DESAIN-MODEL KAMAR MANDI KECIL TETAP NYAMAN

 KAMAR MANDI KECIL TETAP NYAMAN
DESAIN-MODEL KAMAR MANDI KECIL TETAP NYAMAN. Sebuah hunian atau rumah tidak pernah lepas dengan yang namanya kamar mandi. Kamar mandi merupakan bagian penting yang tidak terpisahkan dengan sebuah hunian, karena kamar mandi mempunyai fungsi vital dalam kehidupan manusia.
Meski menjadi fungsi vital, tetap saja kamar mandi adalah bagian integral dari sebuah bangunan yang entah sampai kapan letaknya selalu berada dibelakang dan terabaikan, karena berurusan dengan bau yang tidak sedap dan urusan-urusan mendesak yang terlalu pribadi. Kamar mandi pada kebanyakan orang hanyalah merupakan sisa space karena alasan keterbatasan lahan pada rumah mereka, terpojok, terlewatkan dan jarang dijamah jika tidak perlu.

Namun demikian fungsi pokok dari sebuah kamar mandi tetaplah vital dan tidak bisa kita pungkiri, dimana fungsi kamar mandi adalah sebagai tempat mandi dan membersihkan badan, buang air besar maupun buang air kecil haruslah tetap kita usahakan senyaman mungkin. Untuk mewujudkan sebuah kamar mandi kecil namun tetap nyaman, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan.

  • Aspek Media dan air. Air merupakan faktor utama pada sebuah kamar mandi. Pada sebuah kamar mandi berdesain kecil, penggunaan shower akan menghemat tempat atau ruangan kamar mandi karena kepraktisannya. Namun untuk orang Indonesia dan daerah tropis kebanyakan yang bersuhu hangat/panas, penggunaan air shower yang memancar kurang memberikan efek sensansi mandi yang menyegarkan. Jika mandi dengan gayung menjadi pilihan, maka mau tidak mau anda harus tetap menggunakan bak mandi.
    Untuk mengurangi sebuah bak mandi penampung air yang terlalu memakan tempat, ada baiknya kita bisa mengganti bak mandi permanen dengan menggunakan berbagai macam ember dan guci dengan aneka bentuk dan rupa. Untuk penggunaan kloset, silahkan anda pilih sesuai selera dan kebiasaan, apakah kloset jongkok atau kloset duduk. Jika sudah terbiasa menggunakan kloset jongkok, jangan paksakan dengan menggunakan kloset duduk hanya demi alasan trend dan gengsi. Bahkan beberapa sumber mengatakan ternyata kloset jongkok mengurangi risiko anda terkena wasir, karena posisi jongkok tidak terlalu membutuhkan energi ekstra untuk mengejan daripada BAB pada posisi duduk.

  • Aspek visual, aspek visual ini menjadi sangat penting pada sebuah kamar mandi kecil utuk memberikan kesan luas. Agar kamar mandi terkesan luas, sebaiknya pilihlah keramik dan warna cat dinding yang berwarna terang. Sedangkan untuk warna lantainya silahkan anda pilih sesuai dengan selera masing-masing. Lantai kamar mandi yang berwarna terang bisa menjadi pilihan, namun harus rajin membersihkan karena kotoran gampang terlihat, sedangkan yang gelap kotoran tidak mudah terlihat. Batuan andesit juga bisa menjadi pilihan alternatif untuk lantai kamar mandi karena sifatnya yang kuat, berpori-pori, kesat, tahan lumut dan tidak licin.

  • -MODEL KAMAR MANDI
  • Aspek sirkulasi udara. Sirkulasi udara dalam kamar mandi kecil agar tetap nyaman tentu saja harus menjadi perhatian. Selain membuat ventilasi pada dinding, kita juga bisa membuat lubang udara pada plafon. Karena sirkulasi udara yang baik akan dengan cepat membantu menetralisir bau-bauan yang tidak sedap pada sebuah kamar mandi.
Demikian share saya mengenai desain-model kamar mandi kecil tetap nyaman, semoga bermanfaat. Sebagai penutup artikel, ada sebuah ungkapan bahwa kamar mandi adalah cerminan sebuah keluarga, jika kamar mandinya bersih dan nyaman maka tak diragukan lagi bahwa keluarga tersebut dapat dipastikan memiliki pola hidup bersih dan sehat.
Share :
PreviousPost
NextPost

Author:

Rekomendasi