Menambahkan Player Musik Pada Postingan

menambah player musik pada posting
Menambahkan Player Musik Pada Postingan. Adakalanya pada sebuah posting anda ingin share sebuah lagu sesuai dengan isi postingan anda, misalnya sedang melakukan review terhadap sebuah judul lagu artis tertentu. Untuk memberikan gambaran isi dari sebuah lagu tersebut tentunya akan afdol jika anda sertakan sebuah playlist yang berisi lagu tersebut untuk bisa di dengarkan. Nah maka anda mau tidak mau harus menyertakan playlist (player) dan isi file lagunya untuk diputar dan di dengarkan oleh pembaca. Ingat file lagu ini hanya bisa diputar, tidak bisa di download. Anda bis mengatur playernya untuk bisa langsung memainkan lagu saat postingan dibuka, tetapi juga bisa mengaturnya saat tombol play diklik. Cara ini juga berlaku untuk cara menambahkan background lagu/musik pada blog dengan memasukkannya pada element widget, dan atur autoplaynya. Sebagai gambaran playlist lagu pada postingan anda akan tampak seperti pada gambar berikut ini :
playlist musik pada postingan

Cara Menambahkan Player Musik (Playlist) Pada Postingan adalah demikian :

  • Silahkan anda tambahkan kode di bawah ini di postingan yang anda buat :

<div style="text-align: center;">
<object data="http://static.4shared.com/flash/player.swf?file=http://dc100.4shared.com/img/67250491/76d6b804/dlink__2Fdownload_2F_5FeUb8saU_3Ftsid_3D20120409-155140-8420bb6a/preview.mp3&amp;repeat=always&amp;autostart=false" height="30" type="application/x-shockwave-flash" width="400"></object></div>
<div style="text-align: center;">
</div>

  • Kode yang berwarna merah adalah alamat URL file preview lagu yang akan diputar, untuk mendapatkannya anda bisa meluncur ke www.4shared.com, silahkan anda cari fle lagu yang anda inginkan (disarankan dengan menggunakan browser google chrome) karena jika menggunakan Mozilla, pada saat kita melakukan inspect element, kode html yang sudah kita ketahui tidak bisa dilakukan copy-paste jadi anda harus menulis ulang capek dan sedikit males, jika menggunakan Chrome, fasilitas copy HTML nya ada, anda hanya tinggal memindahkanya ke notepad.

Untuk jelasnya berikut langkah-langkah cara mendapatkan URL file lagu :
  • Jika file yang anda inginkan sudah ketemu silahkan klik kanan pada tombol play :
menambah musik pada blog

  • Kemudian klik "periksa elemen" atau inspect element, maka akan mucul jendela seperti pada gambar di bawah ini.
menambah musik pada blog
  • Kode playlist di 4shared adalah yang terletak pada kode HTML yang berwarna background biru, silahkan anda klik "Copy as HTML" lalu pastekan pada file notepad.

menambah musik pada blog
  • Kemudian silahkan anda "Copy" alamat URL file musiknya dengan melakukan drag dari awal sampai dengan akhir alamat URL nya sperti gambar diatas.
  • Silahkan ganti (hapus) alamat URL berwarna merah pada kode playlist yang sudah anda buat tadi, dengan alamat URL baru anda dari notepad tadi (paste).
  • Silahkan anda atur besaran lebar dan ketinggian playlistnya pada "width" dan "height" nya, sesuai dengan lebar halaman posting anda.
  • Jika player ini ingin anda terapkan pada sebuah widget, anda bisa menyembunyikan tinggi dan lebar player dengan merubah besaran width dan height-nya menjadi "0" agar tidak terlihat atau tersembunyi. Juga autostart-nya diset "true" agar bisa langsung memainkan [autoplay] musik saat blog terbuka. Jika ingin membuat player musik terlihat, cukup dengan menambahkan angka lebar dan tinggi serta mengatur autostart menjadi "false" agar tidak langsung autoplay musik.
  • Selesai, anda sudah memiliki sebuah playlist berisi file lagu yang anda inginkan.
Itulah cara membuat playlist lagu (player) pada postingan anda, berikut cara mendapatkan alamat URL file lagu yang bisa diputar di player postingan anda. Langkah-langkah diatas juga bisa anda terapkan untuk menambahkan widget playlist lagu pada blog anda.
Share :
PreviousPost
NextPost

Author:

2 komentar:

Rekomendasi