MANFAAT BROKOLI UNTUK KESEHATAN

MANFAAT BROKOLI UNTUK KESEHATAN
MANFAAT BROKOLI UNTUK KESEHATAN. Selain mempunyai tekstur yang menarik, terbukti brokoli selain digunakan sebagai sayur-mayur dan pelengkap menu makanan ternyata juga sangant bermanfaat bagi kesehatan. Dimana pada brokoli mengandung komposisi terdiri atasair, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, zat besi, vitamin (A, C, E, tiamin, riboflavin, nikotinamide), kalsium, beta karoten, dan glutation.
Di dalam brokoli juga terkandung senyawa sianohidroksibutena (CHB), sulforafan, dan iberin dimana iberin angat bermanfaat untuk  merangsang pembentukan glutation. Kandungan zat berkhasiatnya, yaitu sulforafan yang berguna untuk mencegah penyakit kanker.

Selain itu brokoli juga memiliki sifat dan kasiat mempercepat proses penyembuhan setelah sakit berat. Bagian pada brokoli yang dapat digunakan untuk pengobatan adalah bagian bunganya/ bunga brokoli. Dimana bunga brokoli dapat digunakan pengobatan untuk :
  • Mempercepat penyembuhan.
  • Mencegah dan menghambat perkembangan sel kanker.
MANFAAT BROKOLI UNTUK KESEHATAN
Cara penggunaan brokoli sebagai obat cukup sederhana karena kita hanya harus membiasakan diri mengkonsumsi brokoli untuk dimakan sebagai sayuran rebus atau dimasak dengan sayuran lain dengan porsi secukupnya setiap hari. Cara pemakaiannya cukup sediakan brokoli segar ukuran sedang, lalu potong-potong seperlunya. Selanjutnya dicuci kemudian direbus tidak terlalu lama, karena perebusan yang terlalu lama dapat berakibat merusak zat berkhasiatnya. Setelah direbus, brokoli dapat dikonsumsi bersama nasi.

MANFAAT BROKOLI UNTUK KESEHATAN

Brokoli termasuk pada keluarga kubis-kubisan sifatnya sebagai sayuran yang tidak tahan terhadap cuaca panas. Sehingga hal ini mengakibatkan brokoli tidak cocok di budidayakan di daerah berhawa panas sebaliknya sangat cocok dibudidayakan didaerah dingin, dataran tinggi yang mempunyai suhu udara lembab.

Brokoli juga mempunyai sifat tidak tahan terhadap hujan yang terus-menerus. Jika brokli tumbuh kembang pada saat musim penghujan biasanya pertumbuhannya akan menjadi kekuning-kuningan lama-lama akan membusuk dengan berbintik-bintik hitam. Daun dan sifat pertumbuhan brokoli mirip dengan bunga kubis. Bedanya, bunga brokoli berwarna hijau dan masa tumbuhnya lebih lama dari kubis bunga. Brokoli tersusun dari bunga-bunga kecil yang berwarna hijau, tetapi tidak sekompak bunga kubis. Demikian pula dengan tangkai bunganya yang lebih panjang.

MANFAAT BROKOLI UNTUK KESEHATAN

Dibandingkan dengan kubis bunga, setelah direbus tekstur brokoli akan terasa lebih lunak. Panen bunga brokoli dilakukan setelah umurnya mencapai 60-90 hari sejak ditanam, sebelum bunganya mekar, dan sewaktu kropnya masih berwarna hijau. Jika bunganya telah mekar, tangkai bunganya akan memanjang dan keluarlah kuntum-kuntum bunga berwarna kuning. Untuk disantap, perlu dimasak selama beberapa menit saja. Pemasakan yang terlalu lama akan mengurangi khasiat brokoli. Brokoli dapat diperbanyak dengan biji.
Share :
PreviousPost
NextPost

Author:

0 Comments:

Rekomendasi