GAMBAR KUNCI GITAR BASS CHORDS LENGKAP

GAMBAR KUNCI GITAR BASS CHORDS LENGKAP. Gitar Bass merupakan alat-instrumen musik berdawai yang populer dan penting dalam ranah musik populer [meliputi berbagai macam genre musik industri termasuk pop, jazz, rock dan berbagai macam varian sub genrenya].
Secara fisik gitar bass tidak berbeda dengan gitar rythm atau gitar melodi, yang membedakan hanya bodynya saja yang sedikit lebih tebal & besar, dengan neck [leher] yang lebih panjang. Panjang neck gitar bass mempengaruhi lebar setiap fret [kolom gitar] yang lebar dari pada fret gitar biasa, hal ini untuk menyesuaikan panjang skala snar gitar bass yang lebih panjang dan tebal untuk menghasilkan suara yang lebih rendah dari senar gitar biasa.

Ada 3 macam gitar bass yang sering kita jumpai yaitu cello & contra bass [keduanya biasanya digunakan pada musik opera atau orchestra dan musik keroncong], gitar bass yang lain adalah gitar bass listrik yang biasa digunakan untuk musik industri [band]. Selain itu juga kita dapati gitar bass listrik fretless [tanpa fret pada neck] mirip dengan cello & contra bass.

GAMBAR KUNCI GITAR BASS CHORDS LENGKAP
GAMBAR KUNCI GITAR BASS CHORDS LENGKAP

Pada umumnya sering kita jumpai gitar bass memiliki 4 dawai [senar] untuk jangkauan nada-nada yang lebih simple untuk musik industri bergenre pop atau rock. Namun untuk jenis musik dengan jangkauan nada-nada yang lebih rumit, semisal musik jazz atau folk ataupun rock progressive biasanya banyak juga yang menggunakan gitar bass dengan lima atau enam dawai [senar].

Walaupun terkadang tidak tabu untuk seorang bassist musisi rock sering menggunakan gitar bass lima atau enam dawai untuk bereksplorasi, sehingga memungkinkan untuk memainkan lead bass lebih variatif semisal Billy Sheehan [Mr. Big] atau Steve Harris [Iron Maiden], terkadang Geddy Lee [Rush] juga tampak menenteng gitar bass lima dawai dalam pertunjukannya.

SISTEM PENALAAN GITAR BASS

Sistem penalaan gitar bass empat senar.
Gitar bass ditalakan ke "G-D-A-E", "G-D-A-D", "G-D-G-D", "D-A-E-B", "D-A-D-B (biasanya pola ini dipakai untuk musik-musik underground/ open D), "F-C-G-D" atau "F-C-G-C" Tetapi ada juga yang memakai Piccolo Bass dengan pola biasa "G-D-A-E" tetapi satu oktaf lebih tinggi.

Sistem penalaan gitar bass lima senar.
Gitar bass lima dawai ditalakan ke "G-D-A-E-B", "F-C-G-D-A" tapi kadang-kadang "C-G-D-A-E".

Sistem penalaan gitar bass enam senar.
Gitar bass enam dawai ditalakan ke "C-G-D-A-E-B", walaupun "E-B-G-D-A-E" juga suka dipakai.

Penalaan di atas diurutkan berdasarkan nomor senar [senar 1, senar 2, dan seterusnya], di mana senar 1 adalah senar terbawah dari gitar bass [senar yang paling kecil].  

Berikut di bawah ini saya share kunci gitar bass [chords] lengkap dari chords A B C D E F G berikut nada Minor & pengembangan harmonisasinya, untuk referensi anda. Jangan lupa klik pada gambar untuk memperbesar.

KUNCI GITAR BASS A CHORDS


KUNCI GITAR BASS B CHORDS



KUNCI BASS GITAR C CHORDS



KUNCI GITAR BASS D CHORDS


KUNCI GITAR BASS E CHORDS

KUNCI BASS GITAR F CHORDS



KUNCI GITAR BASS G CHORDS



Demikian share saya mengenai gambar kunci gitar bass chords lengkap kali ini, semoga bermanfaat untuk anda. Terima kasih telah berkunjung, salam hangat.
[sumber gambar : traditionalmusic.co.uk].
Share :
PreviousPost
NextPost

Author:

2 komentar:

Rekomendasi