JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR


JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR. Mamalia Laut-Air adalah merupakan kelompok hewan yang unik, menarik serta beberapa diantaranya cukup misterius bagi sebagian orang khususnya yang tinggal di daratan tropis, karena nyata sebagian dari mamalia laut tersebut hanya hidup di perairan sub-tropis yang dingin. Berbagai jenis mamalia laut memiliki beragam macam ukuran serta bentuk, dari ramping sampai yang gendut berlemak. Berikut di bawah ini kita kupas secara singkat mengenai jenis mamalia air laut di bawah ini.

Jenis dan macam mamalia air laut.

JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR
GAMBAR JENIS MAMALIA LAUT


1. CETACEA. [Paus, Lumba-lumba dan Pesut].
Cetacean adalah mamalia yang hidup di lautan, namun kita sudah biasa menyebutnya sebagai Ikan Paus, Ikan Lumba lumba ataupun Ikan Pesut. Walaupun pada kenyataannya mereka benar-benar bukan dari keluarga Ikan. Kata cetacean digunakan untuk menggambarkan semua paus, lumba-lumba dan pesut dalam ordo Cetacea. Kata ini berasal dari bahasa Latin yang berarti cetus "hewan laut besar," dan ketos kata Yunani, yang berarti "rakasa laut". Ordo Cetacea memiliki perbedaan dalam penampilan mereka, baik penyebaran, sifat dan perilakunya.

Catacean sendiri hidup ada sekitar 86 jenis spesies. Cetacea memiliki berbagai ukuran yang beragam dari Lumba-lumba Hector yang terkecil yang hanya berukuran sedikit lebih besar dari 39 inchi sampai dengan ikan paus terbesar yaitu Paus biru yang dapat mencapai ukuran lebih dari 100 meter. Cetacea hidup di semua lautan dan di banyak sungai utama di dunia.


JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR
GAMBAR JENIS-JENIS PAUS
JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR
PAUS BIRU [PAUS MYSTICETI/ TIDAK BERIGI]
JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR
PAUS SPERM [PAUS ODONTOCETI/ BERGIGI]
  • PAUS [WHALE]. Kita mengenal Paus ada 2 [dua] macam, yaitu paus bergigi [Odontoceti] dan paus tidak bergigi [Mysticeti]. Paus Odontoceti yang bergigi mempunyai ukuran yang lebih kecil daripada Paus Mysticeti. Paus Odontoceti [bergigi] adalah Paus pemangsa yang berburu ikan, sotong, dan mamalia laut sebagai makanan utamanya, mempunyai satu lubang pernapasan. Paus bergigi [Odontoceti] masih satu kerabat  dekat dengan lumba-lumba dan pesut. Sedangkan Paus tidak bergigi [Mysticeti] mempunyai ukuran tubuh lebih besar ketimbang Paus Odontoceti yang bergigi, yang paling terkenal adalah Paus Biru dengan ukuran raksasanya hingga mencapai ukuran panjang 33 - 100 meter dan dengan berat hingga 200 ton.

    JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR
    UKURAN PAUS BIRU [BLUE WHALE]

    JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR
    UKURAN PAUS KEPALA KOTAK [SPERM WHALE]

    Paus Mysticeti memang benar-benar tidak bergigi, namun sebagai gantinya mereka dilengkapi dengan struktur yang dikenal sebagai balin yang berbentuk sikat sebagai penyaring makanan. Balin pada Paus tidak bergigi berfungsi sebagai penyaring plankton sebagai makanan utamanya. Perbedaan mencolok lainnya antara Paus bergigi dan tidak bergigi adalah, pada Paus tidak bergigi [Paus berbalin] mereka dilengkapi dengan dua lubang pernapasan.

    JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR
    PAUS BIRU BERSAMA LUMBA-LUMBA

    JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR
    PAUS SPERM [KEPALA KOTAK]


    Ciri-ciri Paus. Walaupun kebanyakan mamalia hidup di daratan, fakta adalah Paus merupakan salah satu dari sedikit hewan kelas mamalia yang  hidup di lautan . Sehingga meskipun hidup di lautan, sebagai hewan kelas mamalia Paus  sama sekali berbeda dengan ikan.
    Paus memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
    • Paus bernafas menggunakan paru-paru 
    • Paus mempunyai kelenjar susu 
    • Paus berdarah panas 
    • Paus memiliki jantung dengan empat ruang 
    • Paus memiliki rambut [meski sedikit, kebanyakan pada paus dewasa]

  • Klasifikasi ilmiah dari Paus :
    • Kerajaan: Animalia 
    • Filum: Chordata 
    • Kelas: Mamalia 
    • Upakelas: Eutheria 
    • Ordo: Cetacea

JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR
LUMBA-LUMBA [DOLPHIN]


  • LUMBA-LUMBA [DOLPHIN]. Lumba-lumba merupakan salah satu jenis mamalia air laut hewan laut yang paling menarik perhatian manusia, selain bentuk mukanya yang lucu dan bersahabat, Lumba-lumba merupakan hewan cerdas dan bisa akrab berteman dengan manusia. Lumba-lumba dapat berkomunikasi serta memiliki kecerdasan diatas simpanse. Bahkan keistimewaan sistem alamiah yang dimiliki tubuh Lumba-lumba, banyak teknologi kelautan manusia sangat terinspirasi dari lumba-lumba. Baju renang, teknologi sonar, sensor radar kapal selam, hingga penyalahgunaan kecerdasan fisik Lumba-lumba sebagai pemburu ranjau oleh tentara Angkatan Laut yang banyak menuai protes. Lumba-lumba bisa dapat berinteraksi sangat dekat dengan manusia, tak heran Lumba-lumba banyak dimanfaatkan untuk dunia hiburan pada sirkus dan tontonan akrobatik, dan anak-anak sangat menyukainya. Bahkan Lumba-lumba juga sangat respek dan berempati dengan manusia dengan banyaknya kejadian seekor lumba-lumba menolong manusia yang tenggelam di laut dengan mendorongnya ke tepian pantai, dan ini bukan sebuah mitos.

    JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR
    INDUK LUMBA-LUMBA DAN ANAKNYA
    JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR


    Seperti halnya mamalia darat, Lumba-lumba adalah mamalia laut juga sangat sayang terhadap anaknya, dalam kehidupan sosial serta bonding anak lumba-lumba selalu berada di dekat induknya, dengan demikian induk Lumba-lumba selalu bisa melindungi anaknya dari bahaya. Seperti halnya dengan gajah yang begitu menyayangi anaknya, Lumba-lumba selalu menjaga hubungan dengan anaknya hingga tumbuh semakin besar. Komunikasi antara Induk dengan anaknya sangat intens mereka dapat berkomunikasi dengan semacam siulan khusus yang bisa mereka kenali antara induk dengan anaknya sendiri-sendiri tanpa keliru memanggil induk atau anak lumba-lumba yang lain.

    JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR

    JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR
    KEDEKATAN LUMBA-LUMBA DENGAN MANUSIA


    Jenis Lumba-lumba sangat banyak terhitung ada sekitar 36 - 40 jenis. Lumba-lumba masih satu kerabat dengan Paus dan pesut sehingga Lumba-lumba masuk pada Subordo Paus bergigi [Odontoceti]. Karena bergigi lumba-lumba termasuk karnivora pemakan ikan-ikan kecil dan cumi-cumi sebagai makanan utamanya. Sebagai hewan mamalia laut untuk bernafas Lumba-lumba perlu naik ke permukaan tiap waktu tertentu agar tetap hidup. Lumba-lumba mengambil oksigen di permukaan melalui lubang udara yang terletak di atas kepalanya.

    JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR
    LUMBA-LUMBA ADALAH SUBORDO PAUS BERGIGI [ODONTOCETI]


    Ciri-ciri Lumba-lumba. Sebagai hewan mamalia Lumba-lumba memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
    • Lumba-lumba bernafas menggunakan paru-paru 
    • Lumba-lumba berkelenjar susu 
    • Lumba-lumba berdarah panas 
    • Lumba-lumba memiliki jantung dengan empat ruang 

  • Klasifikasi ilmiah dari Lumba-lumba :
    • Kerajaan: Animalia 
    • Filum: Chordata 
    • Kelas: Mamalia 
    • Upakelas: Eutheria 
    • Ordo: Cetacea
    • Upaordo : Odontoceti
    • Famili: Delphinidae

JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR
PESUT [IRRAWADDY DOLPHIN]

  • PESUT [IRRAWADDY]. Pesut merupakan mamalia air ordo cetacea seperti halnya Paus dan Lumba-lumba. Meskipun mirip dengan Lumba-lumba, Pesut berbeda dengan Lumba-lumba, meskipun Pesut juga merupakan upaordo Paus Odontoceti [Paus bergigi], namun ada yang berbeda dengan bentuk gigi Pesut, giginya tidak berbentuk runcing namun datar seperti sekop. Pesut hidup di perairan tawar sekitar laut di India, Indocina, Filipina serta Kalimantan.

    JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR
    INDUK PESUT DAN ANAKYA
    JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR
    PESUT BISA MENYEMBURKAN AIR DARI MULUTNYA

    Dibandingka dengan Ordo Cetacea lainnya, Pesut memiliki ukuran paling kecil. Bayi Pesut tumbuh dengan cepat, lain halnya dengan Lumba-lumba yang mencapai kedewasaan seksual pada umur 7 sampai dengan 9 tahun, Pesut mencapai kematangan seksual lebih awal, beberapa diantaranya dapat bereproduksi ketika mereka berusia 3 tahun kemudian beranak pinak hingga hidup mencapai umur 20 - 30 tahun. Pada saat lahir, bayi pesut mempunyai ukuran panjang sekitar 1 meter, setelah dewasa beratnya lebih dari 130 kg dan panjangnya 2 hingga 2.3 meter saja. Makanan Pesut berupa Ikan, Krustasea [udang], Cephalopoda [cumi-cumi]serta telur ikan, spesies ikan mas [Cyprinidae] yaitu Cirrihinus siamensis dan Paralaubuca typus. Ada perilaku khas dari Pesut dibandingkan mamalia air lainnya yaitu Pesut dapat menyemburkan air melalui mulut ke arah atas yang dapat mencapai tinggi 1,5 meter yang dimaksudkan untuk menggiring ikan.

    JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR
    MESKI TAK SELINCAH LUMBA-LUMBA PESUT JUGA BISA BERAKROBAT

    Tidak seperti halnya dengan Lumba-lumba, Pesut biasanya tidak berkumpul dalam kelompok besar, akan tetapi mereka cenderung hidup secara individu atau dalam kelompok kecil yang tidak stabil. Spesies ini mempunyai melon [jaringan berlemak dan berminyak di kepala]. Moncongnya tidak khas, tidak runcing seperti Lumba-lumba. Sedangkan sirip punggung yang terletak dua pertiga posterior di punggung, pendek, tumpul, dan segitiga. Sirip tangan panjang dan lebar. Secara keseluruhan ia berwarna abu-abu cerah hingga biru tua, namun lebih putih di bawah tubuh daripada di punggung dan tentu saja tidak bersisik sama halnya dengan Paus atau Lumba-lumba.

    JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR
    BENTUK KEPALA PESUT

    Kepala pesut berbentuk tumpul membulat, sehingga tengkorak Pesut dewasa terlihat seperti tengkorak remaja cetacea lainnya. Seperti sudah disebutkan di atas, Pesut juga memiliki gigi berbentuk datar seperti sekop, salah satu ciri lain untuk membedakan mereka dari lumba-lumba yang memiliki gigi runcing bergerigi.

