TIPS-CARA PERAWATAN JAKET KULIT AGAR AWET & TAHAN LAMA

Monggo di Print

TIPS-CARA PERAWATAN JAKET KULIT AGAR AWET & TAHAN LAMA. Kita sering kedapatan melihat dan merasakan kondisi jaket kulit kita yang tidak terawat berasa kaku, berlipat, jamuran, bau apek bahkan mudah sobek dan berlubang. Kondisi jaket kulit yang kaku, berlipat, jamuran, bau apek bahkan mudah sobek dan berlubang itu belum tentu karena kualitas jaket yang tidak bagus, melainkan lebih banyak disebabkan oleh kurangnya atau tidak mengerti bagaimana cara merawat jaket kulit agar awet alias tahan lama.

Berikut di bawah ini ada beberapa tips-cara merawat jaket kulit agar awet & tahan lama. Sebelumya ada beberapa alat dan bahan yang sering kita gunakan untuk melakukan perawatan jaket kulit :
  1. Pelembab atau lotion, berfungsi untuk mengaluskan atau melunakkan jaket kulit yang mulai kaku-kaku.
  2. Semir Sepatu, sesekali dipakai untuk menguatkan warna lebih cocok menggunakan warna yang netral.
  3. Spon atau kapas, berguna untuk menggosok jaket kulit yang akan kita bersihkan.
  4. Kain yang lembut, berfungsi untuk melakukan pengelapan atau pengeringan.
  5. Minyak Goreng/ Babby oil sesekali kita gunakan untuk menggosok bagian permukaan jaket kulit jika terkena noda/ kotoran.
  6. Lilin, berguna untuk mengatasi resleting yang macet.
Nah, kalau sudah tersedia alat-alat tersebut, berikut ini tips-cara merawat jaket kulit agar awet & tahan lama, dengan langkah-langkah sebagai berikut :
  1. Bagi para pengguna jaket kulit pemula, perlu diingat  jangan sekali-sekali anda mencuci dengan air apalagi dengan sabun atau deterjen, jangan lakukan hal ini baik dengan menggunakan mesin cuci maupun dicuci secara manual. Pencucian jaket kulit dengan menggunakan air dan deterjen dapat merusak tekstur jaket kulit  yang berakibat permukaan jaket kulit akan mengkerut atau menciut. Deterjen yang mempunyai sifat panas, akan mengakibatkan jaket kulit setelah kering  akan langsung mengelupas. Solusi jika jaket kulit kotor atau sedikit basah karena keringat cukup dilap basah pake kain halus kemudian digantung pada tempat yang agak panas [indoor] atau bisa juga diangin anginkan hindari sinar matahari secara langsung [faktor perusak jaket kulit secara umum : dalam keadaan basah lalu dijemur dibawah sinar matahari ].
  2. Khusus untuk jaket yang sudah lama biasanya dengan seringnya dipakai akan muncul lipatan [creasing]  lipatan atau kerutan pada  umumnya akan muncul pada bagian lengan. Solusi untuk menghilangkan lipatan pada jaket kulit cukup mudah, anda hanya tinggal menghaluskan bagian kulit jaket agar tidak kaku dengan cara menggosokan lotion [cairan atau pelembab] pada bagian yang mengkerut.  Lakukan dengan hati hati dan berulang-ulang sampai kondisinya menjadi lemas dan membaik
  3. Pemberian lotion secara berkala, lakukanlah secara rutin berguna untuk merawat jaket kulit agar kelenturan dan kelembutan kulit tetap terjaga, sehingga jaket kulit menjadi awet. Disarankan secara rutin berikan lotion/pelembab secara rutin bisa 3 s.d 4 minggu sekali. Caranya mudah cukup dengan mengoleskan pada seluruh permukaan kulit jaket lalu biarkan selama satu jam kemudian bersihkan dengan lap atau spon yang lembut supaya tidak merusak teksture kulit jaket.
  4. Bau yang tidak sedap pada jaket kulit apalagi timbulnya jamur biasanya akibat kondisi jaket dalam keadaan lembab. Untuk meminimalisir keadaan seperti ini, hindarilah menggunakan jaket kulit saat hujan turun, namun jika sudah terlanjur dikeringkan saja dengan cara dianginkan seperti point nomor 3 diatas. Jika menggunakan parfume hindari penyemprotan pada bagian permukaan jaket kulit, cukup pada bagian dalamnya saja, karena bahan kimia pada parfum akan merusak teksture kulit jaket kulit.
  5. Solusi/ cara mengatasi jaket kulit  yang terkena goresan, bagaimana cara menghilangkannya? caranya adalah dengan menggunakan semir sepatu, usahakan yang berwarna netral, setelah rata baru kemudian  dilap halus sampai merata dan kering. Semir berguna untuk menutup goresan pada permukaan jaket kulit, penggunaan semir berwarna berguna untuk menguatkan warna jaket kulit yang mulai pudar, sesuaikan warna semir dengan warna jaket kulit tersebut.
  6. Solusi/mengatasi jaket yang terkena noda atau kotoran, cukup anda gunakan minyak goreng atau baby oil, oleskan pada permukaan jaket kulit yang terkena kototan atau noda kemudian gosok dengan kain halus secara merata, setelah itu lakukan pengelapan dan biarkan kering. Babby oil juga dapat diberikan kepada jaket kulit sebagai pengganti lotion atau pelembab sebagai perwatan berkala secara rutin 3 s.d 4 minggu sekali.
  7. Bagaimana cara memperbaiki jika resleting jaket yang rusak ? jika resleting macet atau susah digerakan,  cukup kita gunakan lilin oleskan pada sepanjang jalur resleting secara merata, kemudian gerakan kepala resleting ke atas bawah maka keadaan pasti akan kembali normal, namun jika masih juga macet maka cek dulu bagian dalam/samping resleting apakah terdapat kerak putih kehijauan [karatan] jika ada maka tidak ada solusi lain kecuali mengganti resleting secara keseluruhan, sebaliknya jika tidak terdapat kerak putih [noda] pada deerah tersebut maka cukup mengganti kepala reslettingnya saja. 
  8. Tips menyimpan jaket kulit, menyimpan jaket kulit perlu perlakuan khusus, yang jelas jangan pernah melipat  jaket kulit anda [bisa menimbulkan lipatan]  jadi cukup digantung saja pake hanger [gantungan baju] kemudian letakkan di ruangan yang tidak lembab [diangin anginkan]. Jangan ditaruh di dalam lemari  karena bisa menimbulkan jamur.
Demikian tips-cara perawatan jaket kulit agar awet dan tahan lama, semoga menginspirasi dan bermanfaat untuk anda.

