LOGO-LAMBANG SATUAN ZENI AD SELURUH INDONESIA

Monggo di Print

LOGO KORPS ZENI
LOGO-LAMBANG SATUAN ZENI AD SELURUH INDONESIA. Keberadaan Korps Zeni merupakan pakem dalam dunia militer di semua negara, secara teknik dan taktik keberadaannya sudah seusia dengan adanya peperangan itu sendiri (sejak perang purba) di karenakan fungzi Zeni itu sendiri pada awalnya merupakan praktek ilmu perang
yang bersifat naluriah serta akal-akalan (improvisasi) pada kondisi insidentil yang membutuhkan keterampilan teknis semisal membuat jebakan, perangkap, menghancurkan perkubuan lawan dan fungsi pertahanan, menghambat dan memfasilitasi kelancaran gerak maju pasukan sendiri (kawan).

Ilustrasi Naluri alamiah taktik & teknik Zeni tradisional
[booby traps]
Dalam hal ini taktik Zeni bukan/tidak dihadapkan pada taktik bagaimana mencari & menghancurkan musuh dengan saling berhadapan langsung  beradu senjata, teknik bertempur Zeni lebih menggunakan kemampuan teknis yang bersifat taktis  untuk mendukung suksesnya kemenangan pasukan penyerbu (manuver).

Walaupun pada kondisi peperangan yang tidak bisa diprediksi segala kemungkinannya atau karena sebab kebutuhan taktis yang diperlukan tidak menutup celah pada situasi tertentu mereka harus beradu senjata dengan musuh karena wilayah operasinya di daerah abu-abu dengan mobilitas tinggi yang mengharuskan posisinya selalu dekat dengan pasukan penyerbu. Dalam keadaan tertentu dan darurat tentu saja Zeni bisa saja berubah menjadi fungsi Infanteri karena kebutuhan taktis yang mendesak.

Ilustrasi. Tangga jembatan-jembatan raksasa menembus
 benteng pertahanan kota Yerusalem

LOGO-LAMBANG SATUAN ZENI AD

Menurut muasalnya, Zeni merupakan kata serapan dari bahasa Belanda "Genie", yang berarti Genius, pandai/banyak akalnya. Pada masa perang kemerdekaan TKR menggunakan kata Genie pioneer digunakan untuk unit-unit Zeni yang belum solid struktur organisasinya, mereka adalah laskar-laskar pejuang yang berasal dari rakyat dan para pelajar yang terpanggil untuk mengangkat senjata seadanya.

Seiring terbentuknya TGP (Tentara Genie Pelajar) di masa Agresi Militer Belanda I secara taktis dan teknis pasukan Genie Pioneer semakin menunjukkan keberadaannya sebagai laskar-laskar dengan kemampuan vital dan membanggakan.

Sebagian besar TGP direkrut dari pelajar-pelajar sekolah teknik yang mempunyai semangat dan visi perjuangan. Pelajar Pejuang yang ingin belajar dan berjuang tentunya memikul konsekwensi yang berat, karena mereka harus membagi waktunya untuk tugas perjuangan dan tugas belajar disekolah. Adapun kesatuan-kesatuan Pelajar pejuang pada waktu itu adalah :

1. Tentara Republik Indonesia Pelajar (TRIP)
2. Tentara Pelajar (TP)
3. Tentara Genie Pelajar (TGP)
4. Corps Mahasiswa (CM)

KGPH Jatikusumo
Fakta sejarah berbicara, bahwa TGP selalu dilibatkan dalam operasi-operasi penghancuran pertahanan dan sabotase. Karena mereka telah di bekali dan dilatih oleh Detasemen Genie di Malang tentang teknik Zeni yang meliputi pengetahuan ranjau, bom, bahan peledak serta tugas-tugas perusakan. Semangat bertempur mereka terasah mulai dari Agresi Militer Belanda I, Front pertempuran di Jawa, Front Sumatera, Agresi Militer Belanda II hingga Penumpasan Pemberontakan PKI di Madiun dll. KGPH Jati Kusumo [KASAD pertama 1948-1949] adalah sesepuh Genie yang turut menjadi tokoh sentral dalam perjuangan.


