TIPS MEMILIH HADIAH ULANG TAHUN YANG TEPAT

TIPS MEMILIH HADIAH ULANG TAHUN YANG TEPAT
TIPS MEMILIH HADIAH ULANG TAHUN YANG TEPAT. Memilih hadiah ulang tahun untuk istri, suami, ayah, ibu, pacar, sahabat, rekan kerja, remaja dan anak-anak serta orang-orang terdekat di sekitar kita dengan tepat-pas memang susah-susah mudah. Pada prinsipnya hadiah ulang tahun ditujukan sebagai ungkapan perhatian kita terhadap seseorang yang sedang melewati hari, tanggal dan bulan kelahirannya. Bagi sebagian orang ulang tahun merupakan moment untuk diperingati, namun lebih banyak menganggap moment ulang tahun adalah hal biasa yang tidak perlu untuk diperingati.

Jika dikaitkan dengan masalah dana, memang perlu anggaran ekstra untuk kegiatan ini. Apalagi jika dikaitkan dengan tuntunan agama, memperingati hari ulang tahun memang tidak ada dalam ajaran. Namun sah-sah saja jika anda berbagi perhatian memberikan hadiah ulang tahun kepeda rekan, sahabat, orang-orang terdekat baik istri, suami, ayah, ibu dan anak sebagai bentuk halus pengingat dan penanda bertambahnya usia, agar yang bersangkutan menjadi mawas diri walaupun yang bersangkutan tidak memperingatinya. Karena adakalanya sebagian orang lupa bahwa hari tersebut adalah hari ulang tahunnya dimana saat hitungan jumlah umurnya bertambah sedangkan jatah usianya semakin berkurang.

Emosi sesaat seseorang pada waktu menerima hadiah ulang tahun tentu saja sangat memberi kesan terhadap anda sebagai bentuk kepedulian dan perhatian. Namun secara garis besar, khususnya bagi orang yang sudah dewasa dan mampu berfikir ada semacam olah psikologis kelanjutan, yaitu sikap mawas diri dimana segera dia tersadar bahwa usianya semakin bertambah. Itulah nilai plusnya, hadiah ulang tahun adalah sebagai bentuk perhatian sekaligus sebagai pengingat penanda usia pada orang terdekat untuk mawas diri, apalagi jika anda tambahkan kartu ucapan ulang tahun dengan kalimat yang tepat.

TIPS MEMILIH HADIAH ULANG TAHUN YANG TEPATBentuk mawas diri ini tentu saja berbeda-beda untuk tingkatan usia, pada usia dini atau anak-anak tentu saja mereka belum mampu membentuk rasa dan sikap mawas diri, untuk ini harus kita arahkan sesuai dengan bahasa dan lingkup emosional serta perkembangan anak dengan bahasa persuasif agar mengerti bahwa usianya telah bertambah dengan segala konsekuensinya, untuk membentuk kepribadian yang positif.

Kembali kepada tips memilih hadiah ulang tahun yang tepat-pas. Hadiah ulang tahun semata-mata hanya untuk menyenangkan dan memberikan perhatian kepada orang-orang terdekat sebagai bentuk komunikasi sosial pada tataran yang lebih privat. Di sini saya mengkategorikan hadiah ulang tahun menjadi 3 jenis :
  1.  Hadiah ulang tahun dengan asas manfaat.
  2. Hadianh ulang tahun dengan asas hiburan.
  3. Hadiah ulang tahun dengan asas kejutan.
  • Hadiah ulang tahun berdasarkan asas manfaat lebih cocok anda berikan kepada orang-orang berusia lanjut, sebut saja hadiah kepada kedua orang tua kita, cocok juga untuk rekan kita yang sedang membina rumah tangga baru [semacam kado pernikahan/ sambil menyelam minum air]. Dalam hal ini hadiah tidak mesti yang mahal-mahal, yang berharga murahpun tak masalah sepanjang kaidah asas manfaat itu lebih berharga dari nilai nominalnya, tentu mereka akan menerima hadiah itu dengan sangat senang hati sebagai bentuk perhatian anda terhadap hal-hal kecil yang mereka butuhkan.

