PANDUAN CARA MENGGUNAKAN KORD-KUNCI GITAR

PANDUAN CARA MENGGUNAKAN KORD-KUNCI GITAR
PANDUAN CARA MENGGUNAKAN KORD-KUNCI GITAR. Berikut di bawah ini saya share tentang tutorial-panduan cara menggunakan atau membaca kord-chords gitar, meliputi tentang: guitar chord chart dan bagaimana membacanya serta fingering chord. Jika anda ingin mempelajari bagaimana memainkan berbagai kord pada gitar, hal pertama yang bisa anda lakukan adalah belajar bagaimana membaca chord chart gitar. Sebuah guitar chord chart adalah sekumpulan diagram chord. Diagram chord adalah sebuah representasi visual dari sebuah kord gitar.

Berikut contohnya:

Sedang penjelasannya adalah sebagai berikut, seperti pada gambar di bawah ini :


PANDUAN CARA MENGGUNAKAN KORD-KUNCI GITAR

Anda dapat melihat enam garis lurus vertical dan enam garis horizontal.

Garis vertical menunjukkan senar gitar. Garis paling kiri adalah senar paling tebal, senam 6 yaitu E rendah. Sedangkan yang paling kanan adalah senar yang paling tipis yaitu senar 1, E tinggi. Garis-garis di antaranya adalah A, D, G, dan B.

Garis horizontal dari bawah ke atas adalah fret gitar. Garis teratas adalah ujung neck, garis di bawahnya adalah fret 1, berikutnya 2, dst.

Titik-titik hitam pada diagram chord adalah penjarian.

Titik hitam artinya anda menaruh jari anda di situ (di antara dua fret) dan menekan senarnya. Chord chart di sini tidak menunjukkan jari yang mana untuk menekan senar yang mana, tetapi seringkali sudah cukup jelas menggunakan jari yang mana.

Titik yang polos menandakan open string. Dalam contoh di atas titik polos di atas senar G dan E berarti senar tersebut harus dibunyikan dalam keadaan terbuka (tidak ada jari yang menekan).

Senar yang tidak memiliki titik hitam atau putih TIDAK dibunyikan. Huruf C yang berada di atas guitar chord chart menandakan nama akordnya. Dalam contoh ini kordnya adalah C.

Mari melihat contoh di atas lagi:
  • Senar E rendah tidak ada titik, berarti dia tidak dibunyikan 
  • Senar A memiliki titik di atas fret ketiga, maka kita tekan di fret ketiga tsb. (tentu di antara fret, dan bukan di atas fretnya) 
  • Senar D ditekan di fret 2 
  • Senar G open 
  • Senar B ditekan di fret 1 
  • Senar E tinggi open.
Informasi lebih lanjut tentang kord dapat dilihat di the guitar chord theory tutorial. Ada satu hal lagi yang patut diperhatikan untuk membaca guitar chord chart. Perhatikan contoh berikut ini:


Anda melihat angka 5 di samping gambar. Itu artinya fret pertama untuk kord tersebut adalah fret ke-5 di neck gitar. Jadi dalam contoh ini, kita memainkan:
  • Tidak ada senar E rendah 
  • Senar A pada fret ke 5 
  • Senar D pada fret 7 
  • Senar G pada fret 7 
  • Senar B pada fret 6 
  • dan senar E tinggi pada fret 5
ini adalah contoh dari guitar bar chord.

Satu hal yang penting lagi adalah chord fingering atau penjarian/penempatan jari-jari pada kord gitar. Seperti sudah disebutkan di atas, bahwa seringkali penjarian pada chord chart sudah cukup jelas, namun adakalanya tidak.  Jari-jari kita dalam teknik gitar dikenal sebagai berikut :

PANDUAN CARA MENGGUNAKAN KORD-KUNCI GITAR
Itulah gan share saya tentang panduan-cara-tutorial menggunakan kord-kunci gitar yang mengupas teknik penempatan jari-jari pada kord gitar/fingering yang saya ambil habis dari http://www.guitarchordsmagic.com, semoga bermanfaat bagi anda. Jika anda ingin mencari gambar kord-kunci gitar lengkap silahkan anda buka di sini. Semoga artikel ini bermanfaat, salam hangat.
Share :
PreviousPost
NextPost

Author:

0 Comments:

Rekomendasi