Dongeng Nenek tua dan Ikan Gabus.

Dongeng Nenek tua dan Ikan Gabus. Masih ingat gambar di bawah ini? ya itu sebuah ilustrasi di buku Bahasa Indonesia Kelas 3 SD di tahun 80 an. Kalau tidak salah ilustrasi buku-buku pelajaran tersbut hasil goresan tangan dari Drs. Suyadi (Pak Raden). Ilustrasi tersebut untuk sebuah dongeng "Nenek tua dan ikan-ikan Gabus". Berikut dongeng singkat tersebut.
Dongeng Nenek tua dan Ikan Gabus.

Pada suatu hari si nenek pergi sungai yang mengering dan nampak sekumpulan ikan gabus yg nyaris semuanya akan kehabisan air untuk berenang. Dan si nenek bergegas ingin mengambil ikan tersebut dgn harapan bisa untuk lauk dan sebagian bisa di jual ke pasar.

Namun tiba-tiba ikan gabus tersebut bersuara yang bunyinya "YA TUHAN BERILAH HAMBA AIR KARNA KAMI NYARIS MATI KEKERINGAN". Dan tiba-tiba hujan pun turun dengan lebatnya dan si nenek tidak jadi mengambil ikan gabus tersebut dan langsung pulang.

Setelah di rumah, si nenek ingat perkataan ikan gabus yg meminta hujan sama Tuhan dn tiba-tiba di kabulkan, maka si nenek pingin juga melakukannya. Setiap pagi siang petang dan malam nenek selalu mengikuti ucapan ikan gabus "YA TUHAN BERILAH HAMBA UANG".

Namun tetangga si nenek ada yang merasa terganggu dengan ulah si nenek yang setiap saat selalu berdoa meminta uang sama Tuhan. Akhirnya si tetangga tadi bersama anaknya mengerjai si nenek dengan diam-diam naik kae atas atap rumah si nenek dengan membawa sekarung pecahan genteng dan di jatuhkn tepat di depan si nenek. 

Terkejutlah si nenek dan segera membuka karung yang jatuh dari atap seraya membuka karung dan ternyata isinya uang seraya berucap "TERIMA KASIH TUHAN ENGKAU TELAH MENGABULKAN DOA KU". Tetangga si nenek yg melihat dari atas atap melongo benar-benar tidak percaya apa dia lihat kok tiba-tiba pecahan genteng yangg di jatuhkn berubah menjadi uang.

Besoknya tetangga si nenek menyuruh anaknya naik ke atas atap rumah sambil membawa sekarung pecahan genteng untuk dijatuhkan di depan nya sambil mengikuti doa si nenek. Tapi apa yang terjadi malah karung yang berisi pecahan genteng menimpa tubuhnya dan akhirnya tetangga si nenek  luka parah. Sekian. selamat bernostalgia. hehe.
Share :
PreviousPost
NextPost

Author:

0 Comments:

Rekomendasi