NAMA-NAMA GUNUNG BERSEJARAH DALAM ISLAM

NAMA-NAMA GUNUNG BERSEJARAH DALAM ISLAM
NAMA-NAMA GUNUNG BERSEJARAH DALAM ISLAM. Dalam menjalankan dakwah Islamnya, Baginda Nabi Muhammad SAW banyak menemui tantangan dan hambatan yang dialami dalam menjalankan misi menyempurnakan akhlak manusia yang mulia tersebut. Bahkan, seringkali nyawanya terancam. Dalam perjalanan dakwahnya Baginda Nabi banyak melalui dan singgah di tempat-tempat yang menjadi sejarah kemudian. Diantaranya adalah tiga gunung atau jabal, yaitu Jabal Nur, Jabal Tsur, dan Jabal Rahmah. Serta 1 buah gunung lainya yaitu Jabal Uhud.

  • Jabal Uhud.  Jabal Uhud adalah bukit terpanjang di Madinah yang membentang 6 km. Nama Jabal Uhud bisa diartikan sebagai bukit yang menyendiri. Berbeda dengan umumnya bukit dan gunung di Madinah yang saling menyambung, Jabal Uhud tidak bersambungan. Jabal Uhud menjadi saksi bisu dari Perang Uhud di tahun 625 silam. Sebanyak 70 orang syuhada gugur dan dimakamkan di sana. Dahulu Nabi Muhammad kerap ziarah ke Jabal Uhud. Sehingga kemudian umat Muslim yang ke Tanah Suci untuk umroh atau haji pun kerap datang ke Jabal Uhud untuk berziarah. 
    jabal uhud
    Jabal Uhud
  • Jabal Rahmah. Gunung batu ini terletak di bagian timur Padang Arafah di Makkah. Gunung ini menjadi saksi abadi pertemuan Adam dan Hawa setelah ratusan tahun berpisah setelah diturunkan Allah dari surga. Di tempat ini Rasulullah menerima wahyu yang terakhir, yaitu Surah al-Maidah ayat 3. Turunnya ayat ini membuat para sahabat bersedih karena mereka merasa akan kehilangan Rasulullah. Dan memang, tak berapa lama kemudian Rasulullah wafat.
    jabal rahmah
    Jabal Rahmah
  • Jabal Nur. Di Jabal Nur terdapat sebuah gua yang sangat bersejarah, yaitu Gua Hira. Di gua inilah Rasulullah sering menyepi dan merenung. Hingga akhirnya Allah menurunkan wahyu pertama kenabiannya di gua ini, yaitu Surah al-'Alaq ayat 1 sampai 5, tepatnya pada 17 Ramadhan.
    jabal nur
    Jabal Nur
  • Jabal Tsur. Jabal Tsur atau Gunung Tsur memiliki sejarah tinggi. Di Gua Tsur yang terdapat di gunung ini, Rasulullah pernah bersembunyi dari kejaran kaum kafir Quraisy saat berhijrah dari Makkah ke Madinah. Saat itu Rasulullah ditemani oleh Abu Bakar Ash Shidiq.
jabal tsur
Jabal Tsur
Share :
PreviousPost
NextPost

Author:

2 komentar:

  1. Artikel yang sangat bermanfaat, kamu bisa membaca artikel lain di link ini http://news.unair.ac.id/tag/islam/

    BalasHapus
  2. Thank you visit back to my blog

    BalasHapus

Rekomendasi