MENGOBATI GANGGUAN HAID

OBAT GANGGUAN HAID ALAMIAH DAN MANJUR
MENGOBATI GANGGUAN HAID. Haid atau menstruasi pada seseorang terkadang menjadi masalah karena berbagai hal. Berikut adalah artikel tentang mengatasi permasalahan seputar haid/menstruasi dengan obat alami/ herbal. Hal yang kerap disebut sebagai penyebab nyeri haid adalah
faktor keturunan dan faktor psikis. Akan tetapi akhir-akhir ini zat kimia bernama prostaglandin, dinyatakan dapat meningkatkan nyeri haid. Prostaglandin adalah salah satu senyawa kimia dalam darah yang mengatur beberapa aktivitas tubuh, termasuk aktivitas rahim. Bila kadar prostaglandin berlebih, maka kontraksi rahim pada masa haid bertambah, sehingga terjadi nyeri yang hebat.

BEBERAPA GANGGUAN SAAT HAID/ MENSTRUASI :
AMENORE. Amenore adalah tidak terjadinya menstruasi. Jika menstruasi tidak pernah terjadi maka disebut amenore primer, jika menstruasi pernah terjadi tetapi kemudian berhenti selama 6 bulan atau lebih, maka disebut amenore sekunder. Amenore yang nornal hanya terjadi sebelum masa pubertas, selama kehamilan, selama menyusui, dan setelah menopause.

Amenore bisa terjadi akibat kelainan otak, kelenjar hipofisa, kelenjar tiroid, kelenjar adrenal, ovarium ( indung telur ) maupun bagian dari sistem reproduksi lain. Dalam keadaan normal, hipotalamus ( bagian dari otak yang terletak diatas kelenjar hipofisa ) mengirimkan sinyal kepada kelenjar hipofisa untuk melepaskan hormon-hormon yang merangsang dilepaskannya sel telur oleh ovarium.

Pada penyakit tertentu, pembentukan hormon hipofisa yang abnormal bisa menyebabkan terhambatnya pelepasan sel telur dan terganggunya serangkaian proses hormonal yang terlibat dalam terjadinya menstruasi. Gejala bervariasi, tergantung kepada penyebabnya. Jika penyebabnya adalah kegagalan mengalami pubertas, maka tidak akan ditemukan tanda-tanda pubertas seperti pembesran payudara, pertumbuhan rambut kemaluan dan rambut ketiak, serta perubahan bentuk tubuh. Jika penyebabnya adalah kehamilan, akan ditemukan morning sickness dari pembesaran perut. Jika penyebabnya adalah kadar hormon tiroid yang tinggi, gejalanya denyut jantung cepat, kecemasan, kulit hangat dan lembab.

Gejala lainnya yang mungkin ditemukan pada anemore : sakit kepala, galaktore ( pembentukan air susu pada wanita yang tidak hamil dan tidak sedang menyusui ), gangguan penglihatan ( pada tumor hipofisa ), penurunan atau penambahan berat badan yang berarti, vagina yang kering, hirsutisme ( pertumbuhan rambut yang berlebihan, yang mengikuti pola pria ), perubahan suara dan perubahan payudara. Pengobatan tergantung pada penyebabnya. Jika penyebabnya adalah penurunan berat badan yang drastis atau obesitas, penderita dianjurkan untuk menjalani diet yang tepat. Jika penyebabnya adalah olah raga yang berlebihan, penderita dianjurkan menguranginya.
Jika seorang anak perempuan belum pernah mengalami menstruasi dan semua hasil pemeriksaan normal, maka dilakukan pemeriksaan setiap 3-6 bulan untuk memantau perkembangan pybertasnya.

Untuk merangsang menstruasi bisa diberikan progesteron. Untuk merangsang perubahan pubertas pada anak perempuan yang payudaranya belum membesar atau rambut kemaluan dan ketiaknya belum tumbuh, bisa diberikan estrogen. Jika penyebabnya adalah tumor maka dilakukan pembedahan untuk mengangkat tumor tersebut. Tumor hipofisa yang terletak didalan otak biasanya diobati dengan bromokriptin untuk mencegah pelepasan prolaktin yang berlebihan oleh tumor ini. Bila perlu bisa dilakukan pengangkatan tumor. Terapi penyinaran biasanya baru dilakukan jika pemberian obat ataupun pembedahan tidak berhasil.

