TIPS DAN DOWNLOAD GAMBAR DESAIN-MODEL ATAP RUMAH

desain-model atap rumah minimalis
TIPS DAN DOWNLOAD GAMBAR DESAIN-MODEL ATAP RUMAH. Desain dan model atap rumah termasuk penting dan vital keberadaannya. Fungsi utama dari sebuah atap sendiri sebenarnya adalah untuk melindungi kita dari panas dan hujan. Atap merupakan 3 pilar utama sebuah rumah selain lantai dan dinding. Selain memberi perlindungan dan suasana teduh dari panas dan hujan atap dari sisi estetika juga berfungsi sebagai decorative front grill rumah anda, akan memberi sentuhan keindahan dan membentuk karakter bangunan rumah anda.

Berlimpahnya bahan baku dan psikologi mind set masyarakat Indonesia tidak terlepas untuk selalu meghadirkan sebuah atap pada desain rumahnya, dari tanah dilindungi oleh tanah (genterng). Konsep landed house dengan genteng sudah menjadi tradisi untuk masyarakat Indonesia, bahkan di perkotaan-perkotaan padat hunian semacam Jakarta atau Surabaya sekalipun anda akan mendapatkan skyview unik : belantara skyscraper diantara hamparan atap genteng pemukiman penduduk, Hal yang sangat jarang anda temui di skyview perkotaan di Eropa misalnya.

Mengingat fungsi atap yang vital, ada baiknya anda perhatikan beberapa pertimbangan sebelum anda menentukan desain dan bahan atap rumah anda tersebut, baiklah anda simak beberapa tips desain atap rumah di bawah ini :
  1. Fungsi atap itu sendiri, sudah dijelaskan di atas bahwa selain berfungsi sebagai peneduh, melindungi kita dari terik matahari dan air hujan, atap juga berfungsi untuk membentuk karakter bangunan rumah anda. Sisi estetika sebuah atap rumah harus anda perhatikan dengan cermat, sesuaikan dengan konsep dan desain bangunan rumah anda. 

  2. Pilihlah bahan atap sesuai dengan keuangan anda, ada beberapa type atap yang harganya lumayan mahal namun memberikan jaminan keawetan serta bentuk yang baik, ini akan bermanfaat untuk jangka panjang, karena terbukti atap yang sering rusak dan bocor akan merepotkan anda di kemudian hari.

  3. Pilih Desain, pola dan model atap sesuai dengan iklim, cuaca serta selaras dengan konsep rumah anda, model joglo dan limas memiliki sudut kemiringan yang dapat memberi sirkulasi udara yang cukup baik, atur kemiringannya sesuai dengan iklim di daerah anda. Semakin bercuaca panas, sudut kemiringan lebih leluasa di bandingkan dengan daerah yang bercuaca dingin dengan kemiringan atap yang lebih pendek/ rata. Model dan desain ini tidaklah terlalu baku, pada konsep atap minimalis, atap atau genteng rumah sering dipadukan dengan konsep kontemporer yang berciri artistik, simpel dan kuat.

  4.  Memilih bahan atap (genteng) sesuai dengan konsep dan desain rumahanda. Memilih bahan atap (genteng) adalah hal yang penting sehingga atap yang terpasang di atas bangunan rumah anda tampak ngeblend dan serasi dengan potongan serta konsep rumah anda. Banyak sekali pilihan bahan atap rumah (genteng), berikut adalah macam-macam genteng/ atap berdasarkan bahannya :

  • Atap Genteng MetalBentuknya berupa lembaran, menyerupai bahan seng. Genteng tersebut ditanam di balok gording dari rangka atap (kuda-kuda), menggunakan baut.. Ukuran yang tersedia bervariasi, 60-120cm (lebar), dengan ketebalan 0.3mm dan panjang antara 1.2-12m. 

