TIPS MERAKIT PC/KOMPUTER SENDIRI

tips merakit PC
TIPS MERAKIT PC/KOMPUTER SENDIRI. Jangan terburu-buru, Silahkan anda lakukan survey harga berbagai komponen (hardware) naupun Peripheranya baik melaui survey di toko-toko atau surfing di Internet. Luangkan waktu setidaknya 1-2 hari untuk menentukan
pilihan. Setelah itu, luangkan lagi setidaknya 1 hari penuh saat berbelanja.

Sebelum berbelanja, Anda harus menentukan terlebih dahulu, berapa besar dana maksimum yang dapat dikeluarkan. Jangan terlalu pelit untuk kebutuhan Anda sendiri. Namun, jangan terlalu boros juga. Patokan dana maksimum tersebut dibutuhkan agar Anda tidak berbelanja melebihi kemampuan. Ada 2 hal yang patut diperhatikan sebelum Anda menentukan berapa besarnya dana yang akan dianggarkan untuk membeli PC baru.
  1. Jangan menganggap bahwa membeli PC adalah sebuah investasi. Hanya ada beberapa komponen PC yang tidak tertinggal teknologinya dalam jangka waktu 6 bulan. Karena kondisi tersebut, nilai komponen yang dibeli tersebut tentunya akan cepat sekali turun dan ketinggalan teknologi. Sebagai contoh saya di tahun 2009 saya pernah merakit PC desktop untuk Gaming yang sampai sekarang masih dipakai cukup nyaman, dengan Prosesor AMD Athlon 64 X2 dual core, RAM 4 GB Kingstone dual channel, mainboard Gigabyte socket AM2 serinya lupa, VGA Ati Radeon 4850 512 MB GDDR3 Digital allience, power supply 400 watt silverstone strider,plus kipas pendingin zalman cukup jagoan pada waktu itu, semua game 3d kelas berat terbaru dilahap cukup stabil, cuma ya itu... untuk masa sekarang PC desktop saya terasa biasa-biasa saja dibandingkan dengan teknologi terbaru jaman sekarang.
  2. Jangan terlalu banyak memikirkan bahwa akan rugi membeli PC saat ini, kecuali bila alasan Anda adalah kurs mata uang yang tidak menguntungkan. Jika alasan Anda adalah harga periferal yang akan dibeli akan turun 3-6 bulan mendatang, Anda tidak akan pernah memiliki sebuah PC, karena, harga komponen PC memang cenderung turun dengan cepat. 
  3. Jangan berpikiran untuk mencicil.
Setelah mengetahui dana yang dapat dikeluarkan, targetkan untuk memakai sekitar 90% dari total dana tersebut. Bila Anda memiliki US$ 1000, targetkan untuk memakai US$ 900 saja. Mengapa demikian? Biasanya, ada saja komponen yang terlupakan atau periferal ekstra yang tiba-tiba dibutuhkan.

Hal paling klasik adalah membengkaknya dana yang dibutuhkan, akibat kalimat,"Ah, beli yang ini saja, harganya hanya sedikit lebih mahal." Bila hal tersebut diaplikasikan pada semua komponen yang akan dibeli, total harga PC Anda akan melambung cukup tinggi. Namun, bukan berarti tindakan tersebut salah. Dalam kondisi tersebut, Anda dapat menggunakan dana yang dicadangkan tadi.

Aktivitas apa yang hendak dilakukan dengan PC baru Anda? Pertanyaan ini sangat penting untuk menentukan periferal mana yang dibutuhkan. Jangan terburu nafsu hendak membeli sebuah komponen tertentu, hanya karena harganya menarik. Buatlah urutan aktivitas yang hendak Anda lakukan dengan PC tersebut. Tuliskan aktivitas-aktivitas tersebut secara berurutan, diawali dengan yang paling penting. Berilah tanda untuk aktivitas yang harus dapat Anda lakukan dan aktivitas mana yang dapat ditinggalkan.