Setelah melalui alur sejarah perjuangan tiada henti pada tahun 1961 kata serapan Genie di-Indonesiakan menjadi "Zeni". Korps Zeni AD telah turut berkiprah memberikan andilnya pada masa perjuangan fisik perang kemerdekaan yang menguras energi dan fikiran. Hingga di era berikutnya Korps Zeni AD tak pernah surut pada penugasan/ operasi militer perang (OMP) dan operasi militer selain perang (OMSP) baik di dalam negeri maupun di luar negeri di bawah bendera PBB.

Secara umum tugas-tugas operasi militer selain perang tersebut meliputi rehabilitasi pasca konflik, pemulihan keamanan, pasukan perdamaian, pasukan inti dalam rangka rehabilitasi pasca bencana alam. Rehabilitasi pasca bencana alam Tsunami di Aceh adalah contoh keberhasilan & kerja keras tak kenal lelah pasukan Zeni AD yang dikerahkan semua dalam membuka akses yang terputus pada wilayah-wilayah yang terisolasi. Saat itu infrastruktur di Aceh mengalami kehancuran yang tak bisa dilukiskan dengan kata-kata.  Inilah pasukan yang sedikit bicara dan banyak bekerja.

Di era modern Zeni (Engineer) merupakan kesatuan standar militer yang harus dimiliki oleh kesatuan militer di negara manapun khususnya angkatan darat & satuan marinir, karena fungsi dan perannya yang terus dibutuhkan  dalam pertempuran sebagai fungsi bantuan tempur.  Inti dari fungsi bantuan tempur Zeni adalah bersifat improvisasi, insidentil, dan menggunakan standar teknik yang khusus dikualifikasikan pada Satuan Zeni.  Zeni Tempur sendiri secara umum baik di luar negri maupun di Indonesia mempunyai fungsi sebagai pasukan Bantuan Tempur terhadap Pasukan Manuver (Infanteri) berupa Bantuan Tempur Zeni (Banpurzi) dan Bantuan Administrasi Zeni (Banminzi).

Banpurzi diaplikasikan pada segala pekerjaan yang bersifat  :
  • Membantu gerak maju/ manuver pasukan kawan (Mobility) melaksanakan destruksi/penghacuran rintangan buatan berupa lapangan ranjau dan rintangan konstruksi buatan, mengatasi booby traps, penjinakan bahan peledak, breaching, penghancuran perkubuan, penyeberangan (bridging), penyelidikan Zeni untuk memperoleh data-data bekal dan rute manuver dll. 
  • Menghambat gerak maju pasukan lawan (Counter Mobility) melaksanakan pekerjaan pembuatan rintangan aksi hambat gerak maju lawan dan membuat perkuatan medan di depan pertahanan. Tugas tersebut  berupa lapangan ranjau, konstruksi rintangan buatan, membuat booby traps, sabotase infrastruktur dalam rangka aksi hambat ataupun dalam rangka efek deterrent yang menimbulkan kerugian materiil maupun psikis, mengkodisikan rintangan alam/ rintangan abatis atau mengkombinasikannya menjadi great barrier yang sulit ditembus oleh lawan dari darat.
Ilustrasi Fungsi Zeni

