loading...

Suriname jauh dimata dekat di hati

Monggo di Print

Suriname jauh di mata dekat di hati. Di dunia ini ada dua negara yang disokong secara signifikan oleh imigran Indonesia, yang pertama adalah Malaysia dan kedua Suriname. Di samping itu, di Belanda juga terdapat komunitas Jawa atau Indonesia yang cukup signifikan.

Di Suriname Etnik Jawa merupakan salah satu dari tiga etnik terbesar di samping Hindustan sebesar 135.000, Maroons 72.000 lebih, dan Jawa hampir 72.000 atau sekitar 15% padahal saat nenek moyang mereka saat dibawa oleh kolonial Belanda pada tahun 1890 (kini sudah 120 tahun)hanya berjumlah sekitar 100 orang saja. Setelah beberapa generasi, sekarang etnis jawa disana sangat terpandang dan memiliki kedudukan di pemerintahan. Berbagai partai jawa seperti KTPI (Kerukunan Tulodo Pranatan Inggil), Pertjaja Luhur dan PL (Pendawa Lima) sekarang memiliki kursi cukup banyak diparlemen. Di pemerintahan sekarang juga etnis jawa memiliki beberapa menterinya. berikut beberapa Pejabat Suriname yang berasal dari etnis jawa:

- Ketua Parlemen : P. Salam Somohardjo
- Menteri Pendidikan : Edwin Toekidjan Wolf
- Menteri Sosial dan Perumahan Rakyat : Hendrik Toekiman Setrowidjojo
- Ketua Federatie Njawidjie Agama Djowo Suriname : H. Posetiko.

Pertanyaannya, mengapa Suriname yang jauh rasanya justru dekat dibandingkan dengan Malaysia yang sangat dekat dan migrasinya berlangsung alami sejak lama? Budaya Jawa yang dikembangkan di Suriname membuat kita bangga dan rela bahwa bahasa Jawa dan budayanya dibawa begitu jauh, bahkan unsur-unsur budaya Jawa (seperti masakan) telah mempengaruhi budaya Karibia. Suriname adalah duta Jawa. Bahkan disinyalir hubungan diplomatik antara Indonesia dan Suriname hanya karena faktor emosional saja. Malaysia tentu saja memiliki akar budaya yang sama bukan saja dengan Melayu, tetapi juga dengan Bawean, Jawa, Sunda, Bugis dan NTB. Namun mengapa Malaysia sekarang terasa jauh? ...think about this... ??

Buat para rekan yang penasaran, anda bisa mendengarkan siaran radio suriname berbahasa jawa yang full irama campur sari serta lihat daftar program dan crewnya disini kalau streamingnya tidak support, bagi pengguna firefox silahkan download plugin WMP nya eeh jangan lupa setelah download restart dulu browser firefox anda :)

Description: Suriname jauh dimata dekat di hati Rating: 5.0 Reviewer: frewaremini ItemReviewed: Suriname jauh dimata dekat di hati
Anda sedang membaca artikel Suriname jauh dimata dekat di hati dan artikel ini url permalinknya adalah http://www.frewaremini.com/2010/04/suriname-jauh-dimata-dekat-di-hati.html
Semoga artikel Suriname jauh dimata dekat di hati ini bisa bermanfaat.

14 comments:

  1. Wah sukses deh gan... Keep Blogging...

    ReplyDelete
  2. Wah ternyata di suriname banyak etnik jawanya juga ta boz...hebat

    ReplyDelete
  3. sudah lama gw tau etnis jawa disana dominan...makasih infonya :)

    ReplyDelete
  4. Katanya bahasa jawa yang paling halus justru dikembangkan disana yan ?

    ReplyDelete
  5. @ Business & financial service :betul ya sob..sejak SMP kita juga udah tau ya...cuman sebenarnya mau share link streaming radio ama plug innya aja kok hihi..sama sedikit pertanyaan... thanks ya :)

    ReplyDelete
  6. @Dodi Faedlulloh : Dengar-dengar begitu sob..tp perkembangan terakhir..generasi mudanya mulai gemar pake bahasa taki-taki sbg bahasa gaul....

    ReplyDelete
  7. Kita harus bangga dunk, sedulur kita di suriname banyak yang jadi pejabat...

    ReplyDelete
  8. bahasajawadisana,masih pak eejaan lama,..ya,...
    btw saluteee,...
    by www.fajarbukan.blogspot.com

    ReplyDelete
  9. Have a fun weekend my dear friend. I hope everything is well with you.

    ReplyDelete
  10. I feel better than yesterday sam ... Your visit on this blog on a regular basis is always encouraging to work .. thanks a lot sam ... sweet greetings for you and your family ... woody:)

    ReplyDelete
  11. wahh q pnah tuh dngerin radio onlinenya lwt internet,
    txta sma aja bhsa jwanya cman beda dkit2,
    keren2 lgunya
    sipp dah.
    ijin bertukar link y sob,
    link blik :D

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  13. @paul : haduuuh aku ora ngerti karepmu mas paul :)ayak-ayak wae...yowis...tak link gps nya yoo.. :)

    ReplyDelete
  14. opo iki sing jenenge nyepam....hehe yowis rapopo...

    ReplyDelete

siapa saja... silahkan berkomentar sesuai dengan bahasan tema postingan, terima kasih atas kunjungannya sobat :)

 
DMCA.com