  • Atap Genteng Tanah Liat - Bahan untuk atap ini dari dulu telah banyak digunakan pada rumah. Genteng ini terbuat dari bahan tanah liat dan bakar serta dipress. Cara pemasangannya tidaklah jauh berbeda dgn genteng. Dengan pengawasan yang benar, makan system ini sangat kuat akan terpaan angin, curah hujan tinggi. Genteng yang terbuat dari tanah liat ini membutuhkan rangka dalam pemasangannya. Genteng dapat dipasang dengan kemiringan tertentu. Genteng menerapkan system saling mengunci dan mengikat atau system yang disebut pemasangan inter-locking.

  • Atap Rumah Genteng AspalBahan material yang ini terbuat dari campuran bahan aspal dan unsur bahan kimia lainnya. Ada juga model lain yang sudah tersedia di pasaran. Misalnya, model datar yang bertumpu pada papan multipleks ditempel dengan sekrup. Untuk keamanan maka genteng bahan aspal ini juga  dilem ke papan. Model lainnya, ialah model bergelombang, model ini cukup disekrupka pada balok gording kuda-kuda.

  • Atap Rumah Genteng Kaca - Jenis seperti ini diterapkan hanya pada bagian-bagian tertentu saja pada rumah. Jika pemilik rumah menghendaki sinar matahari pada ruanga tertentu atau titik tertentu, maka digunakan genteng kaca ini. Biasanya tidak dipasang di depan rumah, sebab tidak cocok. Ukuran dari genteng kaca ini sama standart-nya dengan genteng model lainnya.

  • Atap Rumah Genteng KeramikJenis ini terbuat dari keramik sesuai dengan namanya, tapi sebelumnya telah melalui proses finishing glazur, agar tampak lebih bagus dan lebih tahan terhadap cuaca. Jenis ini tersedia di pasaran dengan beragam ukuran dan warna. Pengaplikasiannya cocok sekali untuk atap balkon. Genteng ini dipasang bertumpu di rangka beton ataupun kayu.

  • Atap Rumah Dak Beton - Ini terbuat dari bahan kombinasi cor betaon dan tulangan besi. Banyak digunakan di rumah-rumah jaman sekarang, seperti model rumah minimalis, desain rumah modern, gedung perkantoran dan lainnya. Dak beton ini sangat kuat terhadap cuaca. Untuk hal Konstruksipun, jenis ini sangat kuat jika pelaksanaan pembuatannya mengikut standar yang berlaku untuk sebuah dak beton. 

  • Atap Rumah Kain TerpalUmumnya hanya digunakan pada atap sebuah balkon, atau cocok juga diterapkan untuk atap sebuah jendela. Terbuat dari bahan kain terpal serta plastik padat yang elastis. Jenis ini bertumpu pada kerangka besi yang sudah dibentuk sesuai dengan keinginan. Dikuatkan atau ditempel dengan menggunakan baut dan sekrup supaya dapat menempel kuat pada dinding. Jenis ini keunggulan lainnya adalah systemnya uang mudah untk dibongkar pasang.   

TIPS DAN DOWNLOAD GAMBAR DESAIN-MODEL ATAP RUMAH
desain-model atap rumah minimalis
desain-model atap rumah minimalis
desain-model atap rumah minimalis
desain-model atap rumah minimalis
desain-model atap rumah minimalis
desain-model atap rumah minimalis
desain-model atap rumah minimalis
desain-model atap rumah minimalis
desain-model atap rumah minimalis
desain-model atap rumah minimalis
desain-model atap rumah minimalis
desain-model atap rumah minimalis
desain-model atap rumah minimalis
desain-model atap rumah minimalis
desain-model atap rumah minimalis
desain-model atap rumah minimalis


Itulah beberapa tips dan gambar desain-model atap rumah yang bisa anda download/unduh yang bisa saya share di sini, semoga bermanfaat dan menjadikan inspirasi bagi anda. Bagi yang ingin mendapatkan tips-gambar-desain kolam taman air rumah minimalis anda bisa klik di sini.
Share :
PreviousPost
NextPost

Author:

1 komentar:

Rekomendasi