Mengatasi printer blinking dengan reset manual

Printer, peripheral wajib yang satu ini tak pelak lagi sering merepotkan kita kalau sedang ngadat, bahkan kita sering harus rela berkotor-kotor jika berurusan dengan refill dan cartridge. 

Apalagi kalau sedang blinking, pusiiing. Setelah googling sana-sini, akhirnya ketemu juga caranya. Ternyata trick reset printer blinking secara umum sama persis dengan yang pernah aku praktekan  (dikasih tau bengkel sebelah)...byar  amnesiaku hilang (ooo...iyo ding). 

Cuma saja pengalamanku dengan trick ini baru sebatas printer merk Canon, dari sumber artikel yang aku baca sih dapat dilakukan pada semua jenis printer terutama Canon, Epson dan Hp inkjet semua type.

Blingking ditandai dengan lampu Led menyala secara bergantian kelap-kelip. Ini bisa terjadi karena pada umumnya printer membatasi jumlah print out (pencetakan) yang diakumulasikan hingga batas tertentu. 

Dan apabila telah melebihi ambang batas yang ditetapkan (overload) maka akan blinking. 

Solusinya? ya harus direset. Ada 2 cara reset. yang pertama adalah dengan melakukan reset permanen yaitu dengan menggunakan Software Resetter, dan software reset tersebut harus sudah ter install di dalam komputer. Sehingga cara reset ini dengan menggunkan komputer sebagai alat untuk menjalankan progam reset tersebut.  

Softwarenya tidak di share disini, tapi kalau anda penasaran untuk printrer Epson gunakan software SSC Service Utility yang dapat didownload di  http://www.ssclg.com/epsone.shtml

Untuk merk lain banyak kok (lagi males sharing download software nih..koneksinya lagi merem melek), silahkan googling saja gunakan keyword yang pas..pasti kena. 

Sebetulnya reset dengan software ini bisa dikatakan praktis ngga praktis, karena disarankan kita harus ganti dulu absorbernya / busa atau minimal cabut dulu absorbernya lalu bersihkan. Huaahh malesnya blepotan lagi, Mendingan dengan cara manual saja, mari kita praktekkan :

1. Silahkan berdo'a menurut kepercayaan anda.

2. Sementara printer masih dalam posisi On, cabut kabel power printer (otomatis printer akan off).

3. Lalu tekan tombol Power On printer, kemudian tahan (jangan dilepas), segera pasang kembali kabel power printer.

4. Setelah kabel terpasang, tombol "Power On" masih belum dilepas (ditahan) lalu tekan tombol Resume 2 kali dengan cepat.

5. Kemudian lepaskan semua (tombol Power dan Resume)bersama-sama.

6. Semoga berhasil...kalau tidak berhasil..ulangi lagi...lagi dan lagi...sampai bosan...kalu sudah bosan baru pakai software atau bawa ke bingkil...hehe...

Buat yang sudah banyak makan asam & garam mengenai printer silahkan ralat tulisan ini dan share disini pengalamannya.
Share :
PreviousPost
NextPost

Author:

0 Comments:

Rekomendasi