  • Cobalah untuk mengkonsumsi makanan-minuman yang bersifat asam. Rasa asam dipercaya dapat menstimulus pernafasan 
  • Cobalah seseorang untuk mengejutkan anda, emosi saat orang mengalami keterkejutan akan mengubah siklus pernafasan anda. 
  •  Cobalah untuk mengkonsumsi 1 sendok gula pasir, dengan cara ditelan. 
  •  Cobalah untuk menggosok pada bagian leher hingga ke perut dengan minyak kayu putih.
  • Cobalah menghentikan cegukan dengan cara paling populer dan ampuh ini, yaitu tariklah nafas dalam-dalam tahan di dada kira-kira 10 sampai dengan 15 detik lalu keluarkan secara perlahan-lahan. Hal ini dapat merangsang syaraf otak ke diafragma sehingga dada menjadi lapang dan cegukan akan segera berhenti. 
  • Cobalah untuk mengunyah satu iris jeruk lemon atau jeruk nipis, hal ini dapat mengganggu pola impuls syaraf vagus. 
  • Cobalah untuk minum air yang banyak, saat menelan air maka akan melancarkan tenggorokan dan diafragmanya. 
  • Cobalah untuk mengalihkan perhatian, caranya lupakan kalau anda sedang cegukan dengan aktifitas olahraga ringan, atau kegiatan-kegiatan ringan yang mengasyikkan hingga cegukan anda hilang dengan sendirinya.
Itulah beberapa tips-cara menghentika cegukan yang populer di tengah-tengah masyarakat kita yang sebenarnya bisa dijelaskan secara medis. Cegukan memang bukan gangguan kesehatan yang mengkhawatirkan, namun jika tidak segera anda atasi tentu saja akan mengakibatkan ketidaknyamanan hingga rasa stress karena mengganggu istirahat atau aktifitas sehar-hari. Semoga artikel ini bermanfaat. Salam hangat.
Share :
PreviousPost
NextPost

Author:

0 Comments:

Rekomendasi