Get our toolbar!

MENGATASI DINDING-TEMBOK LEMBAB-REMBES AIR

Monggo di Print

ENGATASI DINDING-TEMBOK LEMBAB-REMBES AIR
MENGATASI DINDING-TEMBOK LEMBAB-REMBES AIR. Pada kenyataannya kita sering jengkel mendapati dinding-tembok rumah menjadi lembab karena rembes air sehingga mengakibatkan cat tembok-dinding rumah menjadi berjamur, hal ini akan mengakibatkan dinding terlihat seperti ada noda akibat rembesan air, sangat tidak enak dipandang, bahkan lama-lama akan mengakibatkan cat dinding rumah mengelupas. Hal ini biasanya terjadi pada saat sedang musim penghujan, karena curah hujan cukup tinggi, air yang merembes ke dalam dinding juga semakin banyak.

Mengatasi dinding-tembok rumah lembab karena rembesan air membutuhkan kesabaran, sedikit kerja keras dan tips-tips khusus. Rembesan air pada dinding rumah ini biasanya juga terjadi di antara pertemuan dinding dengan atap rumah. Rembesan air pada dinding ini juga mengakibatkan lembab di antara perbedaan level bangunan, antara lain pada perbatasan antara toilet dengan dapur, bisa juga terjadi pada perpaduan bahan yang berbeda, misalnya pertemuan antara tembok dengan pipa (plumbing).

ENGATASI DINDING-TEMBOK LEMBAB-REMBES AIR

Akibat-akibat yang di timbulkan akibat rembesan air pada dinding, sangat mengganggu, secara umum akan mengakibatkan hal-hal seperti di bawah ini:
  • Timbul bercak-bercak seperti jamur yang muncul pada dinding rumah. 
  • Timbul penggelembungan dan pengelupasan cat (sangat tidak enak dipandang). 
  • Mengakibatkan ruangan menjadi lebih lembab. 
  • Muncul bau tidak sedap, antara bau lembab dengan bau cat.
  • Lebih jauh mengakibatkan, perabot rumah seperti almari dll, yang bersinggungan dengan tembok juga turut menjadi lembab dan jamuran, hati2 dengan pakaian anda.
  • Pigura-pigura foto/ lukisan yang anda pasang di tembok juga ikut lembab, sehingga jangan kaget jika tidak anda periksa foto/ lukisan anda di tumbuhi jamur dan rusak.
Untuk mengatasi dinding-tembok rumah lembab karena rembes air, ada beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan sebagai solusinya, yaitu:
Jika rumah anda baru akan dibangun, silahkan lakukan langkah antisipasi sebagai berikut :
  • Silahkan gunakan campuran mortar sebagai bahan plesteran dinding dengan zat aditif integral waterproofing (redseal plesteran).
  • Anda juga bisa mengatasi dinding-tembok rumah yang lembab karena rembesan air ini dengan mensubtitusi bahan trasraam, umumnya trasraam dibuat dari susunan bata yang dilapisi mortar cement. Tetapi jika ingin mencoba bahan lain untuk trasraam, ada beberapa kombinasi material yang bisa anda gunakan, diantaranya adalah: trasraam dari lapisan aspal, karet trasraam, trasraam seng papak, susunan bata yang diplester dengan semen emulsi yang kedap air.
MENGATASI DINDING-TEMBOK LEMBAB-REMBES AIR
Trasraam
Jika rumah anda adalah rumah lama, maka ada beberapa solusi treatment yang bisa dilakukan, diantaranya adalah: Perawatan dan perbaikan dinding rumah bagian luar.

Jika rembesan air hanya meninggalkan noda berupa spot-spot yang tipis, maka rembesan air ini dapat diatasi dengan waterproofing yang biasa kita temui di toko-toko bahan bangunan, anda tinggal memilih waterproofing type coating.
Tapi bila rembesan air yang terjadi cukup besar dan membuat dinding rumah bagian dalam rusak parah, maka waterproofing type coating kurang cocok untuk digunakan karena waterproofing type coating tidak kuat menahan tekanan air dari dalam tembok. Hasilnya waterproofing tersebut akan menggelembung.

Sama halnya dengan penggunaan cat minyak untuk menahan rembesan air, ide ini kurang tepat karena air dari dalam dinding akan melarutkan zat alkali semen, kemudian zat alkali semen yang bertemu dengan cat minyak (alkyd) menghasilkan reaksi penyabunan yang menyebabkan cat minyat melunak dan terlepas dari dinding.Untuk mengatasi masalah ini, anda dapat melakukan plesteran ulang atau melapisi plesteran lama pada dinding bagian luar rumah dengan plesteran baru yang ditambahkan zat aditif. Zat aditif yang cocok untuk dinding waterproofing adalah redeseal atau Weldcrete coating, redseal ini adalah waterproofing yang anti lembab (dampproof) sementara Weldcrete coating adalah zat aditif campuran mortar untuk aplikasi anti air.

Bila rembesan air disebabkan oleh adanya keretakan pada dinding bagian luar rumah, maka proses perbaikan harus difokuskan pada bagaimana mengatasi dan memperbaiki keretakan dinding luar rumah anda. Untuk dinding yang retaknya  1 mm, anda dapat menambal bagian yang retak tersebut dengan campuran mortar semen yang ditambahkan Weldgrout. Weldgrout adalah zat aditif berupa bahan perekat yang waterproofing dan biasanya ditambahakan pada campuran mortar (PC+aggregat halus) untuk plesteran dinding luar rumah.

