GAMBAR BENTUK-KEADAAN & ROTASI BUMI

Monggo di Print

GAMBAR BENTUK-KEADAAN & ROTASI BUMI. Bumi merupakan satu-satunya planet yang memiliki atmosfer dan suhu yang memungkinkan terjadinya kehidupan. Suhu di bumi sangat beragam. Di daerah kutub yang tertutup es suhunya dapat mencapai -70 derajad Celcius. Sebaliknya daratan yang terpanas yaitu gurun pasir di sekitar khatulistiwa suhunya dapat mencapai 55 derajad Celcius.

Daerah kutub, suhu terdingin di bumi
Padang pasir, suhu terpanas di bumi
Keadaan Bumi.
Pantai-batas daratan dan lautan
Permukaan bumi diselimuti oleh atmosfer. Atmosfer terdiri atas gas-gas seperti nitrogen [79%], oksigen [21%], argon, hidrogen, karbon dioksida, dan helium. Diameter Bumi 12.102 km, sedangkan jarak bumi ke matahari 150 juta kilometer. Kira-kira 7l% dari luas bumi berupa lautan,selebihnya daratan.

Bumi sbg tempat kehidupan
Bumi merupakan tempat kehidupan karena lingkungan yang mendukung, seperti suhu permukaan bumi tidak telalu panas dan tidak terlaiu dingin. Terdapat kandungan air yang melimpah dan kandungan organik di bumi yang memungkinkan manusia, hewan, dan tumbuhan dapat terus berkembang untuk mempertahankan hidupnya.

Bentuk Bumi
Bentuk bumi kita seolah-olah datar. Dalam keadaan yang sebenarnya bumi bentuknya bulat. Hal-hal sebagai bukti bahwa bumi bulat adalah sebagai berikut.

Hasil pemotretan Bumi
  1. Jika seseorang berlayar ke arah barat, orang itu akan kembali ke tempat semula dari arah yang beriawanan.
  2. Pada saat terjadi gerhana bulan, bagian bulan yang tertutup bayangan bumi membentuk lengkungan.
  3. Jika kita berada di pelabuhan melihat kapal dari kejauhan, yang tampak terlebih dahulu ujung kapal dan akhirnya baru semua badan kapal.
  4. Ketika menjelang matahari terbit atau terbenam, di ufuk timur atau barat tampak kemerah-merahan.
  5. Hasil pemotretan bumi menunjukkan bentuk bumi bulat.
Gerakan Bumi
Claudius Ptolomaeus [100-170]
Orang zaman dahulu menganggap bahwa bumi tidak bergerak, justru yang bergerak adalah matahari. Claudius Ptolomaeus [100-170] berpendapat bahwa bumi sebagai pusat tata surya. Menurutnya bumi diam dan matahari berputar mengelilingi bumi. Siang dan malam terjadi karena matahari mengelilingi bumi. Pendapat ini dikenal dengan teori geosentris [geo: bumi; sentris: pusat].

Gambar teori geosentris, bumi sbg pusat tata surya


Nicolaus Coopernicus [1473-1543]
Pendapat itu bertahan hampir 1.000 tahun sampai akhirnya Nicolaus Coopernicus [1473-1543] membantah teori Geosentris. Coopernicus berpendapat bahwa sebenarnya matahari pusat tata surya dan bumi mengelilingi matahari. Pendapat ini dikenal dengan teori Heliosentris [helio : matahari]. Pendapat Coopernicus didukung oleh Johannes Keppler [1571-1630] dan Galileo Galilei [1564-1642]. Dia adalah ilmuwan yang menemukan teropong antariksa.

Gambar teori heliosentris, matahari sbg pusat tata surya

Johannes Keppler [1571-1630]
Galileo Galilei [1564-1642]
Telescope Galileo Galilei

Rotasi Bumi
Apakah rotasi bumi itu? Perputaran Bumi pada porosnya disebut rotasi. Bumi membutuhkan waktu 24 jam untuk berotasi satu putaran penuh. Rotasi Bumi menyebabkan beberapa kejadian, antara lain peredaran semu benda langit, pergantian siang dan malam, serta perbedaan waktu.


Peredaran Semu Benda Langit
Setiap hari kita melihat matahari terbit di timur dan tenggelam di barat. Sebenarnya matahari diam dan bumi yang bergerak. Peristiwa tersebut dikatakan peredaran semu benda langit, karena kita melihat matahari yang berputar sedangkan bumi tidak. Mengapa matahari dan bulan terlihat muncul dari arah timur dan tenggelam di barat? ltu karena arah rotasi bumi berlawanan dengan arah perputaran jarum jam atau arah rotasi bumi dari barat ke timur.

Description: GAMBAR BENTUK-KEADAAN & ROTASI BUMI Rating: 5.0 Reviewer: Woody ItemReviewed: GAMBAR BENTUK-KEADAAN & ROTASI BUMI
Anda sedang membaca artikel GAMBAR BENTUK-KEADAAN & ROTASI BUMI dan artikel ini url permalinknya adalah http://www.frewaremini.com/2015/05/gambar-bentuk-keadaan-rotasi-bumi.html
Semoga artikel GAMBAR BENTUK-KEADAAN & ROTASI BUMI ini bisa bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

siapa saja... silahkan berkomentar sesuai dengan bahasan tema postingan, terima kasih atas kunjungannya sobat :)

 
DMCA.com