Ilustrasi Fungsi Zeni
Banminzi adalah segala upaya kegiatan dan pekerjaan yang dilakukan oleh prajurit Zeni di medan Tempur dalam rangka membantu pasukan manuver di garis belakang. Tugas ini mengandung misi agar pasukan kawan tetap survive &  tetap dapat bertahan. Pekerjaan Zeni tersebut melalui pembuatan bunker dan perkubuan berat, konstruksi samaran skala besar. Termasuk membuat konstruksi-kontruksi & alutsista tiruan sebagai kamuflase. Pembuatan  parit-parit tempur dan melaksanakan penyelidikan Zeni untuk memperoleh  data teknis zeni yang meliputi cuaca, medan dan iklim, data bekal di medan yang dapat digunakan untuk survive dan rute pengunduran. Zeni juga melaksanakan proteksi & dekontaminasi Nubika, perbekalan air & listrik dll yang berhubungan dengan pekerjaan Zeni.  Bantuan Administrasi Zeni ini hanya bersifat kebutuhan yang bersifat taktis dan teknis di medan tempur.

Zeni TNI Angkatan Darat mempunyai 9 tugas Pokok terdiri dari:
  • Konstruksi
  • Destruksi
  • Rintangan
  • Samaran 
  • Penyeberangan
  • Penyelidikan Zeni
  • Perbekalan Air & Listrik
  • Penjinakan bahan peledak (Jihandak)
  • Nuklir-Biologi-Kimia (Nubika) pasif.
Zeni merupakan salah satu fungsi kecabangan dalam tubuh TNI Angkatan Darat dengan Ditziad (Direktorat Zeni Angkatan Darat) yang bertugas sebagai pembina fungsi kecabangan. Zeni Angkatan Darat mempunyai beberapa satuan.  Terbagi dalam Satuan Setingkat :

  • Balak (Badan Pelaksana) dan Kotama [Komando Utama], yang tersebar di seluruh Indonesia meliputi Zeni Kodam (Zidam), Zeni Kostrad, Zeni Akmil dan Zeni Kopassus.
  •  Batalyon,  (Batalyon Zeni tempur/ Yon Zipur dan Batalyon Zeni Konstruksi/Yon Zikon) yang tersebar di seluruh Indonesia sebanyak 7 Batalyon Zipur di bawah Kodam dan 2 Batalyon Zipur di bawah Kostrad serta 4 Batalyon Zikon di bawah Menzikon Ditziad.
  • Detasemen,  terdiri dari 12 Den Zipur yang tersebar di seluruh Indonesia sebagai pasukan organik Kodam.
  • Kompi,  terdiri dari 2 Kompi khusus (satu-satunya Kompi yang ada di Indonesia) terdiri dari Kompi Zeni Jihandak (Penjinak Bahan Peledak) dan Kompi Zeni Nubika (Nuklir-Biologi-Kimia).
Selain satuan-satuan diatas masih terdapat satuan-satuan Zeni lainnya yaitu, 2 satuan Zeni di bawah Kodiklatad yang mempunyai fungsi sebagai pembina doktrin serta menyelenggarakan pendidikan dan latihan yaitu :
  • Pusdikzi Kodiklatad
  • Kizi Puslatpur
Juga satuan Zeni yang langsung di bawah kendali Mabesad, yaitu :
  • Satkon Mabesad
  • Den Deteksi Paspampres
Berikut saya share Logo-Lambang Satuan-satuan Zeni AD, meliputi :
  • Logo Korps Zeni TNI AD, Logo Pusdikzi Kodiklatad,Logo Yon Zipur 1 Kodam I/Bukit Barisan, Logo Yon Zipur 2 Kodam II/Sriwijaya, Logo Yon Zipur 3 Kodam III/Siliwangi, Logo Yon Zipur 4 Kodam IV/Diponegoro, Logo Yon Zipur 5 Kodam V/Brawijaya, Logo Yon Zipur 8 Kodam VII/Wirabuana, Logo Yon Zipur 9/1 Kostrad, Logo Yon Zipur 10/2 Kostrad , Logo Yon zipur 16 Kodam Iskandar Muda.
  •  Logo Denzipur 2 Kodam I/Bukit Barisan, Logo Denzipur 3 Kodam Jaya, Logo Denzipur 4 Kodam VII/Wirabuana, Logo Denzipur 5 Kodam XVI/Pattimura, Logo Denzipur 6 Kodam XII/Tanjungpura, Logo Denzipur 7 Kodam VI/Mulawarman,  Logo Denzipur 8 Kodam VI/Mulawarman,  Logo Denzipur 9 Kodam IX/Udayana,  Logo Denzipur 10 Kodam XVII/Cendrawasih,  Logo Denzipur 11 Kodam XVII/Cendrawasih,  Logo Denzipur 12 Kodam XVII/Cendrawasih,  Logo Denzipur 13 Kodam XVII/Cendrawasih.
  •  Logo Yon Zikon 11 Ditziad, Logo Yon Zikon 12 Ditziad, Logo Yon Zikon 13 Ditziad, Logo Yon Zikon 14 Ditziad.
  • Logo Kompi Nubika Ditziad, Logo Kompi Jihandak Ditziad.

