loading...

GAMBAR│FOTO│JENIS-MACAM-NAMA IKAN HIAS AIR TAWAR

Monggo di Print

GAMBAR│FOTO│JENIS-MACAM-NAMA IKAN HIAS AIR TAWAR
GAMBAR│FOTO│JENIS-MACAM-NAMA IKAN HIAS AIR TAWAR. Secara umum penggemar aquarist di Indonesia adalah para pecinta jenis ikan air tawar, selain ikan hias air tawar bisa didapatkan dengan harga paling murah faktor beaya perawatannyapun relatif lebih murah daripada ikan hias air laut.

Berikut di bawah ini adalah gambar-foto jenis dan macam ikan hias air tawar beserta keterangannya secara singkat sebagai referensi dan sedikit pengetahuan yang bisa saya share di sini.
    ikan koki
  1. Ikan Mas Koki.  Adalah  salah satu ikan hias yang cukup digemari di kalangan pecinta ikan hias.  Ikan Mas Koki berasal dari Cina, bentuknya lucu dan anggun karena sirip dan ekornya yang besar dan berumbai-rumbai indah. Ukuran tubuhnya dari yang terkecil hingga yang paling besar bisa mencapai 20 cm. Ikan Mas Koki memiliki berbagai macam warna, merah, kuning, hitam, putih, dan ada pula campuran berbagai warna. Selain itu, ikan ini pun memiliki jenis atau varietas sangat beragam. Bentuk badan umumnya bulat atau gemuk. Makin bulat biasanya makin digemari para penggemar. Pada beberapa jenis, mas koki kepala singa [lion head] dan mata balon, tidak memiliki sirip punggung. Ada pula yang mempunyai sirip ekor satu dan dua buah, terbuka atau mekar serta panjang. Ada jenis ikan Mas Koki yang bentuk siripnya kuncup dan tidak mekar, jenis ini kurang disukai dan tidak laku dijual. Adapun jenis ikan mas koki yang bagus, adalah ikan mas Koki Mutiara. Ikan koki mutiara merupakan jenis ikan mas yang mempunyai tubuh bulat dengan kepala kecil dan ekor lebar. Ikan ini berasal dari daratan cina, namun di Indonesia sudah lama dapat dibudidayakan. Pemasaran ikan ini selain di dalam negeri juga merupakan jenis ikan yang dieksport dan harganyapun cukup tinggi.

  2. GAMBAR│FOTO│JENIS-MACAM-NAMA IKAN HIAS AIR TAWAR

    ikan koi
  3. Ikan Koi. Ikan Koi berasal dari Jepang, sebenarnya merupakan jenis ikan Karper yang semula merupakan ikan konsumsi bagi para petani di Jepang sebagai sumber protein pada musim dingin.  Seiring dengan berjalannya budidaya ikan ini sebagai ikan konsumsi,  para petani menyadari bahwa beberapa dari ikan Karper tersebut memiliki warna yang berbeda, maka dari situlah awal pembudidayaan ikan koi dimulai sehingga sampai beberapa ratus tahun kemudian mengalami perkembangan yang cukup pesat dan menjadi beberapa jenis ikan Koi. Jenis-jenis ini didasarkan pada pola warna koi, sisik dan pertimbangan khas lainnya. Hingga di pasaran umum kita mengenal beberapa jenis ikan Koi Hikarimono, Matsuba, Hikarimoyo, Tancho, Shiro, Gosanke,  Utsurimono, Kawarimono, Asagi dan Goromo. 

  4. ikan komet
  5. Ikan Komet. Ikan komet merupakan strain atau keturunan dari ikan Mas Koki. Memiliki ukuran tubuh yang mungil dan bersirip dan berekor panjang. Ikan juga memiliki warna yang bagus yaitu perpaduan antara merah, oranye dengan putih atau perpaduan antara keduanya dengan warna yang terpisah [belang] seperti ikan Koi. Ikan Komet sangat digemari karena harganya yang murah, seukuran jari orang dewasa antara Rp 1500 hingga Rp 2.000 saja, sedangkan yang seukuran dua jari biasanya lebih mahal, sedangkan yang paling besar kira-kira sebesar 3 jari orang dewasa biasa sebagai indukan. Ikan komet memiliki ketahanan tubuh yang lebih baik dibandingkan ikan maskoki.  Lebih dari itu semua, harganya relatif murah sehingga diminati konsumen ikan hias.