DISMENORE. Dismenore adalah nyeri perut yang berasal dari kram rahim dan terjadi selama menstruasi. Disebut dismenore primer jika tidak ditemukan penyebab yang emndasarinya dan dismenore sekunder jika penyebabnya adalah kelainan kandungan. 50 % wanita mengalami dismenore primer, 15 % diantaranya mengalami nyeri yang hebat. Biasanya timbul sekitar 2 tahun setelah menstruasi pertama.
Nyeri pada dismenore primer diduga berasal dari kontraksi rahim yang dirangsang oleh prostaglandin. Nyeri dirasakan semakin hebat ketika bekuan atau potonga jaringan dari lapisan rahim melewati serviks ( leher rahim ) terutama jka saluran serviksnya sempit. Faktor lain yang bisa memperburuk dismenore adalah : rahim yang menghadap kebelakang ( retroversi ), kurang berolahraga, stress psikis, atau stress sosal. Pertambahan umur dan kehamilan akan menyebabkan menghilangnya dismenore primer. Hal in diduga terjadi karena adanya kemunduran syaraf rahim akibat penuaan dan hilangnya sebagian syaraf pada akhir kehamilan.

Baratnya nyeri tergantung kepada kadar prostaglandin. Wanita yang mengalami dismenore memiliki kadar prostaglandin 5-13 kali lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang tidak mengalami dismenore. Dismenore sangat mirip dengan nyeri yang dirasakan oleh wanita hamil yang mendapatkan suntikan prostaglandin untuk merangsang persalinan. Dismenore sekunder lebih jarang ditemukan dan terjadi pada 25% wanita yang mengalami dismenore. Penyebab dari dimenore sekuner adalah : endometriosis, fibroid, adenomiosis, perdangan tuba falopi, perekatan abnormal antara organ didalam perut, pemakaian IUD. Dismenore sekunder seringkali mulai timbul pada usia 20 tahun.

Dismenore menyebabkan nyeri pada perut bagian bawah, yang bisa menjalar ke punggung bagian bawah dan tungkai. Nyeri dirasakan sebagai kram yang hilang timbul atau sebagai nyeri tumpul yang terus- menerus ada. Biasanya nyeri mulai timbul sesaat sebelum atau selama menstruasi, mencapai puncaknya dalam waktu 24 jam ( setelah 2 hari akan menghilang ). Dismenore juga sering disertai oleh sakit kepala, mual, sembelit atau diare dan sering berkemih. Kadang sampai terjadi muntah. Untuk mengurangi rasa nyeri bisa diberikan obat anti peradangan nonsteroid ( misal ibuprofen, naproxen dan asam mefenamat ). Obat ini sangat efektif jika diminum 2 hari sebelum menstruasi dan dilanjutkan sampai hari 1-2 menstruasi.

Selain itu rasa nyeri juga bisa dikurangi dengan istirahat yang cukup, olahraga yang teratur ( terutama berjalan ), orgasme pada aktivitas seksual, dan kompres hangat didaerah perut. Jika nyeri terus dirasakan, maka diberikan pil KB dosis rendah yang emngandung estrogen dan progesteron, atau diberikan medroxiprogesteron, untuk mencegah ovulasi ( pelepasan sel telur ) dan mengurangi pembentukan prostaglandin. Jika obat ini juga tidak efektif, dilakukan pemeriksaan tambahan ( misalnya laparoskopi ).

PENGOBATAN HERBAL UNTUK NYERI SEWAKTU HAID
● Nama Tanaman : GINJEAN ( Leonurus Sibiricus L )
Cara Membuat : 20 gr ginjean kering dan 10 gr corydalis ambigua ( yen hu so ) kering direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa ½ gelas. Saring, minum sehari 2 x ¾ gelas selama haid. CATATAN : herba leonuri tidak beracun, pemakaian lama tidak ada efek samping. Buahnya beracun, pemakaian 30 gr dapat menyebabkan keracunan dalam 4-6 jam. Tanda keracunan akan timbul dalam 12-48 jam setelah total pemakaian sebanyak 60-140 gr. Gejala keracunan buah : rasa lemah seluruh badan, kaki sukar digerakkan, rasa kering dan sesak didada. Wanita hamil dilarang memakai tanaman obat ini.

