Tahun 2012 Mari berinternet secara Pintar

Monggo di Print

Media informasi begitu berkembang cepat,kejadian paling baru dapat kita baca beberapa detik kemudian hanya dengan beberapa klik di Internet. Luar biasa teknologi ini, pertanyaanya sejauh mana kita memanfaatkan teknologi internet di sela-sela aktifitas kita?
atau bahkan menjadi menu utama bagi kehidupan seseorang? sudahkah anda memperlakukannya dengan benar?

Internet merupakan kependekan dari interconnection-networking, adalah suatu sistem global dari seluruh jaringan komputer yang dihubungkan menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Dewasa ini perkembangan Internet semakin berkembang begitupun jumlah penggunanya. Perkembangan ini tidak terlepas dari penyebaran (decentralization) / pengetahuan (knowledge), informasi dan data secara cepat dan ekstrem. Sangat efektif dan praktis tidak perlu anda harus pergi ke perpustakaan atau ke toko buku untuk mencari sumber referensi atau sumber bacaan dan informasi terkini.

Negara Indonesia merupakan salah satu diantara negara dengan pengakses Internet terbesar, dimana penetrasi PC dan teknologi Internet di Indonesia sudah berlangsung cukup lama, namun perlu disayangkan di Indonesia masih ada operator yang kurang fair dalam menentukan harga dan bahkan ada salah satu operator yang sengaja membuat "perangkap jebakan" agar pengguna Internet tersebut membayar lebih mahal. Jika anda ingin memilih sebuah operator untuk koneksi Internet anda, pilihlah secara bijak. Toh lebih banyak operator Internet yang memperlakukan pelangganya secara baik dan jujur daripada yang secara halus melakukan kecurangan. Bukankah sebagai pengguna kita mengiginkan sebuah harga terjangkau dan layanan terbaik bukan?

Menurut data terbaru dari situs internetworldstats Indonesia menempati peringkat 11 dengan Total penduduk kurang lebih 245,6 juta dengan 39,6 juta yang menjadi pengguna internet, sebuah angka yang cukup besar. Dari jumlah 39,6 juta pengakses Internet tersebut tentunya kita berharap semua sudah bisa memanfaatkanya dengan bijak dan pintar.
Karena sebuah kenyataan miris ketika kita jumpai di mesin pencari Google, entah sumber dari mana menyatakan bahwa Indonesia berada di peringkat 7 pengakses situs p**n* terbesar di dunia. Anda tentu sering menenumakan banyaknya blog berkonten p**n* berbahasa indonesia, saat anda blogwalking misalnya. Belum lagi blog yang anda temukan dengan sengaja kita temukan dengan kata kunci yang berkaitan dengan kata p**n* dll. Rasa penasaran membuat saya iseng-iseng mencoba membuka Google trend dan memasukkan kata kunci p**n* paling sopan 's*x' dan apa yang saya cari sedikit memberikan gambaran, benar atau tidak pemberitaan miring tersebut silahkan anda cerna sendiri pada gambar di bawah.

Dampak negatif suatu teknologi tentu saja selalu ada dan berjalan beriringan dengan dampak positifnya. Kalau mau mengupas dampak negatifnya sungguh begitu luas menghampiri di semua peri kehidupan, sebutlah penipuan,cybercrime yang meliputi hacking dan cracking, po*nografi, violence and gore,carding, gambling, pelanggaran hak cipta dan yang terakhir mungkin kita tidak pernah merasakannya yaitu hilangnya sifat sosial manusia karena berjam-jam terpaku di layar monitor.

Penyalahgunaan teknologi internet hampir menghampiri siapa saja, terutama para remaja dan yang baru mengerti seluk beluk dunia internet, hal ini juga menimpa saya di sekitar awal tahun 2000-an ketika baru mengenal internet, paling sisi positifnya hanya mengenal dunia chatting alias ngobrol cinta-cintaan dengan pacar dan kirim e-mail, selebihnya ya mencari hal-hal yang aneh. Keyword-keyword aneh dan p**n* sering melintas dibenak kita dan begitu mudahnya tinggal mengetik dipapan kunci google search. Keingin tahuan terhadap sesuatu yang tersembunyi adalah sebuah naluri alamiah, dan ini adalah sebuah fakta. Dan fakta ini tentunya sulit dibendung, karena menyangkut hasrat pribadi manusia. Melihat fakta keseharian yang bisa saja menghampiri para pengguna Internet ini, upaya pemblokiran guna membuang beberapa konten negatif pada internet adalah sebuah solusi ampuh dan harus digiatkan terus. Walaupun upaya tersebut tidak dapat dilakukan 100%, karena setiap kali diblokir situs p**n* bisa berpindah tempat. Menurut sebuah sumber di Internet setiap hari sedikitnya terdapat 400 juta situs p**n* baru yang bisa diakses masyarakat. Penasaran? Ingin membukanya lagi? Waaah...itu sudah kuno bung, ketinggalan jaman, low attitude...hehehe. Seiring berjalannya waktu toh Internet akan mendewasakan kita, mana yang baik, mana bagian yang buruk, mana yang bermanfaat dan mana bagian yang hanya menimbulkan kerugian.

