Tattoo Antara Narcissism,Macho, Seni dan Sikap Mubadzir

Monggo di Print

jasa pembuatan tattoo
Di sini menerima jasa pembuatan tattoo begitulah kira-kira begitu banyaknya iklan pelayanan jasa pembuatan tattoo yang begitu marak akhir-akhir ini. Saya sendiri sebenarnya kurang begitu faham dengan fenomena ini, karena sebenarnya trend tatto ini berhubungan dengan kejiwaan seseorang dalam mengekspresikan pribadinya secara fisik. Alasan seseorang membuat tattoo....who knows??

Sah-sah saja orang ingin melukis tubuhnya secara permanen dengan gambar apapun, toh di Indonesia ini tak ada undang-undang yang melarangnya. Kecuali sejarah kelam tentang sitgma tattoo yang begitu mencekam pada saat jaman Orba di tahun 1980'an, nyawa anda bisa melayang tanpa anda sempat berpamitan dengan sanak keluarga karena di cap Gali, Preman,Perusuh dan penjahat. Jaman telah berubah keterbukaan dan kebebasan telah meniscayakan orang membuat tattoo di tubuhnya tanpa rasa takut dan stigma kelam yang menyertainya.

Saya bukan pemuja budaya tattoo karena saya sendiri tak punya niat apapun untuk membuat gambar setitik hitampun di tubuh saya yang memang sudah hitam, toh akupun juga bukan seorang yang anti dengan budaya tattoo, jadi jangan kuatir...nikmati saja artikel kurang bermutu ini sesantai mungkin..hehehe... jadi bahasa mudahnya artikel ini hanya sebatas persepsi pribadi saya saja tentang budaya tattoo ini.

Narsisisme atau narsisme mungkin kata yang agak nyangkut dengan budaya ini dimana narsisme adalah suatu sikap/perasaan cinta terhadap diri sendiri yang berlebihan. Seseorang yang narsis biasanya memiliki rasa percaya diri yang sangat kuat, namun apabila narsisme yang dimilikinya sudah mengarah pada kelainan yang bersifat patologis, maka rasa percaya diri yang kuat tersebut dapat digolongkan sebagai bentuk rasa percaya diri yang tidak sehat. Kenapa saya sangkut pautkan dengan patologis? karena tanpa anda sadar sebenarnya proses pembuatan tattoo sangat tinggi terhadap resiko kesehatan, diantaranya bahaya infeksi ketika dalam proses pembuatan tattoo. Efek samping dari tattoo lainnya adalah resiko infeksi akibat penggunaan jarum yang tidak steril atau kandungan zat berbahaya dari tinta yang dipakai. Beberapa korban mulai berjatuhan terkena virus Human Immunodeficiency Virus ( HIV ). Resiko infeksi pembuatan tattoo bisa juga dikarenakan tinta yang dipakai mengandung zat berbahaya, beberapa penyakit yang bisa ditimbulkan dari proses tato yang tidak steril adalah : infeksi HIV, AIDS, Hepatitis B atau C, TBC, Mycobacterium, Sifilis, Malaria, Lepra.

Dan ketika anda hendak menghapusnya tak semudah ketika anda membuatnya, mahal dan bisa merusak jaringan dan menyebabkan traumatis pada kulit. Teknik menghilangkan tattoo biasanya dilakukan dengan dermabrasiyaitu dengan cara menggosok kulit sampai lapisan paling luarnya terkelupas, mengiris kulit, Cryotherapy yaitu dengan cara menggunakan nitrogen cair pada suhu dibawah titik beku, menggunakan krim anti tattoo atau menggunakan laser.

Dari beberapa sumber menyebutkan tinta tattoo yang digunakan pada kulit diketahui dapat menyebabkan sensitivitas terhadap merkuri. Warna lain dari logam berat, sama seperti logam berat pada tinta merah. Tinta-tinta ini juga dapat menyebabkan reaksi kulit pada beberapa orang. Untuk itu bahan tattoo harus mencantumkan resiko dari kandungan logam berat, termasuk timbal, arsen, dan lain-lain serta yang banyak dikaitkan dengan kanker dan cacat lahir. Paparan dari benda-benda berat itu biasanya muncul bertahun-tahun setelah orang membuat tattoo. Saat diperika dengan Magnetic Resonance Imaging (MRI) misalnya, orang bisa terbakar atau tersengat karena logam berat dalam tintanya terpengaruh dengan medan magnet.

Nah itu diantaranya beberapa resiko/efek samping tattoo dilihat dari sisi medis, toh seandainya anda tetap berniat untuk membuat gambar tattoo di bagian tubuh anda, silahkan pertimbangkan kembali. Setempel dua tempel gambar di bagian tertentu, mungkin sedikit bisa mengurangi resiko medis dan gejala narsisme yang berlebihan. Atau Jika hanya sebatas untuk mengikuti trend dan gaya-gayaan anda bisa memakai tattoo temporer yang segera hilang pada waktu tertentu. Tapi jika anda tetap berniat menggunakan tattoo permanen, perlu anda pertimbangkan faktor lain yang perlu anda renungkan lebih dalam, benarkah tattoo adalah ungkapan cita rasa seni jika ini yang menjadikan alasan anda? Sebenarnya seni terindah pada tubuhmu adalah apa yang sudah diberikan Tuhan apa adanya dalam dirimu, yang melekat pada fisikmu apa adanya. Jangan biarkan kulit mulusmu tertutup zat asing yang menutupi pori-pori kulitmu hingga air wudhu' mu tidak sah terbasuh di kulitmu, jika tattoo mu tertanam di lengan, wajah atau kakimu. Ingat pula goresan tattoo di seluruh tubuhmu akan anda bawa sampai hayat di kandung badan, bayangkanlah jika anda mati, sungguh kasihan melihat jasadmu yang tengah dimandikan dan dikafani penuh dengan gambar tattoo tanpa makna. Oke Brother..sister..think about it.

Description: Tattoo Antara Narcissism,Macho, Seni dan Sikap Mubadzir Rating: 5.0 Reviewer: Woody Budi ItemReviewed: Tattoo Antara Narcissism,Macho, Seni dan Sikap Mubadzir
Anda sedang membaca artikel Tattoo Antara Narcissism,Macho, Seni dan Sikap Mubadzir dan artikel ini url permalinknya adalah http://www.frewaremini.com/2012/02/tattoo-antara-narcissismmacho-seni-dan.html
Semoga artikel Tattoo Antara Narcissism,Macho, Seni dan Sikap Mubadzir ini bisa bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

siapa saja... silahkan berkomentar sesuai dengan bahasan tema postingan, terima kasih atas kunjungannya sobat :)

 
Bloglisting.net - The internets fastest growing blog directoryMy Ping in TotalPing.com Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Preview on Feedage: freewaremini Add to My Yahoo! Add to Google! Add to AOL! Add to MSN Subscribe in NewsGator Online Add to Netvibes Subscribe in Pakeflakes YouSayToo Revenue Sharing Community Subscribe in Bloglines Add to Alesti RSS Reader Add to Feedage.com Groups Add to Windows Live iPing-it Blogarama - The Blog Directory Add to Feedage RSS Alerts Add To Fwicki Add to Spoken to You
Feedage Grade A rated
DMCA.com