loading...

GAMBAR SUMBER DAYA ALAM DAPAT DIPERBAHARUI DAN TIDAK DAPAT DIPERBAHARUI

Monggo di Print

GAMBAR SUMBER DAYA ALAM DAPAT DIPERBAHARUI DAN TIDAK DAPAT DIPERBAHARUI
GAMBAR SUMBER DAYA ALAM DAPAT DIPERBAHARUI DAN TIDAK DAPAT DIPERBAHARUI. Berikut artikel di bawah ini adalah Gambar sumber daya alam dapat diperbaharui [sda terbarukan] dan tidak dapat diperbaharui [sda tak terbarukan]. Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang tersedia di alam untuk mernenuhi kebutuhan hidup manusia. Karena setiap hari manusia membutuhkan makanan, baik yang berasal dari tumbuhan maupun hewan. Danjuga memerlukan berbagai macam sumber tenaga, seperti kayu, minyak bumi, gas alam, dan sebagainya. Semua itu disebut sumber daya alam.

Berdasarkan jenis bendanya, sumber daya alam dapat dikelompokkan menjadi dua golongan, yaitu:
  • Sumber daya alam hayati. Misalnya: manusia, hewan, tumbuhan dan air.
  • Sumber daya alam non hayati, Misalnya bahan tambang dan bahan galian.
Berdasarkan kelestariannya sumber daya alam dibagi menjadi dua, yaitu:
  • Sumber daya alam yang dapat diperbaharui [sda terbarukan] yaitu, Sumber daya alam yang tidak akan habis walaupun digunakan secara terus-menerus karena dapat diusahakan agar selalu tersedia.
Yang termasuk sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah tumbuhan, hewan, tanah, air, dan udara.

Pelestarian tanah dapat dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut :

- Membuat sengkedan (terasiring) pada tanah persawahan di lereng-lereng pegunungan maupun tanah ladang.
- Membuat saluran air atau irigasi yang benar dan teratur.
- Menanam jenis-jenis tanaman secara bergilir.
- Tidak menebang hutan secara liar.
- Tidak membuang sampah disembarang tempat, karena dapat menimbulkan polusi tanah dan merusak susunan tanah.
- Tidak memupuk tanah dengan pupuk berbahan kimia.
- Penanaman kembali hutan yang gundul [reboisasi].
- Mencegah terjadinya kebakaran hutan.
- Tidak berladang secara berpindah-pindah.

GAMBAR SUMBER DAYA ALAM DAPAT DIPERBAHARUI DAN TIDAK DAPAT DIPERBAHARUI

Hutan sangat penting bagi kehidupan. Hutan yang gundul dapat mendatangkan bahaya banjir dan tanah longsor. Penebangan hutan sembarangan juga akan mematikan sumber-sumber air yang terdapat didalamnya. Oleh sebab itu, penebangan hytan hays diritur secara bijaksana dan perlu diadakan cagar alam dan suakamargasatwa uniuk melindungi jenis-jenis tumbuhan dan binatang langka yang hampir punah karena diburu oleh manusia.

  • Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui [sda tak terbarukan] adalah sumber daya alam yang bila digunakan secara terus menerus akan habis, sedangkan manusia tidak dapat membuatnya atau memperbaharuinya.
Mineral termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Mineral adalah suatu barang tambang yang bukan berasal dari tumbuhan. Yang termasuk mineral antara lain, emas, besi, perak, tembaga, timah, nikel, aluminium, intan, belerang, dan yodium.

GAMBAR SUMBER DAYA ALAM DAPAT DIPERBAHARUI DAN TIDAK DAPAT DIPERBAHARUI

Batu bara dan minyak tidak termasuk mineral karena berasal dari binatang dan tumbuhan renik yang telah mati dan tertimbun tanah berjuta-juta tahun yang lalu.

LOGAM
Dalam kehidupan sehari-hari ada 7 macam logam yang banyak digunakan untuk rnembuat barang-barang, antara lain sebagai berikut :

Besi
merupakan logam yang paling banyak digunakan oleh manusia untuk berbagai peralatan. Misalnya untuk kendaraan bermotor, jembatan, berbagai mesin, dan alat-alat rumah tangga. Besi hasil tanur tinggi bila dicampur dengan karbon dan logam-logam lain menjadi baja. Pabrik pengolahan besi dan baja terdapat di Cilegon [Jawa Barat]. Baja tahan karat disebut stainless steel, terbuat dari campuran besi. Nikel dan krom.

Tembaga
Sebagai penghantar panas yang baik, tembaga banyak digunakan untuk kawat listrik, kawat telepon, dan alat memasak. Bijih tembaga terdapat dipegunungan Jayawijaya [Papua]. Tembaga termasuk logam lunak. Agar menjadi lebih keras harus dicampur logam lain. Campuran berbagai logam disebut paduan logam. Campuran tembaga, timah dan seng menghasilkan perunggu. Campuran tembaga dan seng menghasilkan kuningan atau Loyang.

GAMBAR SUMBER DAYA ALAM DAPAT DIPERBAHARUI DAN TIDAK DAPAT DIPERBAHARUI

Aluminium
Aluminium mempunyai sifat tahan karat dan sangat ringan. Bijih aluminium disebut bauksit. yang banyak dihasilkan dari Pulau Bintan dan Singkawang. Karena sifatnya yang ringan, mengkilap, tidak mudah berkarat, mudah menghantarkan panas, dan penggunaannya lebih praktis, maka aluminium digunakan untuk membuat perabot dapur. Aluminium juga dipakai sebagai bahan baku pembuatan Pesawat terbang.