    Hadiah ulang tahun jenis ini juga cocok anda berikan kepada anak-anak yang masih sekolah berupa hadiah-hadiah untuk menunjang proses belajarnya. Untuk anak-anak pra-sekolah sebaiknya anda berikan hadiah-hadiah ringan berupa mainan yang bermanfaat untuk merangsang kreatifitas dan motoriknya.
  • Hadiah ulang tahun berdasarkan asas hiburan lebih cocok anda berikan kepada orang-orang di bawah usia anda, remaja, anak-anak. Dalam hal ini hadiah ulang tahun dengan asas hiburan lebih ditujukan untuk membuat mereka menjadi senang dengan perhatian anda, bahwa anda mengerti terhadap kesenangan dan bentuk-bentuk hobby yang mereka butuhkan. Bentuk hadiah tentu saja bervariasi ada yang mahal ada yang murah tergantung kesenagan dan hobby dari pribadi yang akan kita berikan hadiah.

    Selain yang saya sebutkan di atas hadiah ulang tahun dengan asas hiburan ini juga cocok anda berikan kepada orang terdekat anda semisal calon suami atau calon istri anda dan orang-orang yang secara emosional dekat dengan anda sehingga tahu persis apa kesukaannya. Jenis hadiah ini tentu saja tidak baku mesti harus berupa barang, namun bisa berupa makanan, traktir makan/minum kesenangannya, ticket nonton/ hiburan dll.
  • Hadiah ulang tahun dengan dengan asas kejutan sangat cocok anda berikan kepada rekan-rekan kerja, sahabat terdekat dan orang-orang yang secara emosional sangat dekat dengan anda semisal pacar/ suami atau  istri anda. Kejutan disini tentu saja bisa berupa hal-hal yang disukainya atau bahkan hal-hal yang tidak disukainya untuk membuat kekonyolan. Dalam hal ini prinsip manfaat sangat diabaikan, hal-hal yang unik lebih utama dari pada asas manfaat dan menekankan pada sisi hiburan serta hal-hal yang menyentuh secara emosional.

    Prinsip-prinsip asas manfaat juga bisa diterapkan, sepanjang anda tahu betul apa kira-kira hal-hal atau sesuatu yang sangat diidam-idamkan oleh orang yang akan kita berikan hadiah sejak lama, sehingga benar-benar akan menjadi kejutan untuk dia. Untuk hal-hal yang bersifat konyol, pastikan hubungan persahabatan anda sangat dekat, sehingga jauh dari kemungkinan kesalahpamahan.
Itulah gan share saya tentang tulisan tips memilih hadiah ulang tahun yang tepat-pas untuk istri, suami, ayah, ibu, pacar, sahabat, rekan kerja, remaja dan anak-anak serta orang-orang terdekat di sekitar kita. Semoga hadiah ulang tahun yang anda berikan dapat memberikan manfaat dan kesan yang mendalam bagi yang menerimanya, yang terpenting bagaimana hadiah tersebut bisa menjadi sarana komunikasi paling halus sebagai pengingat penanda usia untuk mawas diri bagi yang bersangkutan. Saya juga pernah share tentang ucapan selamat ulang tahun pilihan, silahkan klik link tersebut. Terima kasih telah berkunjung, salam hangat selalu.
Share :
PreviousPost
NextPost

Author:

2 komentar:

  1. terima kasih atas tips yang telah diberikan
    http://jualhandbouquetsurabaya.wordpress.com

    BalasHapus
  2. terimakasih untuk artikelnya.
    jika ada yang bingung kami inginmenawarkan produk terbaru kami untuk hadiah bagi pasangan anda yaitu, signing sword stone. mau liat lebih lengkap cek link di bawah ini :
    http://visichristianstore.com/?product=i-love-you
    atau di www.visi christianstore.com
    terimakasih

    BalasHapus

Rekomendasi