KECERDASAN SPASIAL ANAK

Monggo di Print

KECERDASAN SPASIAL ANAK
KECERDASAN SPASIAL ANAK. Setiap anak memiliki kecerdasan spasial yang dimilikinya, kecerdasan spasial ini berhubungan erat dengan kemampuan anak dalam memberikan persepsi terhadap apa yang dilihatya. Sehingga dalam hal ini sangat berkaitan erat pada penekanan kemampuan individu untuk berfikir dalam tiga dimensi.

Kecerdasan spasial ini memingkinkan setiap individu anak dapat menerjemahkan apa yang ia bayangkan hingga memodifikasi imajinasinya dalam sebuah dimensi, selanjutnya mampu menggambarkan keberadaan individunya sebagai bagian dari ruang dengan obyek-obyek yanga ada di sekelilingnya. bagian penting dari kecerdasan spasial ini adalah daya imajinasi dan visualisasi.

Kecerdasan spasial ini dapat dirangsang sejak dini pada anak-anak dengan mendorongnya belajar mengamati benda-benda berbagai bentuk di sekitarnya, menikmati gambar-gambar abstrak, belajar menggunakan diagram, belajar menggunakan puzzle untuk merangsang penalaran anak untuk menggabungkan bentuk-bentuk bangun tertentu sehingga menghasilkan bentuk baru sesuai dengan imajinasinya. Merangsang kecerdasan spasial pada anak dapat anda lakukan pada saat waktu senggang diantara kegiatan belajarnya, salah satunya juga bisa melalui media televisi dan video. Media ini memungkinkan untuk menganimasikan dunia untuk anak-anak, dengan menyaksikan langsung apa-apa yang selama ini cuma di dengarnya. Acara-acara yang mendidik mengenai film dokumenter, flora dan fauna adalah acara yang tepat.

Dengan latihan dan bimbingan yang intensif, kecerdasan spasial pada anak lambat laun akan terbentuk dengan ciri-ciri diantaranya sebagai berikut :

  • Gemar membaca peta (atlas), tertarik dengan bentuk-bentuk tabel dan diagram dengan cepat dan tepat.
  • Mampu menggambar (memvisualisasikan dalam bentuk gambar) suatu sosok manusia, binatang, pohon, suatu benda dll mendekati/mirip atau persis pada bentuk aslinya.
  • Anak sangat menyukai aktivitas yang melibatkan daya visual.
  • Anak menampakkan gejala senang berkhayal dan berimajinasi sesuai perkembangan usia dan penalarannya.
  • Anak lebih mudah dalam menangkap gagasan melalui gambar daripada memlalui kata-kata.
  • Anak senang melakukan aktivitas membuat sebuah sketsa atau sekedar corat-coret melalui imajinasinya.

Description: KECERDASAN SPASIAL ANAK Rating: 5.0 Reviewer: Woody Budi ItemReviewed: KECERDASAN SPASIAL ANAK
Anda sedang membaca artikel KECERDASAN SPASIAL ANAK dan artikel ini url permalinknya adalah http://www.frewaremini.com/2012/08/kecerdasan-spasial-anak.html
Semoga artikel KECERDASAN SPASIAL ANAK ini bisa bermanfaat.

1 comments:

Jefry said...

terima kasih atas penjelasannya
makin menambah wawasan saya

 
Bloglisting.net - The internets fastest growing blog directoryMy Ping in TotalPing.com Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Preview on Feedage: freewaremini Add to My Yahoo! Add to Google! Add to AOL! Add to MSN Subscribe in NewsGator Online Add to Netvibes Subscribe in Pakeflakes YouSayToo Revenue Sharing Community Subscribe in Bloglines Add to Alesti RSS Reader Add to Feedage.com Groups Add to Windows Live iPing-it Blogarama - The Blog Directory Add to Feedage RSS Alerts Add To Fwicki Add to Spoken to You
Disclaimer: |Some images contained in this blog were found on the internet. If by anyhow any of them is offensive to you, please, contact us asking for the removal |If you do not agree with it being shown here, please send us an email with ownership proof and we will remove it |email us to: riosarahloved@hotmail.com |If a image is violating copyright and you want us to remove that images/content or have any Questions/Suggestions/Problems please feel free to contact me: riosarahloved@hotmail.com | Welcome to freewaremini ©
| www.frewaremini.com® | template by woodybudi® |
Feedage Grade A rated
DMCA.com