PENGOBATAN NYERI SEWAKTU HAID
● Nama Tanaman : JARONG ( Achyranthes Aspera Linn )
Cara Membuat : 9-15 gr kering atau 30-60 gr segar direbus, minum.

PENGOBATAN SAKIT HAID DAN BERLEBIHAN
● Nama Tanaman : BARU CINA ( Artemisia Vulgaris Linn )
Cara Membuat : 10-30 gr herba direbus lalu diminum. EFEK SAMPING : 30% pasien yang memakai rebusan daun artemisia argyl mempunyai keluhan mulut kering, rasa tidak enak dilambung, mual, muntah, mencret, pusing dan hilang bila memakai minyak daun artemisia argyl.

PENGOBATAN PERUT MULAS SEWAKTU HAID
● Nama Tanaman : JERUK NIPIS ( Citrus Aurantifolia, Swingle ).
Cara Membuat : 1 buah jeruk nipis, 1 ½ rimpang jahe sebesar ibu jari, 3 mata buah asam yang sudah masak, 1 potong gula kelapa. Jeruk nipis diperas, ambil airnya, jahe diparut. Semua bahan dicampur dan diberi ¾ gelas air masak, saring. Minum pada hari pertama haid.

PENGOBATAN SAKIT SEWAKTU HAID
● Nama Tanaman : KELAPA ( Cocos Nucifera, Linn )
Cara Membuat : 1 gelas air kelapa hijau dan 1 potong gula aren dicampur. Aduk merata. Minum 2x sehari 1 gelas, pagi dan sore selama 3 hari.

PENGOBATAN SAKIT PERUT PADA WAKTU HAID
● Nama Tanaman : PEPAYA ( Carica Papaya, Linn )
Cara Membuat : 1 lembar daun pepaya, buah asam dan garam secukupnya. Daun pepaya ditumbuk halus, campur dengan bahan lainnya sampai merata. Peras dan saring. Minum air perasannya pada saat haid.

PENGOBATAN SAKIT PERUT PADA WAKTU HAID
● Nama Tanaman : TEMULAWAK ( Curcuma Xanthorrhiza, Roxb )
Cara Membuat : 1 rimpang temulawak, 3 buah mata asam, 1 potong gula kelapa dan garam secukupnya. Temulawak diparut, rebus bersama bahan lainnya dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 2 gelas. Minum 2x sehari 1 cangkir, pagi dan sore.

PENGOBATAN HAID TIDAK TERTUR
● Nama Tanaman : ADAS ( Foeniculum Vulgare Mill )
Cara Membuat : siapkan ½ sendok teh adas, 1/5 genggam daun dan bunga srigading, ¾ sendok teh jinten hitam, ½ jari pulosari, 2 kuntum bunga kesumba keling, 2 buah jeruk nipis, gula batu sebesar telur ayam. Semua bahan dicuci lalu dipotong-potong seperlunya. Rebus semuanya dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 ¼ gelas. Setelah dingin disaring. Minum airnya 3x sehari ( setiap kali minum ¾ gelas ).

● Nama Tanaman : PRASMAN ( Eupatorium Triplinerve Vahl )
Cara Membuat : 25 gr daun prasman segar dicuci lalu dibilas dengan air masak. Tumbuk sampai lumat, lalu seduh dengan ¾ cangkir air panas. Diamkan selama 15 menit. Peras kemudian saring. Tambahkan 2 sdm madu pada air perasannya. Setelah diaduk merata, diminum sekaligus.

● Nama Tanaman : SEMBUNG ( Blumea Balsamifera ( L) DC )
Cara Membuat : 3/5 genggam daun sembung dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa ¾ nya. Minum dengan madu, sehari 3x3/4 gelas.

●Nama Tanaman : GEINJEAN ( Leonurus Sibiricus L )
Cara Membuat : ginjean dan millettia reticulata masing-masing 60 gr. Cuci dan potong-potong seperlunya. Tambahkan gula merah secukupnya. Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 ½ gelas. Setelah dingin disaring. Minum sehari 2x3/4 gelas.