Emas.
Emas terrnasuk golongan logam mulia karena bersifat tahan karat dan tidak bereaksi dengan asam. Emas digunakan untuk membuat macam-macam perhiasan. Tambang€emas terdapat di Cikotok [Jawa Barat] dan Rejang Lebong [Bengkulu], serta dieksplorasi besar-besaran di Papua oleh Freeport.

Penghitungan Kadar Emas [dalam karat]. Kadar emas dinyatakan dalam karat. Emas murni berkadar 24 karat [100%]. Untuk dibuat perhiasan, emas harus dicampur logam lain. Emas 22 karat: 91,66%, artinya 91,66% adalah emas dan 8,34% adalah logam lain. Emas 13 karat mempunyai kemurnian 23/24 x 100% = 95,83%, artinya 95,83% adalah emas dan 4,17% adalah logam lain.

Perak
Perak banyak dihasilkan dari Yogyakarta dan Kendari. Banyak barang yang terbuat dari perak, termasuk juga perhiasan dan barang-barang kerajinan lainnya.

Timah
Bijih timah dihasilkan di Pulau Bangka,Belitung,dan Singkep. Peleburan timah terdapat di Muntok. Timah digunakan untuk mematri, barang-barang kerajinan maupun pelapis kaleng agar tidak berkarat.

Nikel
Bijih nikel terdapat di daerah Soroako [Sulawesi tengah]. Nikel mempunyai sifat tahan karat, bila dipoles mengkilap. Nikel digunakan untuk membuat onderdil sepeda motor, dan sebagainya. Barang-barang yang dilapisi Nikel disebut divernikel.


Batubara
Disebut juga arang bate. Berasal dari tumbuhan rawa yang tertimbun oleh endapan tanah berjuta-juta tahun yang silam. Karena letaknya di dalam bumi, pengambilan batu bara dilakukan dengan cara penambangan. Batubara dapat diolah menjadi serat buatan, nilon, zat pewama, gas amoniak, politur kayu, tern, bahan pengawet kayu, cat, dan sebagainya. Batu bara juga digunakan sebagai bahan bakar untuk menggerakkan generator pernbangkit tenaga listrik. Batu bara juga,dapat dibuat menjadi karet sintesis, plastik, gas dan bahan peledak.

Minyak bumi
Berasal dari jasad renik laut dan hewan yang terpendam selama jutaan tahun dan mengendap di dasar laut. Pengambilan minyak bumi dari dalam tanah dengan mengebor. Pengeboran dilakukan hingga mencapai titik surnber minyak bumi itu berada.

Minyak yang masih bercampur lumpur dipompa keluar dan disalurkan melalui pipa-pipa ke dalam pabrik. Di dalam pabrik minyak tersebut dibersihkan [diolah]. Dari pengolahan atau penyulingan minyak bumi akan menghasilkan berbagai bahan, antara lain :

- Bensin untuk bahan bakar kendaraan bermotor.
- Kerosin atau minyak tanah.
- Vaselin untuk kosmetik, campuran salep, dan obat-obatan.
- Paraffin untuk bahan pembuatan film.
- Solar untuk bahan bakar mesin diesel.
- Oli untuk pelicin gigi roda.
- Aspal sebagai pengeras jalan.

Gas yang keluar dari dalam bumi disebut gas alam. LPG [Liquefeld Petroleum Gas] adalah gas alam yang diubah dalam bentuk cair, digunakan sebagai bahan bakar kompor gas, mesin kendaraan dll.

Demikian share frewaremini.com mengenai gambar sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam tidak dapat diperbaharui yang biasa juga disebut sumber daya alam terbarukan dan sumber daya alam tak terbarukan. Terima kasih telah berkunjung semoga bermanfaat. Salam hangat dari admin.

Description: GAMBAR SUMBER DAYA ALAM DAPAT DIPERBAHARUI DAN TIDAK DAPAT DIPERBAHARUI Rating: 5.0 Reviewer: frewaremini ItemReviewed: GAMBAR SUMBER DAYA ALAM DAPAT DIPERBAHARUI DAN TIDAK DAPAT DIPERBAHARUI
Anda sedang membaca artikel GAMBAR SUMBER DAYA ALAM DAPAT DIPERBAHARUI DAN TIDAK DAPAT DIPERBAHARUI dan artikel ini url permalinknya adalah http://www.frewaremini.com/2015/03/gambar-sumber-daya-alam-dapat-diperbaharui-dan-tidak-dapat-diperbaharui.html
Semoga artikel GAMBAR SUMBER DAYA ALAM DAPAT DIPERBAHARUI DAN TIDAK DAPAT DIPERBAHARUI ini bisa bermanfaat.

2 comments:

  1. makasih atas informasinya,sangat menambah ilmu pengetahuan.
    http://www.sinidomino.com/

    ReplyDelete
  2. Terimakasih min...

    sangat Bermanfaat bgt ☻ ♥ ☺

    ReplyDelete

siapa saja... silahkan berkomentar sesuai dengan bahasan tema postingan, terima kasih atas kunjungannya sobat :)

 
DMCA.com