SISTEM PERNAFASAN PADA IKAN DAN GAMBARNYA

GAMBAR & CARA BERNAFAS PADA IKAN
SISTEM PERNAFASAN PADA IKAN DAN GAMBARNYA. Mungkin anda bertanya-tanya tentang Pernafasan pada IkanMengapa ikan dapat bernafas di dalam air ?, begitulah pertanyaan secara umum. Semua mahkluk hidup bernafas untuk menghirup oksigen untuk kelangsungan hidupnya. Akan tetapi mungkin kita masih sering bertanya-tanya, bagaimana cara ikan bernafas di dalam air?

Jawabannya adalah insang, sistem pernafasan mahkluk hidup di darat dan di air memang berbeda. Jika sebagian besar mahkluk hidup di darat bernafas menggunakan paru-paru, maka sebagian besar mahkluk hidup yang hidup di air bernafas mengunakan insang, hampir semua jenis ikan bernafas menggunakan Insang, kecuali paus dan lumba-lumba karena keduanya sebenarnya bukan ikan akan tetapi mamalia air/laut.

GAMBAR & CARA BERNAFAS PADA IKAN
penampang insang pada ikan

Jika anda penasaran bagaimana cara ikan menghirup oksigen [bernafas] ? Begini ternyata penjelasan pernafasan pada ikan. Sudah kita jelaskan di atas bahwa semua ikan memiliki alat pernafasan berupa insang [kecuali paus dan lumba-lumba]. Insang adalah organ khusus untuk menyaring oksigen dari air. Insang terdiri atas sesuatu yang mirip tirai yang bergantung dengan lipatan-lipatan atau keping-keping halus yang bersisi penuh dengan pasokan darah. Kalau struktur dari insang kita buka lipatannya, maka akan terlihat besarnya akan 10-60 kali lebih besar dari permukaan tubuh ikan itu sendiri. Melewati insang inilah darah ikan bersikulasi.

GAMBAR & CARA BERNAFAS PADA IKAN

Air mengalir ke dalam mulut ikan dan masuk ke dalam melalui insang. Begitu mengalir ke insang, air dan darah ikan hanya dipisahkan oleh membran [selaput] yang sangat tipis [kurang dari 1/4.000 cm]. Ini berarti oksigen dari air hanya perlu melalui jarak yang sangat kecil ini untuk memasuki darah ikan. Dengan cepat oksigen diserap melewati selaput tipis ini ke dalam darah. Darah yang sudah penuh oksigen mengalir melewati arteri ke seluruh tubuh, termasuk jantung, memasok oksigen segar bagi ikan.

GAMBAR & CARA BERNAFAS PADA IKAN

Sambil menyerap oksigen dari air di dalam insang, darah juga membuang karbon dioksida pada air disekelilingnya. Pada ikan, karbon dioksida pindah dari darah melalui selaput tipis ke air yang bersikulasi di insang. Air keluar dan ikan melalui serangkaian insang sisi luar tubuh ikan dengan membawa sedikit oksigen dan membawa karbon dioksida. Ikan sudah penuh dengan oksigen dan membuang karbon dioksidanya tanpa bernapas satu kali pun. Bidang permukaan yang luas menyebabkan dapat bersentuhan dengan banyak air, dan dengan demikian menyaring sebanyak mungkin oksigen ke aliran darah ikan, maka ikan yang hidup pada volume airnya sedikit lama-lama juga mati lemas karena kekurangan oksigen pada medianya.


GAMBAR & CARA BERNAFAS PADA IKAN
Pernafasan pada Ikan

Seperti semua jenis binatang, ikan juga membutuhkan oksigen untuk hidup, namun tidak seperti binatang yang hidup di darat, ikan hanya dapat menghirup oksigen dari dalam air. itulah mengapa kita sering melihat ikan yang berada di luar air biasanya megap-megap mencari oksigen. Jika ikan dikeluarkan dari air, maka itu berarti ikan dikeluarkan dari sumber oksigennya. Hal ini terjadi karena saat berada di daratan Insang pada ikan pada umumnya berhenti bekerja dan mengering, memotong pasokan oksigen ikan.

Namun, beberapa ikan yang dapat hidup dan bernafas di darat atau daratan yang berlumpur dalam beberapa waktu tertentu. Pada beberapa ikan yang dapat bertahan di darat dan tanah berlumpur ini memiliki insang yang sudah mengalami evolusi sehingga bisa menjebak kelembaban, menjaga insang tetap basah bahkan pada saat terpapar udara. Sementara ikan lainnya menyerap oksigen dari udara melalui jaringan mulut, tenggorokan, dan kepala mereka. Belut air tawar [belut juga ikan] memiliki rancangan yang sangat cerdik, belut dapat bernapas dengan kulit merka yang lembab. Itulah gan, share saya mengenai SISTEM PERNAFASAN PADA IKAN DAN GAMBARNYA, semoga bermanfaat, salam hangat.
Share :
PreviousPost
NextPost

Author:

0 Comments:

Rekomendasi