● Nama Tanaman : KENCUR ( Kaempferia Galanga, Linn )
Cara Membuat : 2 rimpang kencur sebesar ibu jari, 1 lembar daun trengguli, 1 biji cengkeh tua, adas pulawaras secukupnya. Kencur dicincang, campurkan dengan bahan lainnya. Rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 2 gelas. Saring, minum sekali sehari @ 2 cangkir.

● Nama Tanaman : JERUK NIPIS ( Citrus Aurantifolia Swingle )
Cara Membuat : 3 sendok makan air jeruk nipis ditambah 1 sendok makan madu dan 2 gelas air panas. Aduk merata, minum airnya 3 kali sehari.

● Nama Tanaman : KEMUNING ( Murray Paniculata (L)Jack )
Cara Membuat : 9-15 gr akar dan daun kering atau 30-60 gr daun segar direbus atau direndam arak, lalu diminum. Atau : ½ genggam daun kemuning segar, ½ genggam daun pacar kuku ( Lawsonia inermis ) segar, 1 jari rimpang temulawak, dicuci dan dipotong-potong sepertlunya. Tambahkan 3 gelas air bersih. Rebus sampai airnya tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, Minum 2 kali sehari @ ½ gelas.

PENGOBATAN HAID TIDAK LANCAR
● Nama Tanaman : KUNYIT ( Curcuma Longa Linn )
Cara Membuat : 2 rimpang kunyit, ½ sendok teh ketumbar, ½ sendok teh biji pala, ½ genggam daun srigading. Semua bahan ditumbuk halus. Rebus dengan 1 liter air. Setelah mendidih,saring. Minum airnya 1 gelas sehari.

PENGOBATAN DARAH HAID BERLEBIHAN
● Nama Tanaman : GINJEAN ( Leonurus Sibiricus L )
Cara Membuat : 15 gr ginjean dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 ½ gelas. Setelah dingin, saring. Minum 2x ¾ gelas/ hari.

PENGOBATAN HAID TERLAMBAT
● Nama Tanaman : BAYAM
Cara Membuat : 50 gr akar bayam duri segar dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Tambahkan arak merah sampai terendam. Kemudian ditim sampai mendidih selama 15 menit. Diminum sekaligus selagi hangat.

PENGOBATAN TERLAMBAT DATANG BULAN
● Nama Tanaman : JERUK NIPIS ( Citrus Aurantifolia Swingle )
Cara Membuat : 1 buah jeruk nipis, 2 rimpang kunyit sebesar ibu jari, kapur sirih dan garam secukupnya. Jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kunyit diparut dan diperas untuk diambil airnya. Campurkan semua bahan, aduk merata, saring, diminum 1 kali sehari.

PENGOBATAN HAID TERLAMBAT
● Nama Tanaman : CALINCING ( Oxalis Curniculata Linn )
Cara Membuat : 30-60 gr tanaman segar/ kering direbus. Minum airnya.

PENGOBATAN PELURUH HAID
● Nama Tanaman : CALINCING
Cara Membuat : daun dianginkan sampai kering ( bukan dijekur ). Kemudian digiling menjadi bubuk. Ambil 9 gr bubuk, tambahkan 1 sloki arak putih yang sudah dihangatkan. Minum sebelum makan pagi.

PENGOBATAN TIDAK DATANG HAID
● Nama Tanaman : INGGU ( Ruta Angustifolia (L) Pers )
Seluruh herba dapat digunakan baik dalam bentuk segar atau kering. Herba ini rasanya memualkan. Cara Membuat : 10-15 gr herba direbus, lalu diminum airnya. Merangsang haid : 28 gr herba inggu kering direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, siap untuk diminum. Setiap kali minum cukup ½ gelas.
CATATAN :
- Perempuan hamil dilarang menggunakan tumbuhan obat ini.
- Dosis berlebihan menimbulkan tanda-tanda acronarcotic poison dan menyebabkan keguguran pada perempuan hamil.
- Beberapa zat aktif pada herba ini dapat menimbulkan hipersensitif terhadap cahaya bagi pemakainya ( fototoksik ). Setelah menggunakan herba ini, hindari terkena cahaya matahari langsung, untuk mencegah timbulnya kemerahan pada kulit, pembengkakan, sampai luka bakar. Timbulnya dermatitis dapat terjadi pada beberapa pengguna sensitif.

