MENINGKATKAN-MENAMBAH-MEMBANGKITKAN NAFSU MAKAN ANAK

Meningkatkan, menambah, membangkitkan nafsu makan anakMENINGKATKAN-MENAMBAH-MEMBANGKITKAN NAFSU MAKAN ANAK. Nafsu makan pada anak-anak menjadi problem klasik bagi keluarga, pastinya semua ibu rumah tangga pernah merasakan hal ini pada putra-putri kesayangannya yang sedang tumbuh kembang pada
moment terbaiknya. Masalah kurangnya nafsu makan pada anak usia Balita hingga menjelang umur 7 tahun terasa sangat biasa di keluhkan oleh para kaum ibu. Jangan anda pantang menyerah, sebenarnya banyak sekali faktor yang mempengaruhi nafsu makan pada anak dapat berkurang atau bahkan tidak ada sama sekali. Yang terjadi justru sang anak sangat doyan makanan jajanan, atau hanya sekedar sangat doyan minum susu, namun sama sekali tidak mau menyentuh nasi apapun lauknya.

Penyebab hilangnya nafsu makan pada anak-anak biasanya disebabkan oleh dua faktor, bisa saja karena adanya penyakit atau karena faktor non penyakit. Beberapa faktor penyakit yang dapat menurunkan nafsu makan pada anak-anak antara lain :
  • Radang perut. 
  • Maag. 
  • Kurang darah.
  • Infeksi, demam, 
  • TBC/Flek paru
  • Sakit tenggoran/ radang. 
  • Sakit gigi/ gusi yang tak terdeteksi orang tua.
  • Cacingan.
  • Gigi baru tumbuh atau tanggal. 
Anda harus perhatikan pula faktor yang mempengaruhi hilangnya nafsu makan pada anak karena faktor non penyakit biasanya di akibatkan karena :
  • Adanya trauma pada makanan seperti rasa makanan yang tidak enak. 
  • Bentuk makanan yang tidak menarik.
  • Aroma makanan yang tidak menyenangkan
  • Tekanan psikologis dari orang tua seperti tekanan untuk menghabiskan makanan. 
  • Mencari perhatian atau cemburu pada saudara. 
  • Faktor psikis, biasa disebut anoreksia nervosa. Gejala ini muncul akibat kondisi psikis anak, seperti keadaan yang hendak berangkat remaja sehingga anak takut gemuk di tengah teman gaulnya yang rata-rata kerempeng, atau adanya gangguan emosional tertentu sehingga anak tergerak menjauhi makanan. Hilangnya nafsu dan keinginan untuk makan jenis ini sering diiringi berkurangnya berat badan. 
Selain faktor diatas, yang justru seringkali kita temui adalah kebiasaan anak yang suka sekali makan cemilan/ jajanan. Ada baiknya anda memberi perhatian yang ekstra hati-hati terhadap apa yang mereka makan, lakukan kontrol terhadap jajanan mereka karena biasanya sebagian besar cemilan yang dikonsumsi oleh anak-anak kita ternyata bukan cemilan yang sehat.

Direkomendasikan andalah yang membelikan konsumsi cemilan atau jajanan mereka, sehingga akan terkontrol apa yang baik untuk asupan mereka, jika anda  membiarkan anak-anak sendiri yang memilih jajanan, sudah dapat dipastikan mereka cenderung akan membuat pilihan yang buruk, mereka akan lebih memilih makanan yang manis-manis dengan zat pemanis buatan dan kadar lemak yang tingga, atau gorengan dan makanan gurih lain yang kandungan lemak dan garamnya tinggi.

 Peran orang tua sangat  penting untuk memberikan pilihan cemilan atau jajanan  yang lezat tapi sehat untuk anak-anak, seperti buah dan sayuran segar, atau bahkan roti tangkup. Kebiasaan mengemil ini bisa mempengaruhi nafsu makan anak. Nah, pertanyaannya adalah: Bagaimana menambah, membangkitkan, meningkatkan nafsu makan pada anak?  Sebetulnya mudah sekali yaitu cari tahu apa yang menyebabkan anak sulit makan. Bila karena faktor penyakit rujuk anak Anda untuk di periksa oleh dokter. Namun bila karena faktor diluar penyakit maka anda harus membuat perubahan-perubahan yang bisa merangsang timbulnya nafsu makan sang anak. Perlu diketahui bahwa nafsu makan pada anak yang sedang dalam usia pertumbuhan memang terkadang bisa fluktuatif tajam naik turun. Bila tidak disertai oleh gejala klinis maka hal ini masih di anggap normal. Perlu kejelian para orang tua untuk mengatasi hal ini mengingat pada usia golden age (usia tumbuh kembang), anak justru sedang membutuhkan asupan nutrisi yang tepat guna dan mencukupi. Jangan sampai asupan nutrisinya terganggu karena perubahan nafsu makan yang naik turun.

Berikut di bawah ini merupakan resep-resep untuk meningkatkan, menambah, membangkitkan nafsu makan anak yang pantas untuk anda coba, semoga dapat menjadi alternatif, ramuan ini bersifat sebagai obat tradisional atau jamu tradisional, mungkin anda perlu bersabar dan menggunakan trik khusus untuk merayu putra-putri anda untuk meminumnya.
  • Meningkatkan, menambah, membangkitkan nafsu makan anak dengan Lengkuas/Laos.
Meningkatkan, menambah, membangkitkan nafsu makan anak
  1. Cara Pertama : - Bahan: 1 rimpang lengkuas sebesar ibu jari, 3 buah mengkudu mentah, 0,5 rimpang kencur sebesar ibu jari, 0,5 sendok teh bubuk ketumbar, 1 siung bawang putih, 3 mata buah asam jawa yang masak, 1 potong gula merah, jakeling, jalawe dan jarahab.  Cara membuat : semua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari 0,5 gelas, pagi dan sore. 

  2. Cara  Kedua : - Bahan: 1 rimpang umbi lengkuas sebesar ibu jari, 1 rimpang temulawak sebesar ibu jari, 1 pohon tumbuhan meniran dan sedikit adas pulawaras.  Cara membuat: semua bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih.  Cara menggunakan: diminum 3 kali sehari. 
  • Meningkatkan, menambah, membangkitkan nafsu makan anak dengan Daun Pepaya. 
Meningkatkan, menambah, membangkitkan nafsu makan anak
Sediakan daun pepaya yang masih segar seukuran telapak tangan, lalu tambahkan air hangat dan sedikit garam. Kemudian campuran tadi Anda blender dan peras dan saring airnya. Lalu minumkan air tersebut pada Anak Anda, Insya Allah nafsu makan anak Anda akan segera normal kembali.
Meningkatkan, menambah, membangkitkan nafsu makan anak
  • Meningkatkan, menambah, membangkitkan nafsu makan anak dengan Daun Kenikir.   Kenikir Cuci 100 g daun kenikir segar, lalu makan sebagai lalap mentah.
Share :
PreviousPost
NextPost

Author:

0 Comments:

Rekomendasi