Di Tahun 2012 ini, kita berharap semoga seluruh masyarakat Indonesia mempunyai kesadaran kolektif untuk menggunakan teknologi Internet secara pintar dan penuh wawasan, mari kita buktikan bahwa Indonesia bukan pengakses situs p**n* terbesar no. 7 di dunia. Dunia Internet penuh dengan Informasi yang bermanfaat, mari kita gunakan fasilitas-fasilitas positif tersebut dengan sebaik-sebaiknya. Tentang bisnis online,e-commerce,e-goverment, e-learning, e-military, jejaring sosial dan lain-lain. Bagi yang suka menulis bisa mengekspresikan tulisan dan uneg-uneg dalam sebuah blog. Blog adalah sarana efektif untuk Internet user yang suka menulis tentag apa saja, asal positif, bermanfaat dan bertanggungjawab. Sebagai penulis kita tentunya juga harus memposisikan diri sebagai pembaca, sehingga kita mempunyai tanggung jawab moral, etika dan attitude tentang apa yang sudah kita publikasikan di Internet. Karena sejauh ini faktanya masih banyak kita temukan blog berbahasa Indonesia yang memuat kontent-kontent negatif, terutama po*nografi, ingat apa yang kita tulis, apa yang kita publikasikan mempunyai dampak yang sangat luas bagi para pembaca.

Jika kita bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain kenapa tidak kita lakukan? Jika kita bisa menghindari perbuatan yang dapat merusak moral bangsa kenapa tidak kita lakukan?. Oke sobat blogger,kita punya andil, kita punya peran, kita punya tanggung jawab moral untuk mempublikasikan sesuatu yang lebih bermanfaat kepada adik-adik remaja kita, kepada seluruh lapisan masyarakat. Jadikan dunia Internet menjadi dunia postif, jadikan Blog menjadi dunia yang sehat dan menyenangkan, mari di tahun 2012 ini kita lebih giatkan lagi menulis sesuatu yang berguna. Bukankah melalui Blog kita juga akan memperoleh profit jika mau memonetize blog kita dengan baik? So..tunggu apalagi? mari kita berinternet secara pintar, niscaya kita akan memperoleh lebih banyak manfaat daripada kemudharatan dari teknologi ini.

Description: Tahun 2012 Mari berinternet secara Pintar Rating: 5.0 Reviewer: Woody Budi ItemReviewed: Tahun 2012 Mari berinternet secara Pintar
Anda sedang membaca artikel Tahun 2012 Mari berinternet secara Pintar dan artikel ini url permalinknya adalah http://www.frewaremini.com/2012/01/tahun-2012-mari-berinternet-secara.html
Semoga artikel Tahun 2012 Mari berinternet secara Pintar ini bisa bermanfaat.

23 comments:

  1. keren postingannya sob..
    sukses :)

    salam kenal :)

    ReplyDelete
  2. bahasan yang bagus sobat :) sukses ya, diikutkan lomba ya..saya support deh :) semoga menang ya

    ReplyDelete
  3. saya sangat setuju dengan pengembangan program pemblokiran situs porno... namun yang paling penting adalah melaksanakan program tersebut di diri kita masing-masing, karena internet itu sangatlah luas.... oke gan keep post with ikhlas... hehehe

    ReplyDelete
  4. memang sob, media informasi memang berkembang begitu pesat. contohnya aja koran, beberapa tahun yang lalu masih pake kertas. sekrang udah ada yang namanya koran online

    ReplyDelete
  5. mantab gan resolusinya... mampir dan komen juga ya, ke... http://rhianzflash.blogspot.com/2012/01/resolusi-juara.html

    ReplyDelete
  6. Mantapz, thanks atas sharingnya gan,,
    baca2 sekalian berkunjung dan salam hangat selalu

    ReplyDelete
  7. Resolusi yang penuh inspiratif masbro! kunjungilah Resolusi Saya

    ReplyDelete
  8. thanks all..aku dan mampir semua..tidak lupa thanks atas apresiasi & komenya ya...:)

    ReplyDelete
  9. niceee, ditunggu komennya kawanku thanks

    ReplyDelete
  10. Mantaf artikelnya :D
    thanks for visit

    ReplyDelete
  11. Mudah²an resolusi 2012 yang dipaparkan bisa terwujud demi kebaikan dunia online di Indonesia. Semoga sukses sob :)

    ReplyDelete
  12. Aku doakan ya bang moga jadi yg terbaik artikel abang nih...

    ReplyDelete
  13. visiting u friend , :D :D


    anyway book guestnya mana yah ,, ??

    ReplyDelete
  14. @arie5758: Mudah-mudahan sob dunia internet Indonesia 2012 lebih sehat & positi lagi..terus berkarya sobat thanks kunjungan dan komennya :)

    @Icah banjarmasin : waah makasih kunjungan dan do'anya sob..banyak resolusi 2012 yang lain bagus-bagus kok sob...yang penting tambah memperkaya postingan blog ini so..tetap optimis sob..terus berkarya :)

    ReplyDelete
  15. ay het speedy dan telkomnyah,,
    pengen ngacak-ngacak rasanya kalo denger nama telkom.

    tapi isoke lah..
    semoga sukses resolusi 2012-nya
    (-_-)

    ReplyDelete
  16. @oomguru: kenapa datang dg rasa benci?? --> Pengaduan gangguan Speedy dapat di sampaikan melalui: Contact Center 147 ... atau bisa livechat langsung di sini but its oke juga..terimakasih kunjungannya, semoga di tahun 2012 ini hilang rasa benci dihati anda & dihati kita semua...salam

    ReplyDelete
  17. Nice post sobat...
    Semua jawaban ada pada diri kita masing2.
    Semua tergantung kita sejauh mana memanfaatkan kecanggihan untuk suatu kemajuan dan pengembangan diri serta potensi diri :)
    Terimakasih untuk postingan menarik ini :)

    ReplyDelete

siapa saja... silahkan berkomentar sesuai dengan bahasan tema postingan, terima kasih atas kunjungannya sobat :)

 
DMCA.com