TIPS-CARA MENGATASI/ MENGOBATI ANYANG-ANYANGEN

TIPS-CARA MENGATASI/ MEGOBATI ANYANG-ANYANGEN
TIPS-CARA MENGATASI/ MENGOBATI ANYANG-ANYANGEN. Gan, pernah ngerasain yang namanya anyang-anyangen? yakin saja....  semua sudah pernah mengalami, karena gangguan saluran buang air kecil ini sering menghampiri kita pada saat-saat yang tidak terduga. Menurut pengalaman saya sendiri sih anyang-anyangen sering terjadi ketika habis minum air dingin (es) tak lama kemudian tanpa sengaja minum air panas atau sebaliknya, maka dapat dipastikan tak lama kemudian saya akan mengalami anyang-anyangen. Mungkin untuk banyak orang yang berbeda mempunyai penyebab kasus yang beragam pula, karena secara medis penyakit/ gangguan anyang-anyangen ini merupakan salah satu penyakit infeksi saluran kemih yang disebabkan oleh masuknya bakteri.

Gangguan/ penyakit anyang-anyangen bisa dialami oleh siapa saja baik pria maupun wanita, dewasa maupun anak kecil, tua maupun muda semua dapat terserang anyang-anyangen. Anyang-anyangen ditandai dengan gejala kesulitan dalam buang air dari kemih sehingga urine/ pipis yang dikeluarkan tidak lancar namun sedikit demi sedikit atau menetes saja dengan rasa nyeri di saluran pembuangan dan hal itu terus berulang-ulang sehingga mengganggu aktifitas, karena berasa ingin ke kamar mandi terus-terusan dengan rasa nyeri, sesampai di kamar mandi ternyata cuma mak crit.... hadeeehh. Secara umum gangguan anyang-anyangen ini merupakan gejala dari infeksi yang terjadi di saluran kemih, terutama di leher kandung kemih dan saluran keluarnya urine (uretrhra). Dapat juga dikatakan sebagai gejala dari radang dan pembengkakan yang terjadi di kelenjar prostat pada laki-laki. Pada wanita yang baru menikah, terkadang juga merasakan sakit pada waktu buang air kemih.

TIPS-CARA MENGATASI/ MEGOBATI ANYANG-ANYANGEN
Sakit anyang-anyangan ini umumnya paling banyak dialami oleh wanita, karena organ reproduksinya lebih pendek, sehingga rentan mengalami gangguan di seputar saluran kemih, sedangkan pada pria memiliki alat reproduksi lebih panjang sesuai ukuran alat vitalnya. Kandung kemih yang sehat mampu menjaga keadaan saluran kencing dengan mengeluarkan urine secara teratur dan urine bebas bakteri. Namun, keadaan tertentu menyebabkan masuknnya bakteri (bakteri utama adalah Eschereschia coli atau E. coli) ke dalam saluan kencing, bakteri tersebut merupakan bakteri utama yang menyebabkan terjadinya infeksi saluran kemih beserta gejalanya. Bakteri ini berasal dari rektum atau dubur atau anus dengan leluasa dapat berpindah ke uretera. Saluran kencing wanita yang lebih pendek dibandingkan pria serta letak lubang kencing yang juga sangat dekat dengan dubur/anus mengakibatkan semakin mudahnya bakteri masuk ke uretra.

TIPS-CARA MENGATASI/ MEGOBATI ANYANG-ANYANGEN
Anyang-anyangan secara medis sebenarnya dapat dikatakan sebagai bagian dari penyakit gejala infeksi saluran kemih yang cukup mengkhawatirkan, namun secara umum menjadi hal yang biasa saja dan tidak terlalu merisaukan karena bisa dikatakan anyang-anyangen bisa menyerang siapa saja dan akan hilang begitu saja, karena hampir 10 % anyang-anyangan ini tidak menunjukkan gejala yang dapat dikenali penyebabnya [ masing-masing orang memiliki pengalaman kasus penyebab anyang-anyangen yang berbeda-beda ].