Selain itu, tambahkan pula beberapa kebutuhan spesifik yang Anda inginkan. Mungkin saja Anda ingin PC Anda tidak langsung mati saat listrik padam, atau Anda ingin data yang tersimpan dalam PC memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Daftar yang Anda buat tersebut, sebut saja "wish list", nantinya akan dipergunakan sebagai patokan utama untuk membeli periferal. Jadi, pikirkan dengan baik apa saja yang hendak Anda peroleh dari PC Anda.

Pemilihan periferal
Setelah menentukan anggaran dan kebutuhan, sampailah kita pada tahap pemilihan komponen. Untuk menentukan komponen mana yang dibutuhkan, Anda harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini.
tips merakit PC
1. Mengenal isi PC Secara umum.
Ada 10 komponen utama yang dibutuhkan untuk menghidupkan sebuah PC. Selain itu, ada beberapa komponen tambahan lainnya yang dibutuhkan untuk menjadikannya "resmi" sebagai PC multimedia. Adapun kesepuluh komponen utama sebuah PC adalah:
  • Prosesor 
  • Motherboard 
  • Memori (RAM)
  • Hard disk 
  • Graphic card (VGA)
  • Casing (dengan power supply di dalam nya) 
  • Keyboard 
  • Mouse 
  • Monitor 
Sementara itu, komponen-komponen yang dibutuhkan agar sebuah PC "biasa" berubah menjadi sebuah PC multimedia adalah:
  • CD-ROM player atau DVD-player, Bluray
  • Sound card (bila belum terintegrasi dengan motherboard) 
  • Speaker aktif (dengan power amplifier di rumah) 
  • Modem 
  • Kipas tambahan (pendingin)
  • Webcam (jika belum terintegrasi pada monitor desktop)
Selain komponen-komponen di atas, masih ada beberapa komponen lain yang cukup sering digunakan, contoh:
  • LAN adapter (network card) 
  • Game pad atau joystick 
  • DVD-RW (multi)
  • UPS (Uninterruptable Power Supply) 
  • Stabilizer 
  • RAID card 
  • Printer, Scanner, photocopy (All in One) 
2. Membuat daftar belanja Untuk mengetahui periferal yang akan dibeli.
Langkah pertama adalah melihat kebutuhan Anda. Setelah itu, pilihlah komponen yang mendukung kebutuhan Anda tersebut. Utamakan komponen yang mendukung kebutuhan Anda yang diprioritaskan. Itulah sebabnya, Anda harus menandai aktivitas utama yang hendak Anda lakukan, pada "daftar fungsi PC" di atas, maksudnya apakah untuk desain grafis, multimedia, gaming atau yang lain-lain.

Setelah itu, masukkan daftar barang-barang yang akan dibeli tadi ke dalam "daftar belanja". Sebagai contoh, bila Anda ingin bermain Internet, masukkanlah sebuah modem dalam daftar belanja Anda. Jika Anda ingin memperoleh pengamanan berganda untuk data di dalam PC, pilihlah sebuah RAID card atau periferal back-up. Perhatikan bahwa kesepuluh komponen utama yang tercantum di atas, harus Anda miliki. Tanpa kesepuluh komponen tersebut, PC Anda tidak bisa dioperasikan. Jangan lupa masing-masing komponen yang anda beli harus dapat saling terintegrasi (kompatibel) dengan baik, dalam hal ini jenis atau merk/ seri motherboard (mainboard) sangat menentukan untuk pendukung komponen lain selanjutnya. Silahkan banyak membaca referensi terpercaya untuk ini (majalah PC dsb).

 Sayangnya, tidak ada cara yang cepat untuk mengetahui periferal mana yang tepat dengan kebutuhan Anda. Anda harus meluangkan waktu untuk mengetahuinya. Dengan surfing di internet atau membaca majalah PC yang direkomendasikan akan banyak ditemukan rekomendasi periferal yang baik untuk keperluan Anda. Bila media cetak belum dapat memenuhi kebutuhan Anda, Internet adalah tempat yang sangat baik untuk memenuhinya.

Menggunakan search engine (seperti: Yahoo, Hot Bot, atau Google), Anda dapat menemukan review hardware yang dibutuhkan. Jangan hanya mencatat 1 merek periferal saja. Catat semua merek yang diperoleh, berikut variannya. Dengan demikian Anda akan lebih leluasa menentukan piliha.

