GAMBAR TEST BUTA WARNA-HURUF TOKEK-ISHIHARA-COLOURBLINDNESS

TEST BUTA WARNA-HURUF TOKEK
GAMBAR TEST BUTA WARNA-HURUF TOKEK-ISHIHARA-COLOURBLINDNESS. Huruf tokek merupakan alat instruksi atau alat penolong instruksi yang sering digunakan untuk test buta warma atau test ishihara [colourblindness]. Buta warna itu sendiri secara medis merupakan suatu kelainan medis yang dibawa oleh kromosom X yang diturunkan oleh orang tua [kelainan keturunan], kelainan dari kromosom X ini biasa disebut dengan sex linkage. Dari hasil berbagai penelitian membuktikan kelainan buta warna banyak terjadi pada kaum pria daripada wanita.

Pada seorang pria yang hanya mendapatkan gen resesif penyebab buta warna dari ibunya saja sudah bisa menampakkan adanya gejala buta warna. Namun pada wanita meskipun mendapatkan satu gen resesif buta warna dari ayah atau ibunya, belum tentu menampakkan adanya gejala buta warna. Pada wanita kemungkinan besar akan mengalami buta warna ketika ia mendapatkan gen resesif tersebut ketika berada dalam keadaan homozigot, atau mendapatkan warisan dari ayah dan ibunya sekaligus.

Dalam struktur anatomi mata, pada bagian retina terdapat 2 buah sel yang dapat menangkap warna, yaitu.
  • Sel batang [basilus] yang sangat peka terhadap hitam dan putih. 
  • Sel kerucut [konus] yang peka terhadap warna lainnya.
Pada orang yang mengalami kelainan buta warna disebabkan karena syaraf reseptor cahaya di retina mengalami perubahan, terutama sel kerucut tau sel konus.

Buta warna dikelompokkan menjadi 3 jenis yaitu ; buta warna Trikromasi, Dikromasi & Monokromasi.
  • Buta Warna Trikromasi, buta warna trikromasi terjadi karena perubahan sensitifitas warna dari satu jenis atau lebih sel kerucut.   Ada tiga macam buta warna  trikomasi yaitu:
  1. Protanomali merupakan jenis buta warna pada kelemahan warna merah [low red].
  2. Deuteromali merupakan jenis buta warna pada kelemahan warna hijau [low green]
  3. Tritanomali merupakan buta warna pada kelemahan warna biru [low blue], jenis buta warna Trikromasi-Tritanomali merupakan anomali buta warna paling sering ditemukan dibandingkan jenis buta warna lainnya.
  • Buta warna Dikromasi, disebabkan karena tidak adanya satu dari 3 jenis sel kerucut, yang terdiri dari:
  1. Sel kerucut Protanopia [sel kerucut warna merah] dengan tidak adanya sel protanopia menyebabkan kecerahan warna merah dan perpaduannya berkurang, 
  2. Sel kerucut Deuteranopia [sel kerucut warna hijau] sehingga dengan tidak adanya sel deuteranopia nerakibat kecerahan warna hijau dan perpaduannya menjadi kabur atau berkurang.
  3. Sel kerucut Tritanopia [sel kerucut warna warna biru], kehilangan sel kerucut tritanopia mengakibatkan penglihatan warna biru dan variannya menjadi berkurang.
  • Buta wana Monokromasi,  merupakan buta warna karena  hilangnya atau berkurangnya semua penglihatan warna, sehingga yang terlihat hanya putih dan hitam pada jenis typical dan sedikt warna pada jenis atypical. Jenis buta warna ini prevalensinya sangat jarang. 

Untuk mengetahui apakah anda buta warna atau tidak, silahkan untuk pendahuluan direkomendasikan memeriksakan diri pada dokter mata.  Atau jika anda sedang berada di depan monitor komputer dan sekarang berselancar di internet serta kebetulan membaca artikel ini, silahkan cek gambar-gambar huruf tokek di bawah ini [klik pada gambar untuk memperbesar]. Lalu kroscek hasil pengamatan anda dengan orang lain, sebisa mungkin lebih dari satu orang, apakah hasilnya berbeda ?


TEST BUTA WARNA-HURUF TOKEK
TEST BUTA WARNA-HURUF TOKEK
TEST BUTA WARNA-HURUF TOKEK
TEST BUTA WARNA-HURUF TOKEK
TEST BUTA WARNA-HURUF TOKEK
TEST BUTA WARNA-HURUF TOKEK

Test buta warna dengan huruf tokek ini biasa disebut test ishihara, merupakan test buta warna dengan menggunakan alat instruksi berupa lingkaran-lingkaran yang besar kecilnya berbeda-beda dengan susunan tertentu, yang beberapa diantaranya dirancang agar ada tulisan tertentu yang berkamuflase sehingga hanya dapat dilihat atau tidak dapat dilihat oleh penderita buta warna. 

Test buta warna merupakan prosedur penting pada kesehatan, TNI-Polri sampai saat ini masih melakukan test buta warna sebagai salah satu prosedur test kesehatan yang harus dilalui pada saat rekrutmen. Test buta warna ini biasanya juga prosedur test kesehatan yang dilakukan untuk rekrutmen pada karyawan lembaga-lembaga BUMN tertentu dan lembaga kedinasan strategis lainnya yang bersifat khusus.  Demikian gan, share saya mengenai Gambar Test Buta Warna-Huruf Tokek-Ishihara-Coloublindness, semoga bermanfaat. Salam hangat.

Share :
PreviousPost
NextPost

Author:

4 komentar:

  1. keren banget nih, hemat dana buat test kesehatan mata.. hahahaha
    untung ga buta warna dah XD

    BalasHapus
  2. iya kang alhamdulillah yah... makasih udah ngetest & berkunjung yah

    BalasHapus

Rekomendasi