loading...

Bohemian Rhapsody Serumit Freddie Mercury

Monggo di Print

Bohemian Rhapsody Serumit Freddie Mercury
Bohemian Rhapsody Serumit Freddie Mercury. Sebenarnya untuk urusan geleng-geleng kepala dan tepak-tepok paha mungkin beat lagu Good Old Fashioned Lover Boy lebih asyik dari pada Bohemian Rhapsody. Tapi tunggu dulu bukan itu masalahnya, ini masalah mengapresiasi sebuah lagu yang tidak sebatas pada bagaimana lagu itu hanya terasa enak di kuping, sehingga tak ada salahnya kalau saya posting di blog jelek ini untuk sedikit mengulas tentang lagu terhebat Queen,  Bohemian Rhapsody.

Benarkah lagu Bohemian Rhapsody merupakan lagu terbagus milik Queen ? saya tidak begitu mengerti musik, ya saya hanya penikmat musik boleh beropini dan berani mengatakan Bohemian Rhapsody adalah karya terbesar Queen. Dari sisi struktur lagu, Bohemian Rhapsody yang berdurasi 5:54 menit ini mempunyai 6 bagian yang berbeda-beda dengan struktur musik yang tidak biasa untuk musik populer [tidak memiliki chorus] namun diganti dengan segmen-segmen berbagai gaya dan jenis musik yang berbeda. Lagu ini memiliki 6 segmen yang dapat dikategorikan sebagai berikut :
  • Introduction dimenit 0:00 – 0:48, diawali dengan Acapella penuh harmoni berupa lirik .... Is this the real life?...  Is this just fantasy? dst.... dengan 4 suara koor di backsound dentingan piano pada detik ke 14, dengan lirik filosofis dan terasa adem di telinga. 

  • Ballad pada menit 0:48 – 2:36, masih di backsound dengan dentingan piano, vokal tunggal Freddie terdengar jernih menyayat pengakuan dan penyesalan pada liriknya.

  • Guitar Solo pada menit 2:36 – 3:02, driven solo gitar Brian May menyeruak dengan khas menjadi bagian terpenting sebagai jembatan dari segmen ballada menuju koor opera yang menjadi daya tarik lagu ini.

  • Opera disuguhkan dengan megah pada menit 3:02 – 4:07, segmen opera di awali saat solo gitar manis namun dinamis dari Brian May, tiba-tiba berhenti membentuk nada dasar baru berupa perubahan harmoni melalui getaran piano not seperdelapan (staccato) yang dinamis. Kemudian disusul koor opera dengan lirik yang aneh dan sulit dimengerti dengan mencampur adukkan kata, Scaramouche, Fandango, Galileo, figaro Magnifico, Bismillah, Mama mia, Beelzebub... ditengah-tengah kalimat biasa. Entah apa maksudnya mungkin hanya Freddie Mercury sendiri yang tahu maksud dari lirik ini. Menggunakan teknologi 24 track yang tersedia pada saat itu, segmen opera ini membutuhkan waktu sekitar tiga minggu untuk menyelesaikannya .

  • Hard Rock dari menit 4:07 – 4:55,   koor pada opera ditutup pada lirik ..... Mama mia, let me go Beelzebub has a devil put aside for me, for me, for me.... Roffel drum Roger Taylor sebagai jembatan menuju segmen hard rock/ heavy metal, disusul dengan raungan kasar gitar Brian May. Dengan nuansa sound format rockband mainstream, Queen memainkan segmen hardrock dengan sempurna mengiringi lirik vocal Mercury yang menyiratkan  amarah atas pembelaan terhadap apa yang telah ia lakukan pada lirik di segmen ballada, kenapa ia harus melakukan pembunuhan?

  • Outro dari menit 4:55 – 5:55 lirik ..... Nothing really matters, Anyone can see Nothing really matters Nothing really matters to me..... menutup lagu dengan backsound dentingan piano meninggalkan suasana keheningan... Anyway the wind blows... Wussssh... sangat lengkap.
Dari berbagai sisi komposisi lagu Bohemian Rhapsody merupakan karya lagu yang paling mahal yang pernah dibuat dan menjadi sebuah lagu dengan proses rekaman yang paling rumit dalam sejarah musik populer.  Bohemian Rhapsody adalah satu-satunya lagu yang pernah ada dengan variasi genre musik yang berbeda-beda pada sebuah lagu utuh, dan hingga saat ini belum pernah ada lagu sejenis pada karya musisi lain maupun diulang oleh Queen sendiri, hingga group band ini bubar sampai Freddie Mercury mati.

Queen Lagu Bohemian Rhapsody
Lagu Bohemian Rhapsody dibuat oleh Freddie Mercury, sebagai vokalis utama, frontman dan penulis lagu yang selalu menggunakan kunci-kunci tak lazim dalam lagu-lagu ciptaannya. Tak perlu membahas dan berdebat tentang lirik lagunya yang penuh misteri seperti halnya kehidupan Freddie Mercury sendiri yang penuh misteri,  lagu Bohemian Rhapsody jelas sekali mempunyai struktur nada dasar yang cepat sekali berubah dari E flat Mayor ke F Minor kemudian ke A Mayor dan seterusnya.  Jelas lagu ini mempunyai struktur chord yang susah dimainkan dan dinyanyikan apalagi untuk ditampilkan secara live di panggung, pastinya lebih ribet dan harus ada additional player serta serombongan koor paduan suara.