  6. GAMBAR│FOTO│JENIS-MACAM-NAMA IKAN HIAS AIR TAWAR

    ikan discus
  7. Ikan Discus. Ikan Discus merupakan jenis ikan yang mempunyai bentuk tubuh pipih melebar atau gepeng. Ciri khas dari ikan diskus ialah benetuk badannya tubuh pipih, bundar mirip ikan bawal dengan warna dasar coklat kemerah-merahan. Ikan Discus di sebut sebagai rajanya ikan hias air tawar, Ikan ini juga sebenarnya adalah ikan pendamai dan dapat di campur dengan beberapa ikan dari jenis yang lain. Ikan Discus berasal dari sungai Amazon [Brasil]. Memiliki nilai ekonomis yang baik dan sangat disenangi di berbagai negara. Di Indonesia ikan Diskus sudah dapat dibudidayakan dan sangat potensil untuk dikembangkan karena selain dapat dipasarkan dipasaran lokal, juga dapat merupakan komoditas ekspor. Ikan Diskus sudah dapat dikembangbiakan setelah berumur antara 15 hingga 20 bulan. Adapun makanan yang umum dengan makan yaitu kutu air, cuk, cacing [makanan buatan] yang ada dipasaran.

  8. ikan manfish
  9. Ikan Manfish. Ikan Manfish [Angle Fish] berasal dari Amerika Selatan [Sungai Amazon], namun secara kuantitas telah banyak dibudidayakan di Indonesia. Ikan manfish disebut juga sebagai Ikan Angle Fish [Ikan Bidadari] atau kadang disebut dengan Ikan Layang-layang karena bentuk dan warnanya menarik serta gerakkannya yang tenang. ikan ini memiliki bentuk yang pipih dan lebih cenderung segitiga , ikan ini memiliki banyak sekali jenis dan juga corak warna yang bervariasi sehingga akan terlihat indah jika anda taruh di aquarium rumah anda, dan beberapa jenis ikan manfish yang dikenal di indonesia yaitu Diamond [Berlian], Imperial, Marble dan Black-White. Anda dapat menjumpai jenis ikan ini pada penjual ikan hias. Secara umum budidaya ikan manfish tidak membutuhkan lahan yang luas, bahkan dapat dilakukan dalam aquarium atau paso dari tanah, sehingga tidak membutuhkan investasi besar untuk budidayanya.

  10. ikan cupang_laga
  11. Ikan Cupang. Ikan Cupang atau Ikan Laga selain sebagai ikan hias,  juga sering digunakan sebagai ikan aduan. Ikan Cupang ini terkenal dengan daya tahan hidupnya yang tangguh, dengan volume air sedikit dan tanpa adanya alat sirkulasi udara [aerator], ikan ini masih dapat bertahan hidup. Ikan Cupang merupakan ikan air tawar yang habitat asalnya berada di Asia Tenggara. Dapat ditemukan di Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Vietnam. Ikan ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Di kalangan penggemar, ikan cupang umumnya terbagi atas tiga golongan, yaitu cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar. Di Indonesia terdapat cupang asli,salah satunya adalah Betta channoides yang ditemukan di Pampang, Kalimantan Timur.  

  12. GAMBAR│FOTO│JENIS-MACAM-NAMA IKAN HIAS AIR TAWAR

    ikan sumatera
  13. Ikan Sumatera. Ikan Sumatera mempunyai ukuran tubuh yang kecil, dengan panjang total [beserta ekor] mencapai 70mm. Tubuh berwarna kekuningan dengan empat pita tegak berwarna gela,; pita yang pertama melewati mata dan yang terakhir pada pangkal ekor. Diyakini ditemukan pertama kali pada perairan sungai-sungai di pulau Sumatera antara daerah Jambi, Lampung dan Riau. Ikan Sumatra senang berenang bergerombol. Bila dipelihara dalam jumlah kecil, kurang dari 5 ekor, ikan ini dapat menjadi agresif dan mengganggu ikan-ikan yang lain. Ikan ini terkenal sangat jahil, ikan yang lemah dan kurang gesit dapat menjadi sangat menderita akibat gigitan ikan sumatra yang dominan, yang terutama akan menyerang sirip-siripnya. Dalam kelompok yang besar, agresivitas ikan ini dapat terkendalikan.  

  14. ikan arwana
  15. Ikan Arwana. Ikan Arwana liar mungkin untuk saat ini sudah jarang ditemukan, karena ikan Arwana adalah jenis ikan hias dengan nilai ekonomis yang tinggi dan stabil. Ikan Arwana berasal dari daerah subtropis dan tropis, banyak di temukan di Indonesia, Malaysia, Vietnam, Birma, Thailand. Habitatnya adalah sungai – sungai besar dengan arus yang cukup deras. Jumlah arwana yang menurun drastis, bisa jadi karena diakibatkan oleh polusi air atau perburuan, Mungkin di daerah perariran Papua saja anda tidak terlalu kesulitan mencari ikan ini di perairan liar. Namun demikian Arwana yang beredar sekarang di pasaran adalah merupakan hasil dari pembibitan. Keindahan Ikan Arwana adalah pada bentuk tubuhnya yang jenjang panjang dan gemulai, bersungut [kumis] sehingga dijuluki sebagai Dragon Fish atau ikan Naga dengan sisik berbenruk besar berwarna mengkilat keperak-perakan. Bermacam variasi warnanya yang menakjubkan ada yang silver, emas , merah dan hijau. Arwana menjadi favorit bagi banyak orang karena besar sisiknya yang mempesona dan gerakan tubuhnya yang tenang gemulai. 