  LOGO-LAMBANG SATUAN ZENI AD SELURUH INDONESIA.

LOGO-LAMBANG KORPS ZENI & PUSDIKZI
LOGO KORPS ZENI TNI AD
LOGOPUSDIKZI KODIKLATAD
LOGO-LAMBANG DENZIPUR 2-3-4-5-6-7-8-9-10-11-12-13
LOGO DENZIPUR 2
LOGO DENZIPUR 3
LOGO DENZIPUR 4
LOGO DENZIPUR 5
LOGO DENZIPUR 6
LOGO DENZIPUR 7
LOGO DENZIPUR 8
LOGO DENZIPUR 9
LOGO DENZIPUR 10
LOGO DENZIPUR 11
LOGO DENZIPUR 12
LOGO DENZIPUR 13
 
LOGO-LAMBANG YONZIPUR 1-2-3-4-5-8-9-10-16
LOGO YONZIPUR 1
LOGO YONZIPUR 2
LOGO YONZIPUR 3
LOGO YONZIPUR 4
LOGO YONZIPUR 5
LOGO YONZIPUR 8
LOGO YONZIPUR 9
LOGO YONZIPUR 10
LOGO YONZIPUR 16
 
LOGO-LAMBANG YONZIKON 11-12-13-14
LOGO YONZIKON 11
LOGO YONZIKON 12
LOGO YONZIKON 13
LOGO YONZIKON 14
 
LOGO-LAMBANG KIZI JIHANDAK & KIZI NUBIKA
LOGO KIZI JIHANDAK
LOGO KIZI NUBIKA
 
LOGO-LAMBANG DEN DETEKSI PASPAMPRES
LOGO DEN DETEKSI PASPAMPRES
 
LOGO-LAMBANG KIZI PUSLATPUR
LOGO KIZI PUSLATPUR
[sumber logo :http://ardilamadi.blogspot.com/]

Description: LOGO-LAMBANG SATUAN ZENI AD SELURUH INDONESIA Rating: 5.0 Reviewer: Woody ItemReviewed: LOGO-LAMBANG SATUAN ZENI AD SELURUH INDONESIA
Anda sedang membaca artikel LOGO-LAMBANG SATUAN ZENI AD SELURUH INDONESIA dan artikel ini url permalinknya adalah http://www.frewaremini.com/2014/01/logo-lambang-satuan-zeni-ad-seluruh.html
Semoga artikel LOGO-LAMBANG SATUAN ZENI AD SELURUH INDONESIA ini bisa bermanfaat.

1 comments:

  1. Dengan begitu bangga ya saya bisa bergabung dengan corp zeni maka saya ingin persembahkan lagu saya sendiri untuk di ajukan sebagai lagu hymne Zeni yg selama ini corp zeni belum mempunyai lagu hymne



    ReplyDelete

siapa saja... silahkan berkomentar sesuai dengan bahasan tema postingan, terima kasih atas kunjungannya sobat :)

 
DMCA.com