Description: TIPS-CARA PERAWATAN JAKET KULIT AGAR AWET & TAHAN LAMA Rating: 5.0 Reviewer: Woody Budi ItemReviewed: TIPS-CARA PERAWATAN JAKET KULIT AGAR AWET & TAHAN LAMA
Anda sedang membaca artikel TIPS-CARA PERAWATAN JAKET KULIT AGAR AWET & TAHAN LAMA dan artikel ini url permalinknya adalah http://www.frewaremini.com/2016/06/tips-cara-perawatan-jaket-kulit-agar-awet-dan-tahan-lama.html
Semoga artikel TIPS-CARA PERAWATAN JAKET KULIT AGAR AWET & TAHAN LAMA ini bisa bermanfaat.

1 comments:

  1. permisi, saya ingin memasang iklan di http://www.frewaremini.com/

    jika anda tertarik, silahkan hubungi kami di ulatbulu1355@gmail.com untuk informasi lebih lanjut.

    terima kasih

    ReplyDelete

siapa saja... silahkan berkomentar sesuai dengan bahasan tema postingan, terima kasih atas kunjungannya sobat :)

 
Bloglisting.net - The internets fastest growing blog directoryMy Ping in TotalPing.com Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Preview on Feedage: freewaremini Add to My Yahoo! Add to Google! Add to AOL! Add to MSN Subscribe in NewsGator Online Add to Netvibes Subscribe in Pakeflakes YouSayToo Revenue Sharing Community Subscribe in Bloglines Add to Alesti RSS Reader Add to Feedage.com Groups Add to Windows Live iPing-it Blogarama - The Blog Directory Add to Feedage RSS Alerts Add To Fwicki Add to Spoken to You
Feedage Grade A rated
DMCA.com