  16. ikan louhan
  17. Ikan Louhan. Ikan Lou Han adalah ikan hias yang juga banyak digemari di Indonesia. Louhan memiliki ratusan spesies, sehingga perkawinan silang antar Lou Han dari spesies yang berbeda dapat menghasilkan Lou Han yang cukup baik kualitasnya dengan ciri-ciri fisik tertentu, yaitu pada aspek warna, rajah dan keindahan bentuk. Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap perubahan warna ikan Lou Han adalah dengan pemberian pakan buatan di samping faktor genetik ikan tersebut. Terdapat banyak produk pakan Lou Han yang beredar di pasaran dan menawarkan keunggulan masing-masing antara lain untuk pertumbuhan, perubahan warna, perkembangan nonong dan penampakan sisik mutiara, sehingga membuat bingung konsumen untuk memilihnya. Terdapat juga strategi pasar yang membuat pakan yang dwifungsi atau tiga fungsi. Penelitian ini dilakukan untuk menguji berbagai merk pakan Lou Han yang beredar di pasaran terhadap perubahan warna khususnya warna merah pada ikan Lou Han Red Diamond, di samping itu untuk mengetahui pertumbuhan [pertambahan berat badan] ikan.  

  18. ikan oscar
  19. Ikan Oscar. Ikan Oscar merupakan ikan predator, mereka akan memangsa ikan lain yang ukurannya lebih kecil dari setengah ukuran badannya. Meskipun demikian Oscar dapat menerima hampir semua jenis pakan seperti flake, pellet, cacing, jangkrik, ikan mas kecil dan lain-lain. Pakan yang disukai oskar berupa pakan hidup karena sifatnya sangat karnivorus. Anak ikan dan udang disenangi oskar dewasa, sedangkan benih dan remajanya dapat diberi cacing sutera atau kutu air. Hampir semua Oscar yang beredar saat ini adalah hasil dari pembudidayaan, jarang yang merupakan tangkapan asli dari habitatnya. Ikan Oscar mempunyai bentuk dan warna yang menarik. Warna badannya kehitam-hitaman dengan batikan berwarna kuning kemerah-merahan.

    Dalam pemeliharaannya Ikan oscar memerlukan perlakuan sedikit khusus, terutama pada tata cara perkembangbiakannya, sehingga ikan Oscar ini termasuk ikan yang mahal. Oscar dapat mencapai ukuran 35 cm, akan tetapi rata-rata ikan ini berukuran maksimal 30 cm. Oscar termasuk ikan cerdas dan memiliki kepribadian. Mereka dapat belajar dengan cepat mengenai jadwal makannya. Hampir segala sesuatu yang berhubungan dengan makanannya dapat direkam dengan baik oleh ikan ini. Apabila dilatih, Oscar dapat menerima pakan langsung dari tangan pemiliknya. Mereka dapat melompat hingga ketinggian 15 cm agar dapat meraih pakan dari tangan si pemilik.

Demikian share saya mengenai gambar-foto jenis dan macam ikan hias air tawar beserta keterangannya secara singkat, semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa rawat akuarium anda dengan baik, selalu jaga kualitas air, dengan tetap memperhatikan kualitas filter, menambahkan arang atau tambahkan hiasan akuarium anda dengan tanaman Sri Rejeki. Tanaman Sri Rejeki ini adalah salah satu species tanaman yang bisa tumbuh didalam air, jenisnya ada banyak, anda bisa mendapatkannya di pasar hoby atau di toko toko penjual ikan hias dengan mudah. dengan menempatkan tanaman ini didalam aquarium, maka air aquarium anda akan jernih lebih lama. Sekian, Salam Hangat.

Description: GAMBAR│FOTO│JENIS-MACAM-NAMA IKAN HIAS AIR TAWAR Rating: 5.0 Reviewer: frewaremini ItemReviewed: GAMBAR│FOTO│JENIS-MACAM-NAMA IKAN HIAS AIR TAWAR
Anda sedang membaca artikel GAMBAR│FOTO│JENIS-MACAM-NAMA IKAN HIAS AIR TAWAR dan artikel ini url permalinknya adalah http://www.frewaremini.com/2015/08/gambarfotojenis-macam-nama-ikan-hias-air-tawar.html
Semoga artikel GAMBAR│FOTO│JENIS-MACAM-NAMA IKAN HIAS AIR TAWAR ini bisa bermanfaat.

2 comments:

  1. harga ikan oscar di pasaran rata2 brp ya gan?

    ReplyDelete
  2. ikan blackghost kok cepet mati ya min? apa sensitif sama air baru ya? soalnya baru 2 hari beli udah mati aja

    ReplyDelete

siapa saja... silahkan berkomentar sesuai dengan bahasan tema postingan, terima kasih atas kunjungannya sobat :)

 
DMCA.com