PENGOBATAN TIDAK DATANG HAID
● Nama Tanaman : PACAR AIR ( Impatiens Balsamina Linn )
Cara Membuat untuk peluruh haid : 3-10 gr biji direbus atau 3-6 gr bunga direbus atau 4-5 bonggol akar direbus untuk 3-4 kali minum.

PENGOBATAN DARAH HAID BANYAK
● Nama Tanaman : pacar cina ( Aglaia Odorata Lour )
Cara Membuat : 1 genggam penuh daun pacar cina segar dicuci bersih lalu direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring dan diminum 2 kali sehari masing-masing ½ gelas. CATATAN : perempuan hamil dilarang minum.

PENGOBATAN HAID TIDAK TERATUR
● Nama Tanaman : PECUT KUDA ( Stachytarpheta Jamaicensis (L) Vahl )
Cara Membuat : 15-30 gr herba kering atau 30-60 gr herba segar direbus. PERHATIAN : wanita hamil dilarang minum rebusan daun ini ( keguguran ).

PENGOBATAN TERLAMBAT HAID
● Nama Tanaman : PINANG ( Areca Catechu L )
Cara Membuat : 5 gr biji kering atau 5 gr sabut direbus. Minum airnya. EFEK SAMPING : senyawa alkaloid yang dikandung pada buah cukup berbahaya untuk sistem syaraf. Yang umum terjadi adalah mual dan muntah ( 20-30% ) sakit perut, pening, nervous. Untuk mengurangi kejadian muntah, minumlah rebusan obat setelah dingin.
TANDA-TANDA KELEBIHAN DOSIS : banyak keluar air liur ( qalivation ), muntah, potassium permanganate dan injeksi atropine. Pemakaian biji pinang sebaiknya yang telah dikeringkan, atau lebih baik lagi bila biji pinang kering direbus dahulu sebelum diminum. Kebiasaan mengunyah biji pinang dapat meningkatkan kejadian kanker mukosa pipi ( buccal cancer ).

PENGOBATAN PERDARAHAN MENSTRUASI FUNGSIONAL ( Functional Uterine Bleeding )
● Nama Tanaman : KAKTUS PAKIS GIWANG ( Euphorbia Mili Ch. Des Moulins )
Cara Membuat : 10-15 bunga segar, ditambah daging lalu direbus sebagai soup. Bila timbul mencret ( diarrhea ) yang berlebihan setelah minum obat ini, minum rebusan glycyrrhiza (gancao) sebagai antidote.

PENGOBATAN PENDARAHAN HAID
● Nama Tanaman : KOMPRI ( Symphytum Officinale L. Em ).
Cara Membuat : 20-30 gr akar segar direbus, lalu diminum airnya. Menghentikan pendarahan : 20 gr akar kompri segar digiling halus, tambahkan sedikit anggur pada air perasannya, lalu diminum. CATATAN : pemakaian berlebihan menyebabkan keracunan ( kerusakan hati ). Penelitian terakhir mengungkapkan kalau kompri adalah tumbuhan yang bersifat karsinogenik ( dapat menyebabkan kanker ).

PENGOBATAN BAU AMIS SEWAKTU HAID
● Nama Tanaman : TEMULAWAK ( Curcuma Xanthirrhiza, Roxb )
Cara Membuat : 1 rimpang temulawak, 5 buah mata asam dan 1 potong gula kelapa. Temulawak diiris tipis-tipis dan diangin-anginkan, kemudian bersama bahan lainnya ditaruh dalam waskom ( rantang/ panci ). Tuangkan 2 gelas air panas dan tutup rapat selama 15 menit. Saring, airnya dim9num 3 kali ( 1 kali sehari ).

PENGOBATAN MATI HAID ( MENOPAUSE )
● Nama Tanaman : TERATAI ( Nelumbo Druce )
Cara Membuat : 240 gr rimpang direbus atau dijuice. Minum.



Penulis bukan seorang ahli medis,therapis, atau seorang dokter profesional, artikel diatas hanyalah sebuah informasi dari berbagai sumber yang bisa dipercaya, artikel ini bisa anda jadikan referensi dan pengetahuan, untuk aplikasi pengobatan yang lebih aman, selalu konsultasikan dengan therapis, ahli medis dan dokter anda
Share :
PreviousPost
NextPost

Author:

0 Comments:

Rekomendasi