Berikut ini

gejala umum dari penyakit anyang-anyangan

, diantaranya :
  • Rasa sakit menggigit di bagian perut bawah dekat dengan tulang kemaluan. 
  • Terasa sakit atau sedikit nyeri ketika buang air kecil 
  • Timbul rasa masih ingin berkemih namun air kemih yang dikeluarkan sedikit atau menetes saja. 
  • Beberapa diantaranya yang mengalami sakit anyang-anyangen ini akan mengalami demam. 
  • Dalam beberapa kasus orang yang mengalami anyang-anyangan jika berlangsung lama akan mengakibatkan Infeksi Saluran Kemih [ ISK ] yang kemudian air kemih bercampur dengan darah serta menimbulkan bau yang tidak sedap dari air kemih tersebut. 
Anyang-anyangan yang merupakan salah satu penyebab dari infeksi saluran kemih ini dapat dibagi menjadi beberapa bagan penelitian dai infeksi saluran kemih, seperti :
  • Berdasarkan anatomi
    - Bawah : uritritis, sistitis infeksi superfisialis vesika urinaria), prostatitis.
    - Atas : pielonefritis (prosesf inflamasi parenkim ginjal), absen ginjal 
  • Berdasarkan klinis :
  • - Tanpa komplikasi seperti sistitis pada wanita hamil atau karena kelainan neurologis atau struktural yang mendasarinya.
    - Dengan komplikasi, seperti infeksi saluran kemih atas yang umumnya terjadi pada pria dan wanita hamil atau infeksi saluran kemih dengan kelaianan sturktural yang sama dan mendasarinya.

TIPS-CARA MENGATASI/ MENGOBATI ANYANG-ANYANGEN.
Secara medis anyang-anyangen memang merupakan gangguan infeksi pada saluran kemih karena adanya bakteri yang masuk, namun secara turun-temurun penyakit umum ini juga sudah banyak diketahui pengobatannya secara alami/ herbal warisan dari orang-orang terdahulu yang terbukti manjur, berikut ini adalah tips mengobati anyang-anyangen menggunakan ramuan herbal/ resep tradisional yang cukup populer :

Tips/ ramuan/ resep mengobati Anyang-anyangen - 1
Tips/ ramuan/ resep mengobati Anyang-anyangen - 1 :
Bahan : 60 gram kulit semangka segar (30 gram kering), 60 gram akar alang-alang segar, 60 gram rambut jagung.
Cara membuat : Silahkan cuci semua bahan diatas hingga bersih, kemudian rebuslah semuanya dengan menggunakan air sebanyak 800 cc sampai mendidih hingga hanya tersisa sekitar 400 cc, kemudian saringlah air rebusan tersebut dan diminum 2 kali sehari.

Tips/ ramuan/ resep Mengobati Anyang-anyangen - 2
Tips/ ramuan/ resep Mengobati Anyang-anyangen - 2 :
 Bahan : 30 gram meniran segar, 30 gram tumbuhan kumis kucing yang masih segar.
Cara membuat : Silahkan anda cuci dahulu sampai bersih semua bahan tadi, lalu rebuslah dengan air sebanyak 700 cc hingga mendidih dan tersisa kira-kira sebanyak 300 cc, setelah itu jangan lupa disaring lalu diminum 2 kali sehari.

Tips/ ramuan/ resep mengobati Anyang-anyangen - 3
Tips/ ramuan/ resep mengobati Anyang-anyangen - 3 :
Bahan : 30 gram daun keji beling segar, 30 gram daun belimbing manis segar
Cara membuat :  Cucilah semua bahan tersebut hingga bersih, lalu rebuslah dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, kemudian jangan lupa di saring dan minum 2 kali sehari.

Tips/ ramuan/ resep mengobati anyang-anyangen -  4
Tips/ ramuan/ resep mengobati anyang-anyangen -  4 : 
Bahan :  7 lembar daun alpukat, 30 gram daun cocor bebek.
Cara membuat : Cucilah semua bahan tersebut sampai bersih, kemudian direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 300 cc, setelah selesai jangan lupa dsaring dan minum 2 kali sehari.

Tips/ ramuan/ resep mengobati Anyang-anyangen - 5
Tips/ ramuan/ resep mengobati Anyang-anyangen - 5 :
Bahan : 30 gram sawi tanah segar, 30 gram semanggi gunung [tiki], 30 gram gula pasir.
Cara membuat : Cucilah semua bahan tersebut hingga bersih, lalu rebuslah bahan-bahan tersebut dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Jangan lupa tambahkan gula pasir lalu saring dan minum 2 kali sehari.

Tips/ ramuan/ resep mengobati Anyang-anyangen - 6
Tips/ ramuan/ resep mengobati Anyang-anyangen - 6 :
Bahan:  Jeruk nipis (citrus aurantifolia christm), Air panas, Gula pasir.
Cara membuat : Sediakan dua buah jeruk nipis yang masih segar lalu  di belah dan di peras, lalu campur perasan jeruk tadi ke dalam 1 gelas air panas, tambahkan  gula secukupnya tidak terlalu manis lalu diminum hangat-hangat.

Tips/ ramuan/ resep megobati Anyang-anyangen - 7
Tips/ ramuan/ resep megobati Anyang-anyangen - 7 :
Bahan: Buah sirsak [Annona muricata] setengah masak,  Gula pasir.
Cara membuat : Kupas buah lalu rebus dengan gula pasir dan 2 gelas air, gunakan api kecil untuk merebus,  Angkat setelah rebusan mendidih beberapa saat, tiriskan lalu disaring lalu di minum 2 kali sehari.


