WASPADAI SIFAT ASOSIAL PADA ANAK

Monggo di Print

sifat asosial pada anak
WASPADAI SIFAT ASOSIAL PADA ANAK. Perkembangan Sosial pada anak berhubungan erat dengan cara adaptasi anak anda dalam ligkungan di sekitarnya, dimulai dari lingkungan keluarga hingga dalam pergaulan pada perimeter yang lebih luas yang dapat dijangkaunya dilingkungan.
Silahkan anda amati dan bantu perkembangan sosial anak anda dengan bijak, karena bagaimanapun tahap perkembangan sosial pada anak sangat penting untuk membentuk karakter anak dalam kepribadiannya, apakah menunjukkan gejala positif maupun negatif. Sebagai orang tua tentu anda menginginkan yang terbaik buat buah hatinya, untuk menjadi manusia yang berkarakter baik.

Secara garis besar Tahap Perkembangan Sosial pada anak di bagi menjadi 4 fase :

  • Pada fase pertama, perkembangan sosial anak dimulai pada usia 0 s.d 3 bulan pertama. Pada usia ini bayi/anak belum bisa membedakan wajah orang-orang yang berada di lihatnya. Meskipun demikian ia sudah dapat menerima perasaan dekat dan serasa mendapatkan perlindungan dari kontak-kontak lembut dari orang-orang di sekitarnya.
  • Pada fase Kedua dimulai pada saat anak berusia 3 s.d 6 bulan. Secara bertahap bayi/anak mulai mengenali pribadi-pribadi orang disekitarnya, hingga ia merasa mempunyai bentuk keterikatan dengan orang-orang yang sering kontak dengannya.
  • Fase Ketiga, fase ini ketika anak berusia 6 bulan s.d 3 tahun. Anak semakin intens mempertahankan interaksi dengan orang-orang tertentu dilingkungannya. Keterikatan ini tercermin dengan reaksi-reaksi anak seperti, perasaan sedih, gembira ataupun kecewa.
  • Pada Fase Keempat, ketika anak sudah menginjak usia 3 s.d 5 tahun. Dimana pada fase ini anak kita sudah mampu menjalin kehidupan sosial yang lebih nyata melalui jalinan kerjasama dengan orang-orang terdekat di sekitarnya. Pada fase ini perkembangan sosial anak luar biasa berkembang dengan cepat, ditandai dengan kebiasaan meniru, persaingan, pertemanan dan kerjasama, bentuk-bentuk simpati dan berusaha menjalin hubungan yang lebih akrab terhadap orang yang disukainya. Pada tahap ini anak juga sudah menunjukkan gejala asosial nya.
Perilaku asosial pada anak di fase ini umumnya sering kita sebut dengan perilaku nakal ditandai dengan sifat agresif, memaksakan kehendak, superioritas/ingin menang sendiri, egois dan terkadang terjadi petentangan jenis kelamin. Pada fase ini nampak jelaslah pembentukan karakter anak anda perlu perhatian yang serius, tergantung dari pengamatan dan arahan dari anda untuk mengarahkanya pada perilaku postif, dengan cara mengeliminasi sifat-sifat asosialnya secara persuasif dengan penuh kasih sayang. Bagaimana ibu-ibu? atau bapak-bapak? curahkanlah perhatian anda setiap waktu pada buah hati anda.

Description: WASPADAI SIFAT ASOSIAL PADA ANAK Rating: 5.0 Reviewer: Woody Budi ItemReviewed: WASPADAI SIFAT ASOSIAL PADA ANAK
Anda sedang membaca artikel WASPADAI SIFAT ASOSIAL PADA ANAK dan artikel ini url permalinknya adalah http://www.frewaremini.com/2012/05/waspadai-sifat-asosial-pada-anak.html
Semoga artikel WASPADAI SIFAT ASOSIAL PADA ANAK ini bisa bermanfaat.

2 comments:

  1. Bagus nih buat persiapan "suatu saat nanti".
    Makasih bos

    ReplyDelete
  2. @Lensa : makasih kunjungannya..keep sharing :)

    ReplyDelete

 
Bloglisting.net - The internets fastest growing blog directoryMy Ping in TotalPing.com Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Preview on Feedage: freewaremini Add to My Yahoo! Add to Google! Add to AOL! Add to MSN Subscribe in NewsGator Online Add to Netvibes Subscribe in Pakeflakes YouSayToo Revenue Sharing Community Subscribe in Bloglines Add to Alesti RSS Reader Add to Feedage.com Groups Add to Windows Live iPing-it Blogarama - The Blog Directory Add to Feedage RSS Alerts Add To Fwicki Add to Spoken to You
Disclaimer: |Some images contained in this blog were found on the internet. If by anyhow any of them is offensive to you, please, contact us asking for the removal |If you do not agree with it being shown here, please send us an email with ownership proof and we will remove it |email us to: riosarahloved@hotmail.com |If a image is violating copyright and you want us to remove that images/content or have any Questions/Suggestions/Problems please feel free to contact me: riosarahloved@hotmail.com | Welcome to freewaremini ©
| www.frewaremini.com® | template by woodybudi® |
Feedage Grade A rated
DMCA.com