Jika retakan dinding luar besarnya 1 mm, solusinya adalah: potong area atau bidang dinding yang retak menggunakan mesing pemotong keramik (ceramic cutter), bisa juga dengan melebarkan area retakan dengan menggunakan betel. Kemudian retakan yang sudah dipotong atau dilebarkan itu lalu dibersihkan dan dilembabkan. Buat campuran mortar yang ditambahkan Weldgrout, kemudian isi semua celah retakan yang sudah dibersihkan tadi dengan campuran mortar+Weldgrout.

Perawatan dan perbaikan dinding rumah bagian dalam. 

Jika dinding rumah anda berhimpitan atau berdempetan dengan dinding rumah tetangga (rumah couple), plesteran dinding lama yang rembes atau lembab dibagian dalam rumah bisa dikupas atau dibobok sampai bertemu dengan lapisan batu bata/batako atau silikon. Bersihkan dan lembabkan permukaan batu bata/batako atau silikon tersebut. Buat campuran mortar (PC+aggregat halus) untuk plesteran dinding dalam, kemudian campurkan dengan zat aditif Weldgrout. Campuran antara mortar dan Weldgrout akan menghasilkan mortar waterproofing untuk menutup dan melapisi dinding dalam yang terindikasi rembes atau lembab. Campuran mortar dan Weldgrout selanjutnya bisa anda aplikasikan untuk melapisi dinding bata/batako atau beton, lapisi dinding dalam rumah anda dengan dengan mortar waterproofing setebal +/- 5 mm. Setelah dinding bagian dalam anda plester ulang dengan mortar waterproofing, selanjutnya anda dapat mengecat ulang dinding bagian dalam tersebut dengan cat yang ditambahkan zat aditif berupa Weldnat.

Jika rembesan air di bagian dalam rumah (interior) tidak terlalu parah, anda juga dapat mencoba solusi ekonomis dengan memanfaatkan zat aditif tanpa harus menggunakan mortar. Kupas cat lama pada bagian yang lembab atau rembes sampai bertemu dengan acian/plesteran dinding, bersihkan dengan air dan tunggu sampai dinding tersebut kering. Lebih baik jika anda melakukannya dimusim kering, sehingga kecil kemungkinannya dinding rumah anda lembab atau rembes akibat terpapar air.Jika dinding tersebut telah kering, gunakan zat aditif Weldcrete coating dengan takaran 1 Kg Weldcrete coating untuk menutupi dinding seluas +/- 5 m2. Tunggu beberapa hari setelah anda melapisi dinding lama dengan Weldcrete coating, baru kemudian anda cat ulang dinding bagian dalam rumah anda, jangan lupa campurkan zat aditif Weldnat pada cat yang akan anda gunakan.

Mengatasi dinding rumah yang lembab dan berair (rembes air) tanpa kita ketahui penyebabnya biasanya terjadi diakibatkan karena kondisi air tanah yang naik. Solusi untuk Mengatasi dinding-tembok rumah yang lembab-rembes air karena air tanah yang naik ini  kita harus membuang media tempat air meresap. Untuk mengatasi didinding tembok yang lembab baik di kamar tamu, kamar mandi, dapur, kamar tidur, kamar anak, pagar, teras, maka lakukanlah hal berikut ini :
  • Perhatikan batas ketinggian plesteran yang lembab, lalu berikan tanda 
  • Kupas plesteran dari batas lantai s.d ketinggian batas tadi dan tambahkan sekitar 20cm. 
  • Setelah plesteran dinding terbuka, lapisi dinding dengan aqua scaller atau semen yang dicairkan.
  • Plester dinding dengan spesi kedap air yang berupa adukan semen dan pasir 1:2

Description: MENGATASI DINDING-TEMBOK LEMBAB-REMBES AIR Rating: 5.0 Reviewer: Woody Budi ItemReviewed: MENGATASI DINDING-TEMBOK LEMBAB-REMBES AIR
Anda sedang membaca artikel MENGATASI DINDING-TEMBOK LEMBAB-REMBES AIR dan artikel ini url permalinknya adalah http://www.frewaremini.com/2013/03/mengatasi-dinding-tembok-lembab-rembes.html?m=0
Semoga artikel MENGATASI DINDING-TEMBOK LEMBAB-REMBES AIR ini bisa bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

 
Bloglisting.net - The internets fastest growing blog directoryMy Ping in TotalPing.com Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Preview on Feedage: freewaremini Add to My Yahoo! Add to Google! Add to AOL! Add to MSN Subscribe in NewsGator Online Add to Netvibes Subscribe in Pakeflakes YouSayToo Revenue Sharing Community Subscribe in Bloglines Add to Alesti RSS Reader Add to Feedage.com Groups Add to Windows Live iPing-it Blogarama - The Blog Directory Add to Feedage RSS Alerts Add To Fwicki Add to Spoken to You
Disclaimer: |Some images contained in this blog were found on the internet. If by anyhow any of them is offensive to you, please, contact us asking for the removal |If you do not agree with it being shown here, please send us an email with ownership proof and we will remove it |email us to: riosarahloved@hotmail.com |If a image is violating copyright and you want us to remove that images/content or have any Questions/Suggestions/Problems please feel free to contact me: riosarahloved@hotmail.com | Welcome to freewaremini ©
| www.frewaremini.com® | template by woodybudi® |
Feedage Grade A rated
DMCA.com