TIPS-CARA SUGESTI MENGATASI/ MENGOBATI ANYANG-ANYANGEN .
Selain pengobatan anyang-anyangen dengan ramuan herbal/ resep tradisional, tips mengobati anyang-anyangen dengan cara sugesti walaupun terkadang tidak masuk akal dan mungkin tidak ada hubungannya secara medis,  ternyata juga sudah ada secara turun-temurun dan pada banyak  orang ternyata dikatakan manjur untuk mengatasi anyang-anyangen tersebut.

TIPS-CARA MENGATASI/ MEGOBATI ANYANG-ANYANGEN
Sugesti mengatasi/mengobati anyang-anyangen - 1 : Lupakan.... lupakan anyang-anyangen anda beserta rasa sakitnya, isi dengan kegiatan yang lebih menyenangkan untuk membantu melupakannya, misalnya dengan bermain game, olah raga atau mengisi waktu dengan melakukan pekerjaan anda yang belum selesai. Intinya konsentrasi anda harus dialihkan secara fokus terhadap kegiatan lain, niscaya anyang-anyangen anda akan lenyap dengan sendirinya tanpa terasa.

Sugesti mengatasi/mengobati anyang-anyangen - 2
Iki Jempol Sikil
Sugesti mengatasi/mengobati anyang-anyangen - 2 : Namanya juga sugesti, toh terbukti banyak juga yang berhasil kata bapakke lan simbokke nyong, yaitu dengan cara mengikat jempol kaki anda dengan rambut sapu ijuk atau gelang karet.

Sugesti mengatasi/mengobati anyang-anyangen - 3 : Silahkan oleskan minyak angin, balsem dan sebangsanya ke titik pusar anda [udel], karena udel terasa pedas lama-lama kita kelupaan deh kalau lagi anyang-anyangen, tahu-tahu hilang saja anyang-anyangennya.

Sugesti mengatasi/mengobati anyang-anyangen - 4 : Banyaklah minum air putih pada saat itu, logikanya jika anda terserang anyang-anyangen.

Sugesti mengatasi/mengobati anyang-anyangen - 5 : Coabalah mengkonsumsi minuman bersoda saat anda terserang anyang-anyangen, mungkin ada  hubungannya dengan soda yang punya efek mengeluarkan cairan dari dalam tubuh (bikin pengen pipis terus)

TIPS-CARAMENGATASI/ MENGOBATI ANYANG-ANYANGEN . 

TIPS-CARA MENGATASI/ MEGOBATI ANYANG-ANYANGEN
Yang terakhir adalah tips mengatasi / mengobati anyang-anyangen dengan cara medis/ pengobatan dokter. Tentu saja anda harus periksa ke dokter :)   terutama bagi anda yang mengalami anyang-anyangen sampai pada batas waktu yang lama, karena ada beberapa kasus banyak juga yang mengalami anyang-anyangen hinga berhari-hari.

Dan dari beberapa kasus anyang-anyangen tak jarang juga yang disertai dengan  demam dan sakit yang sangat menyiksa pada bagian pinggang dan bawah perut. Maka jalan satu-satunya adalah pergi berkosultasi ke dokter untuk memperoleh saran dan pengobatan. Secara umum gangguan atau penyakit ini sering di identikan dengan ISK (infeksi saluran kemih).  Banyak hal yang menyebabkan anyang-anyangen yang berlanjut kepada ISK, kemungkinan-kemungkinan karena sering menahanan pipis, kurang minum air putih, salah mengkonsumsi minuman juga disebabkan kurang bersihnya organ pembuangan kita.
Share :
PreviousPost
NextPost

Author:

11 komentar:

  1. Sunny greetings from Belgium with 15 degrees outside my friend Woody from (the forest)

    BalasHapus
  2. Hatur nuhun yaa infonya...☺☺☺

    BalasHapus
  3. Trmksih infonya..
    Dr dulu yg sya lakukan saat anyang-anyangan ya ngasih minyak oles d sktar pusar, eee trnyata cm sugesti
    Hehe

    BalasHapus
  4. q lg anyang"en nih.. skit bgt rsanya.

    BalasHapus
  5. Haduh nyiksa bingit nih lagi anyang anyangen

    BalasHapus
  6. Haduh nyiksa bingit nih lagi anyang anyangen

    BalasHapus
  7. Haduh nyiksa bingit nih lagi anyang anyangen

    BalasHapus
  8. Minum air putih yg bnyak 😁😁

    BalasHapus

Rekomendasi