    Ciri-ciri Pesut. Sebagai hewan mamalia Pesut memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
    • Pesut bernafas menggunakan paru-paru 
    • Pesut berkelenjar susu 
    • Pesut berdarah panas 
    • Pesut memiliki jantung dengan empat ruang 

  • Klasifikasi ilmiah dari Pesut :
    • Kerajaan: Animalia 
    • Filum: Chordata 
    • Kelas: Mamalia 
    • Ordo: Cetacea
    • Upaordo : Odontoceti
    • Genus : Orcaella
    • Famili: Delphinidae
    • Spesies: O. brevirostris

JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR
KELUARGA PINNIPEDIA
JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR
PENYEBARAN PINNIPEDIA

2. PINNIPEDS. [Anjing laut, Singa laut, Gajah laut, & Walrus/Beruang laut].
Kata 'pinniped' dalam bahasa Latin berarti wing atau atau sirip-kaki. Pinniped dapat ditemukan di seluruh dunia. Pinnipeds berada di urutan carnivora dan subordo Pinnipedia, yang mencakup  anjing laut, singa laut, gajah laut, & walrus/beruang laut, keluarga ini terdapat sekitar spesies.

JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR

JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR
JENIS-JENIS PINNIPEDIA


Pinnipeds atau pinnipedia adalah nama dari kelompok hewan mamalia laut dalam klasifikasi ilmiah yang memiliki ciri-ciri khusus berupa adanya 4 sirip sebagai anggota badannya, lapisan lemak di bawah kulitnya, serta bernapas dengan paru-paru.  Berbeda dengan mamalia laut dari Ordo Cetacea [Paus, Lumba-lumba, Pesut] yang menghabiskan seluruh hidupnya di dalam air, hewan-hewan anggota Pinnipeds ini pada waktu tertentu dapat menjelajah ke darat untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu semisal berkembang biak, berjemur dan bersosialisasi dengan anggota kelompok.

JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR
AKTIFITAS PINNIPEDIA DI DARAT
JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR
POSTER BESAR JENIS-JENIS PINNIPEDIA DAN PENYEBARANNYA

Meski mempunyai kemiripan satu dengan yang lainnya anjing laut, singa laut, gajah laut, & walrus secara fisik mempunyai ciri-ciri yang terkadang membuat kita bingung dengan perbedaan antara anjing laut, singa laut, gajah laut, & walrus/ beruang laut tersebut.

JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR
ANJING LAUT [TRUE SEAL]

  • ANJING LAUT [TRUE SEAL]. Anjing laut [earless-seal] adalah mamalia laut/ air yang umumnya bertubuh licin dan cukup besar. Tubuhnya beradaptasi dengan baik untuk habitat akuatiknya, di mana mereka menghabiskan sebagian besar masa hidupnya. Sebagai tangan, kaki depannya berukuran besar dan berbentuk seperti sirip, dan tubuhnya menyempit ke belakang. Semua jenis anjing laut merupakan hewan karnivora yang memakan penguin, ikan, cumi dan hewan laut lainnya.

    JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR


    Ciri-ciri Anjing Laut. Sebagai hewan mamalia laut pada superfamili dan Subordo/clade Pinnipedia, masing-masing mempunyai kemiripan namun tetap saja perbedaan diantara mereka dapat dijelaskan seperti di bawah ini.

    JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR

    JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR
    CIRI-CIRI ANJING LAUT

    Berikut adalah ciri-ciri Anjing Laut :
    • Tidak memiliki daun telinga 
    • Tidak memiliki taring panjang 
    • Moncongnya agak meruncing 
    • Sirip depannya pendek 
    • Berbulu tipis, & bercakar 
    • Tidak bisa menekuk sirip belakangnya ke depan 
    • Tubuhnya diselubungi rambut tipis & pendek 
    • Di darat, berjalan seperti ulat dengan memakai sirip depan & perutnya 
    • Di air, berenang dengan cara menggerakkan sirip belakangnya 
    • Dalam klasifikasi ilmiah, termasuk dalam famili Phocidae

  • Klasifikasi ilmiah Anjing Laut :
    • Kingdom: Animalia
    • Phylum: Chordata
    • Class: Mammalia
    • Order: Carnivora
    • Clade: Pinnipedia
    • Superfamily: Phocoidea
    • Family: Phocidae

JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR
SINGA LAUT-EARED SEAL-SEA LION

  • SINGA LAUT [SEA LION]. Singa laut [eared-seal] juga merupakan mamalia laut, tumbuh dan beraktifitas di laut namun tetap dapat naik ke daratan untuk melakukan aktvitas berjemur, bersosialisasi serta berkembang biak. Habitat mereka meliputi perairan dingin di subarktik hingga tropis baik pada belahan bumi utara maupun belahan bumi selatan dengan pengecualian di samudra Atlantik. Singa Laut memiliki rentang hidup rata-rata 20-30 tahun.

    JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR

    JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR
    INDUK SINGA LAUT DAN BAYINYA

    Seekor singa laut California jantan beratnya pada rata-rata sekitar 300 kg dan mempunyai panjang tubuh sekitar 2,4 m, sementara singa laut betina berbobot lebih ringan sekitar 100 kg (220 lb) serta mempunyai panjang sekitar 1,8 meter. Singa laut terbesar adalah singa laut Steller yang dapat mencapai berat 1.000 kg dan tumbuh dengan panjang sekitar 3 meter. Singa laut mengkonsumsi sejumlah besar makanan pada satu waktu dan dikenal makan sekitar 5-8% dari berat badan mereka, sekitar 6,8-15,9 kg.

    JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR

    JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR
    SINGA LAUT-SEA LION-EARED SEAL


    Sebagai mamalia laut Subordo Pinnipedia, secara awam bentuk fisik dan perilaku Singa laut mirip dengan Anjing laut, juga merupakan hewan karnivora yang memakan penguin, ikan, cumi dan hewan laut lainnya. Namun memiliki ciri-ciri khusus yang sangat bertolak belakang membedakan antara keduanya.

    JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR
    CIRI-CIRI SINGA LAUT

    Berikut adalah ciri-ciri Singa Laut :
    • Memiliki daun telinga
    • Tidak memiliki taring panjang
    • Moncongnya panjang seperti moncong anjing
    • Sirip depannya panjang, tidak berbulu, & berkuku pendek
    • Bisa menekuk sirip belakangnya ke depan
    • Tubuhnya diselubungi rambut yang lebat & panjang
    • Di darat, berjalan dengan memakai keempat siripnya
    • Di air, berenang dengan cara menggerakkan sirip depannya
    • Dalam klasifikasi ilmiah, termasuk dalam famili Otariidae
    • Dalam klasifikasi ilmiah, termasuk dalam famili Otariidae

  • Klasifikasi ilmiah Singa Laut :
    • Kingdom: Animalia
    • Phylum: Chordata
    • Subphylum: Vertebrata
    • Class: Mammalia
    • Order: Carnivora
    • Suborder: Caniformia
    • Superfamily: Pinnipedia
    • Family: Otariidae
    • Subfamily: Otariinae

JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR
GAJAH LAUT-SEA ELEPHAT-ELEPHAT SEAL


  • GAJAH LAUT [ELEPHANT SEAL-SEA ELEPHANT]. Gajah laut merupakan mamalia laut yang bertubuh besar. Masuk dalam dalam Subordo Pinnipedia yang tidak bertelinga. Terdapat dua spesies Gajah Laut yaitu, Gajah Laut utara [M. angustirostris] dan Gajah Laut selatan [M. leonina], keduanya diburu ke ambang kepunahan pada akhir abad ke-19, tetapi jumlah telah pulih setelah ditetapkan sebagai hewan yang dilindungi.

    JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR
    GAJAH LAUT JANTAN

    Gajah Laut utara memiliki ukuran agak lebih kecil dibandingkan Gajah laut belahan selatan. Habitat Gajah Laut Utara berkisar pada pantai Pasifik Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko. Gajah Laut Utara dikembangbiakkan melalui peternakan di Pantai Pasifik di Race Rocks, di ujung selatan Pulau Vancouver di Selat Juan de Fuca. Sedangkan habitat Gajah Laut selatan ditemukan di belahan bumi selatan di pulau-pulau seperti Georgia Selatan dan Pulau Macquarie, dan di pantai Selandia Baru, Afrika Selatan, dan Argentina di Semenanjung ValdƩs, yang merupakan koloni Gajah Laut terbesar keempat di dunia.

    JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR
    BAYI GAJAH LAUT
    JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR
    INDUK GAJAH LAUT DAN ANAKNYA

    Gajah Laut menghabiskan 80% aktifitasnya di laut dan mereka dapat menahan nafas mereka selama lebih dari 100 menit, jauh lebih lama daripada mamalia non-cetacean lainnya. Gajah laut dapat menyelam 1.550 m di bawah permukaan laut. Kedalaman rata-rata penyelaman mereka adalah sekitar 300 sampai 600 m (980 ft ke 1970), biasanya selama sekitar 20 menit untuk betina dan 60 menit untuk yang jantan. Makanan favoritnya adalah cumi-cumi, gurita, belut, hiu kecil dan ikan besar. Selain sebagai perenang yang sangat handal, Gajah laut juga mampu bergerak cepat di darat. Gajah laut utara betina dapat hidup sampai 22 tahun, dan bisa melahirkan pada usia 3-4 tahun. Pria mencapai kematangan seksual pada usia 5-6 tahun, harapan hidup terpanjang Gajah laut utara jantan sekitar 14 tahun.

    JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR
    CIRI-CIRI GAJAH LAUT

    Berikut adalah ciri-ciri Gajah Laut :
    • Memiliki daun telinga
    • Tidak memiliki daun telinga
    • Tidak memiliki taring panjang
    • Betina moncongnya agak meruncing, sementara pejantan moncongnya besar & mirip belalai gajah
    • Sirip depannya pendek, berbulu tipis, & bercakar
    • Tidak bisa menekuk sirip belakangnya ke depan
    • Tubuhnya diselubungi rambut tipis & pendek
    • Di darat, berjalan seperti ulat dengan memakai sirip depan & perutnya
    • Di air, berenang dengan cara menggerakkan sirip belakangnya
    • Dalam klasifikasi ilmiah, termasuk dalam genus Mirounga, famili Phocidae

  • Klasifikasi ilmiah Gajah Laut :
    • Kingdom: Animalia
    • Phylum: Chordata
    • Class: Mammalia
    • Order: Carnivora
    • Suborder: Pinnipedia
    • Family: Phocidae
    • Genus: Mirounga


JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR
BERUANG LAUT - WALRUS

  • BERUANG LAUT. [WALRUS]. Walrus/ Beruang laut [Odobenus rosmarus] adalah mamalia laut besar dengan penyebaran habitat sekitar Kutub Utara di Samudra Arktik dan laut Subarctic dari belahan bumi utara yang dingin. Walrus adalah spesies hanya hidup dalam keluarga Odobenidae dan Odobenus genus. Spesies ini dibagi menjadi tiga subspesies, yaitu Walrus Atlantic yang hidup di Samudera Atlantik, Walrus Pasifik yang hidup di Samudra Pasifik, dan Walrus Laptevi, yang hidup di Laut Laptev Samudra Arktik.

    JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR

    JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR
    INDUK BERUANG LAUT DAN ANAKNYA

    Walrus/ beruang laut dapat berburu mangsa hingga dasar laut, mencari makanan fovoritnya yaitu kerang dan remis. Mereka juga menyukai ikan, anjing laut dan paus mati. Mereka menggunakan kumis sensitif mereka untuk menemukan makanan, Walrus juga memiliki hisapan yang kuat untuk menyedot mangsa dari cangkangnya atau mangsa yang bersembunyi di dasar laut. Dalam sebuah penelitian, walrus laptevi mengkonsumsi makanan 2-3% dari berat badan mereka setiap hari. Pada abad ke-19 dan ke-20 Walrus dieksploitasi untuk diambil taring/ gadingnya. Oleh karena itu jumlahnya menurun pada masa itu, namun jumlahnya telah meningkat kembali pada saat ini,setelah ditetapkan sebagai mamalia laut yang dilindungi.

    JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR
    CIRI-CIRI BERUANG LAUT


    Berikut adalah ciri-ciri Beruang Laut/ Walrus :
    • Tidak memiliki daun telinga
    • Memiliki sepasang taring/ gading yang panjang
    • Moncongnya pendek & datar di bagian depan, berkumis kaku
    • Sirip depannya panjang, tidak berbulu, & berkuku pendek
    • Bisa menekuk sirip belakangnya ke depan
    • Tubuhnya diselubungi rambut tipis & pendek
    • Di darat, berjalan dengan memakai keempat siripnya
    • Di air, berenang dengan cara menggerakkan sirip depan & belakangnya
    • Dalam klasifikasi ilmiah, termasuk dalam famili Odobenidae

  • Klasifikasi ilmiah Beruang Laut/ Walrus :
    • Kingdom: Animalia
    • Phylum: Chordata
    • Class: Mammalia
    • Order: Carnivora
    • Clade: Pinnipedia
    • Family: Odobenidae
    • Genus: Odobenus


3. SIRENIANS. [Manatee, Duyung, Sapi Laut]
Sirenia adalah hewan mamalia laut yang hidup pada masa Orde Sirenia, yang mencakup manatee dan dugong [Duyung] serta Sapi Laut,  Sirenia adalah herbivora laut mungkin karena mereka merumput di rumput laut dan tanaman air lainnya. Sedangkan Sapi Laut sendiri sekarang sudah punah.

JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR

JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR
SIRENIANS


JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR
INDUK MANATEE DAN ANAKNYA
  • MANATEE. Manatee adalah mamalia air sirenian yang sampai sekarang masih ditemukan di sepanjang pantai dan perairan pedalaman Amerika Serikat, Amerika Tengah dan Selatan, Afrika Barat, Asia dan Australia.  Ada 3 jenis manatee, yaitu West Indian Manatee, West African Manatee dan Amazonian Manatee, mereka ditemukan di sepanjang pantai Amerika Serikat bagian selatan, Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Afrika Barat. Manatee adalah hewan besar, tumbuh sekitar 10-15 meter dan berat rata-rata £ 1.000. Mereka memiliki wajah, gemuk, bulat tubuh berkumis dan bulat dengan ekor rata.

    JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR

    JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR

    JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR
    MANATEE

    Klasifikasi ilmiah Manatee :
    • Kingdom: Animalia
    • Phylum: Chordata
    • Class: Mammalia
    • Infraclass: Eutheria
    • Order: Sirenia
    • Family: Trichechidae



JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR
DUYUNG [DUGONG]


  • DUYUNG [DUGONG]. Duyung merupakan mamalia laut/ air yang  hidup di perairan hangat di sepanjang pantai dari Afrika Timur ke Australia. Kisaran ini mencakup setidaknya 48 negara. Duyung tumbuh panjang 8-10 meter dan berathingga £ 1.100. Duyung memiliki warna abu-abu atau cokelat serta mempunyai ekor mirip paus. Mereka bertubuh bulat, moncong berkumis dan dua lengan depan. Seperti Manatees, duyung adalah mamalia laut/ air sirenian , merupakan hewan herbivora laut yang mengkonsumsi tanaman air.

    JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR
    JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR
    JENIS-MACAM & GAMBAR HEWAN MAMALIA LAUT-AIR

    Klasifikasi ilmiah Duyung [Dugong] :
    • Kingdom: Animalia
    • Phylum: Chordata
    • Class: Mammalia
    • Order: Sirenia
    • Family: Dugongidae
Share :
PreviousPost
NextPost

Author:

4 komentar:

  1. Terimakasih gan, infonya sangat bermanfaat, mungkin ini bisa jadi penambahan tentang Mamalia Laut yang Bebahaya dan Menakjubkan
    terimakasih min.

    BalasHapus
  2. terima kasih kakak , bermanfaat sekali untuk pelajaran

    BalasHapus
  3. Di gambar, dikatakan paus biru panjangnya 29 meter, tetapi kenapa tiba2 ditulis jadi panjangnya 100 meter?
    Setahu saya yang benar adalah yang 20an meter, bukan 100 meter

    BalasHapus

Rekomendasi