FAKTA PERBEDAAN ANTARA REPTIL DENGAN AMFIBI

FAKTA PERBEDAAN ANTARA REPTIL DENGAN AMFIBI
FAKTA PERBEDAAN ANTARA REPTIL DENGAN AMFIBI. Tentu saja kita sangat mengenal sekali antara binatang/ hewan jenis Reptil dan Amfibi. Terkadang kita susah atau sedikit disorientasi membedakan antara keduanya, karena antara Reptil dan amfibi memang memiliki sejumlah kesamaan,diantaranya keduanya merupakan hewan berdarah dingin atau ectomorphic [memiliki suhu tubuh berfluktuasi tergantung pada lingkungan]. Selain daripada itu, kedua jenis binatang [Reptil dan Amfibi] sama-sama bereproduksi dengan telur serta merupakan hewan bertulang belakang.

FAKTA PERBEDAAN ANTARA REPTIL DENGAN AMFIBI

Selain memiliki persamaan, antara  Reptil dan Amfibi memiliki beberapa perbedaan secara mencolok yang menegaskan bahwa antara keduanya memang bebeda mulai dari klasifikasi biologi, anatomi, fisiologi dan cara reproduksi. Contoh umum reptil diantaranya adalah ular, kadal, dan buaya, sementara hewan yang tergolong amfibi misalnya katak, kadal air, dan salamander. Nah setelah anda membayangkan contoh contoh hewan amfibi dan reptil diatas, bisa dipastikan akan sedikit kesulitan membedakannya bukan? Berikut di bawah ini kita bahas secara garis besar perbedaan antara Amfibi dan Reptil untuk menambah wawasan.

Perbedaan Amfibi dengan Reptil. Berikut akan diuraikan mengenai perbedaan antara amfibi dengan reptil.

1. Klasifikasi. Reptil dan amfibi, keduanya sama-sama diklasifikasikan dalam kerajaan Animalia, filum Chordata dan subfilum Vertebrata. Perbedaannya, amfibi termasuk dalam superkelas Tetrapoda dan kelas Amphibia. Sedangkan reptil tidak memiliki superkelas dan masuk dalam kategori Amniota dan kelas Reptilia.

2. Habitat. Perbedaan reptil dan amfibi terlihat pula pada habitat alami mereka. Sebagian besar amfibi hidup di tempat-tempat lembab yang dekat dengan sumber air. Reptil cenderung menghuni lokasi yang lebih beragam mulai dari gurun yang dihuni kadal dan ular hingga badan air yang dihuni buaya dan alligator.

3. Penampilan fisik. Antara Reptil dan Amfibi, perbedaan paling mudah terlihat pada struktur permukaan tubuh. Reptil memiliki sisik atau semacam perisai yang membuat kulitnya terasa kering dan bersisik. Sedangkan Amfibi di sisi lain, memiliki kulit yang lembab, halus, bahkan kadang-kadang sedikit berlendir. Amfibi memiliki kelenjar lendir yang membuat kulitnya terasa licin. Perbedaan lain yang mudah dikenali adalah bahwa reptil memiliki jari kaki dengan cakar, sedangkan amfibi tidak memiliki cakar.

4. Reproduksi. Amfibi dan Reptil sama sama berkembang biak dengan bertelur, namun keduanya memiliki struktur telur berbeda. Telur reptil mempunyai cangkang yang keras. Induk reptil biasanya meletakkan telur dalam sarang atau dikubur di dalam tanah. Sedangkan telur amfibi tidak memiliki membran pelindung dan umumnya ditemukan melekat pada batang tanaman bawah air.

5. Metamorfosis dan siklus hidup. Perbedaan Reptil dan Amfibi terlihat dalam siklus hidup mereka. Ketika menetas, anak-anak Reptil tampak mirip dengan induknya untuk kemudian tumbuh dewasa tanpa mengalami banyak perubahan bentuk. Sedangkan Amfibi memiliki siklus hidup yang lebih rumit, anak-anak amfibi sangat berbeda dengan induknya dalam segala hal. Kita bisa lihat Siklus hidup pada Katak sebagai contoh dari siklus hidup amfibi, sangat berbeda dengan reptil. Setelah menetas, katak muncul dalam bentuk yang disebut kecebong yang bernafas melalui insang. Pada tahap ini, amfibi muda tidak dapat bertahan hidup di luar air serta memiliki ekor. Seiring waktu, ekor kecebong akan hilang disertai dengan berkembangnya organ paru-paru yang memungkinkan katak bernapas di darat sementara tetap mempertahankan kemampuan untuk bernapas di bawah air.

6. Sistem Pertahanan. Sistem pertahanan diri antara Amfibi dan Reptil memilki metode yang berbeda. Amfibi lebih menggunakan sistem bertahan [defensive] sedangkan Reptil menggunakan sistem menyerang. Amfibi seperti katak dapat mengeluarkan racun melalui kulit yang merupakan mekanisme pertahanan diri. Reptil menggunakan cakar, ekor, serta gigitan untuk mempertahankan diri. Beberapa jenis reptil seperti ular memiliki bisa untuk membunuh mangsa sekaligus mempertahankan diri.

FAKTA PERBEDAAN ANTARA REPTIL DENGAN AMFIBI

Dari uraian di atas maka jelaslah sudah menunjukkan beberapa fakta perbedaan antara Reptil dengan Amfibi, walaupun tetap saja antara keduanya memiliki beberapa kesamaan. Kesamaan antara Reptil dan Amfibi juga dibuktikan adanya teori bahwa evolusi mereka menunjukkan fakta bahwa antara Reptil dan Amfibi memang berkerabat sangat dekat. Bahkan sebelumnya dalam ilmu biologi Amfibi dan Reptil dikelompokkan bersama pada subjek Herpetologi. Herpetologi sendiri sebuah kata ilmiah yang berasal dari Yunani "herpeton", yang berarti "makhluk hidup yang merangkak [merayap/melata]". Walaupun memiliki kesamaan namun tetap saja antara Amfibi dan Reptil keduanya adalah jenis hewan yang berbeda.

Share :
PreviousPost
NextPost

Author:

1 komentar:

  1. terima kasih infonya. Artikelnya bagus bgt.
    Mampir ke blog ak juga yuk http://goo.gl/jRhwtq

    BalasHapus

Rekomendasi