3. Turun ke lapangan Setelah membuat sebuah daftar belanja.
Kini saatnya turun ke lapangan. Anda harus mencari harga barang yang Anda inginkan. Anda dapat menemui daftar harga periferal komputer di pada majalah atau tabloid PC. Bila terasa masih kurang mencukupi, Anda bisa mencarinya di websitewebsite lokal seperti www.wetmarket.com, www.bhineka.com, www.oriondusit.com, dan www.iklanbaris.co.id. Website yang terakhir, memang tidak memuat daftar harga komponen. Namun, di sana, Anda dapat melihat harga kisaran barang-barang yang sedang dijual.

Mencari harga melalui media cetak dan Internet memang cukup membantu. Namun, bila Anda ingin memperoleh gambaran yang lebih akurat mengenai berapa dana yang akan dikeluarkan, disarankan  untuk turun langsung ke pasar. Anda dapat meluangkan waktu seharian penuh untuk berkunjung ke Orion Dusit, Mangga Dua Mal, Ratu Plaza, Gajah Mada Plaza, atau Mal Ambasador. Di pusat-pusat pertokoan tersebut Anda dapat menanyakan harga dari barang-barang yang Anda butuhkan.

Akan lebih menguntungkan bila Anda menanyakan harga barang tersebut dalam mata uang dolar. Karena, perubahan harga dalam dolar, relatif lebih kecil. Sembari mencatat harga, tanyakan pula masalah garansi, dan dukungan terhadap produk yang Anda inginkan. Catat mengenai kemampuan upgrade-nya, dukungan software, dan jika mungkin - pengalaman pribadi orang-orang yang pernah memakai produk tersebut. Akan tetapi, hati-hati, jangan sampai terbawa dengan bujuk-rayu para pedagang, atau bahkan teman. Ingatlah selalu, keputusan untuk membeli ada di tangan Anda. Hal yang Anda lakukan pada tahap ini, hanyalah sebatas mengumpulkan data sebanyak-banyaknya, dan selengkaplengkapnya.

4. Menghitung harga dan menarik kesimpulan.
 Setelah mengumpulkan harga barang yang Anda inginkan. Masukkan harganya ke dalam "daftar belanja" Anda. Cocokkan dengan jumlah anggaran yang telah Anda tetapkan. Jika ternyata melampaui anggaran, Anda harus mencari periferal mana yang akan diganti atau disisihkan terlebih dahulu. Untuk mengeliminasi sebuah komponen, lihatlah kembali "wish list" yang pertama kali dibuat. Bila ada komponen yang tidak esensial dalam mendukung "wish list" Anda, sisihkan. Anda dapat membelinya di lain waktu, saat dana sudah mencukupi. Setelah "daftar belanja" dimodifikasi, Anda siap untuk berbelanja.

5. Saat berbelanja.
Ada beberapa tip yang dapat mempermudah dan mengirit dana yang dimiliki.
  • Bawalah kalkulator dan alat tulis secukupnya. Fungsinya untuk menghitung kurs, memastikan pengeluaran, dan mencatat harga yang diperoleh dari toko yang berbeda. 
  • Cek kurs Rupiah terhadap Dolar Amerika. Bila perlu, Anda beli saja dolar sejumlah harga barang yang akan dibeli, di money changer. Umumnya para pedagang akan memakai kurs yang sedikit lebih tinggi, bila Anda membayar dengan Rupiah. 
  • Pergilah agak pagi. Ini membuat Anda memiliki waktu lebih banyak untuk memilih toko. 
  • Anda tidak perlu membeli semua periferal di satu toko yang sama. 
  • Bila Anda tidak bisa merakit sendiri sebuah PC, pilih satu toko yang cukup kooperatif, lalu beli sebagian besar komponen di sana. Rakitlah PC Anda di toko tersebut. 
Itulah langkah-langkah/tips merakit PC/Komputer sendiri secara cermat, bermanfaat dan memuaskan selera anda. Selamat berbelanja! semoga Anda berhasil.
Share :
PreviousPost
NextPost

Author:

0 Comments:

Rekomendasi