Queen Lagu Bohemian Rhapsody
Kesuksesan lagu Bohemian Rhapsody yang merupakan materi lagu pada album Queen A Night at the Opera yang dirilis pada Nopember 1975 menjadi faktor utama pengangkat penjualan album yang laris bak kacang goreng selain lagu Love Of My life maupun lagu You're My Best Friends dari sisi keuntungan materi.  Juga mengangkat nama band Queen semakin berkibar sebagai band pengusung progressive rock nomor satu dan paling kreatif di seluruh dunia.

Ketika dirilis sebagai single, Bohemian Rhapsody mendulang sukses komersial sejak awal yang menduduki UK Singles Chart selama sembilan minggu dan terjual lebih dari satu juta kopi di Inggris pada akhir Januari 1976.  Lagu ini berlanjut terangkat kembali menjadi nomor satu pada tahun 1991 selama lima minggu setelah kematian Freddie Mercury. Bohemian Rhapsody juga menduduki puncak tangga lagu di beberapa negara  termasuk Kanada , Australia , Selandia Baru , Irlandia dan Belanda , kemudian menjadi salah satu single terlaris sepanjang masa. Di Amerika Serikat lagu ini pada awalnya berada di nomor sembilan pada tahun 1976 , namun kembali ke chart di nomor dua pada tahun 1992 pasca kematian Freddie Mercury.

Bohemian Rhapsody hingga saat ini tetap menjadi salah satu lagu Queen yang paling populer. Bahkan kesuksesannya berlanjut walaupun band ini sudah tamat dan sudah tidak  berkarya lagi pasca kematian Freddie pada Nopember 1991, walaupun masih eksis pada album Made In Heaven dan project bersama Paul Rogers.  Pada tahun 2004, Bohemian Rhapsody dinobatkan untuk memperoleh Grammy Hall of Fame . Pada tahun 2012 , lagu ini juga masih menduduki puncak daftar nomor satu pada jajak pendapat nasional di Inggris untuk menentukan lagu terfavorit di Inggris selama 6 dekade sejarah perjalanan musik disana. Sebenarnya inilah Queen, band yang pantas disejajarkan dengan the Beatles dari sisi nama besar.



Lirik Lagu Bohemian Rhapsody
 
[Intro]
Is this the real life? 
Is this just fantasy?  
Caught in a landslide  
No escape from reality  
Open your eyes  
Look up to the skies and see 
 
I'm just a poor boy, I need no sympathy 
Because I'm easy come, easy go 
little high, little low           
Anyway the wind blows,  
doesn't really matter to me, to me 

[Ballad]
Mama, just killed a man 
Put a gun against his head 
Pulled my trigger, now he's dead 
Mama, life had just begun  
But now I've gone and thrown it all away 
Mama, ooo   ooo 
Didn't mean to make you cry  
If I'm not back again this time tomorrow       
Carry on, carry on, as if nothing really matters 


Too late, my time has come 
Sends shivers down my spine 
Body's aching all the time 
Goodbye everybody - I've got to go  
Gotta leave you all behind and face the truth 
Mama, ooo   ooo 
I don't want to die 
I sometimes wish I'd never been born at all
 
[Guitar Solo].............
 
[Opera] 
I see a little sil-houetto of a man  
Scaramouch, scaramouch will you do the fan-dan-go 
Thunderbolt and lightning - very very frightening me 
Gallileo, Gallileo, 
Gallileo, Gallileo, 
Gallileo Figaro - magnifico 

I'm just a poor boy and no-body loves me 
He's just a poor - boy from a poor family 
Spare him his life from this monstrosity 
   
Easy come easy go - will you let me go 
Bis-millah! No - we will not let you go - let him go 
Bis-millah! We will not let you go - let him go 
Bismillah! We will not let you go - let me go 
Will not let you go - let me go (never) 
(Never) let you go - let me go 
(Never) let me go - ooo 
No, no, no, no, no, no, no - 
 
Oh mama mia, mama mia, mama mia let me go 
Be-elze-bub has a devil put aside for me 
for me 
for me 
 
[Hard rock] 
So you think you can stone me and spit in my eye 
So you think you can love me and leave me to die 
Oh    baby - can't do this to me baby          
Just gotta get out - just gotta get right outta here   
ooo    ooh yeah, ooh yeah 
 
[Outro] 
Nothing really matters 
Anyone can see 
Nothing really matters - nothing really matters to me 
Anyway the wind blows...    

Description: Bohemian Rhapsody Serumit Freddie Mercury Rating: 5.0 Reviewer: frewaremini ItemReviewed: Bohemian Rhapsody Serumit Freddie Mercury
Anda sedang membaca artikel Bohemian Rhapsody Serumit Freddie Mercury dan artikel ini url permalinknya adalah http://www.frewaremini.com/2014/03/bohemian-rhapsody-serumit-freddie.html
Semoga artikel Bohemian Rhapsody Serumit Freddie Mercury ini bisa bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

siapa saja... silahkan berkomentar sesuai dengan bahasan tema postingan, terima kasih atas kunjungannya sobat :)

 
DMCA.com