TEMPAT WISATA EDUKATIF DI JAKARTA

TEMPAT WISATA EDUKATIF DI JAKARTA. Tidak bisa saya sebutkan semuanya satu-persatu tempat hiburan di Jakarta, anda bisa dapatkan semuanya tentang kulinari, cafe, musik, festival, tempat kumpul kaum hedonis, hingga dunia hiburan malam musik ajib-ajib maupun tekjing-tekjing lainnya. Saya hanya
mau sedikit share singkat tentang tempat-tempat menarik di Jakarta yang cocok sebagai wahana wisata edukatif bagi anda dan terutama untuk buah hati anda.

PELABUHAN SUNDA KELAPA (PASAR IKAN)
TEMPAT WISATA EDUKATIF DI JAKARTA
Letaknya berdekatan dengan pelabuhan lama Sunda Kelapa, merupakan daerah perkampungan nelayan dengan pasar ikan yang cukup besar untuk menjual dan melelang ikan laut.


MUSEUM BAHARI
TEMPAT WISATA EDUKATIF DI JAKARTASebuah museum yang terletak di Pelabuhan Sunda Kelapa berdekatan dengan pasar ikan. Museum ini menyimpan barang-barang peninggalan sejarah dunia kebaharian bangsa Indonesia.

MUSEUM SEJARAH JAKARTA (MUSEUM FATAHILLAH)
TEMPAT WISATA EDUKATIF DI JAKARTAMuseum ini terletak di taman Fatahillah, mendisplai sejarah perkembangan kota Jakarta, terdapat koleksi-koleksi yang berharga seperti perabot kuno, barang-barang batu, lukisan, peta kuno kota jakarta semenjak abad 19 dll. Di museum ini pula tersimpan meriam si Jagur yang melegenda di depan Museum.

MUSEUM/ BALAI SENI RUPA JAKARTA & MUSEUM KERAMIK
TEMPAT WISATA EDUKATIF DI JAKARTAMuseum ini terdapat di komplek taman Fatahillah, memiliki arsitektur mirip Gedung Gajah mendisplai barang-barang keramik, porselen serta lukisan-lukisan indah dari pelukis tersohor dari dalam dan luar negeri.

TUGU SELAMAT DATANG
TEMPAT WISATA EDUKATIF DI JAKARTAMerupakan ikon jakarta selain tugu Monas yang keberadaannya cukup famous di kawasan Asia selain gedung Wisma Nusantara yang merupakan gedung tertinggi di Asia pada jamannya, wisata street level warisan bung Karno ini cukup menarik bagi anda yang baru pertama kali datang ke Jakarta selain Monas. Terletak di Bundaran Jl. MH Thamrin. 

MUSEUM WAYANG
TEMPAT WISATA EDUKATIF DI JAKARTAMendisplai koleksi wayang dari seluruh Indonesia, juga koleksi wayang dari negara Asean ada dari Kambija juga China, jika anda menyukai wayang anda terpuaskan di sini. Terletak di Jalan Pintu Besar Utara.

MUSEM NASIONAL/ GEDUNG GAJAH
TEMPAT WISATA EDUKATIF DI JAKARTAMuseum Nasional ini terkenal juga dengan sebutan Gedung Gajah, karena terdapat  patung gajah pemberian Raja Rama IV dari Siam (Thailand).  Terletak di Jalan Merdeka Barat, anda segera bisa mampir ke sini setelah jalan-jalan di Monas, cukup dekat. Mendisplai koleksi-koleksi seni budaya dai seluruh Indonesia, peninggalan bersejarah yang cukup bernilai dari sejak jaman perunggu dan dilengkapi pula dengan koleksi keramik-keramik terbaik di dunia.

MUSEUM PURI BHAKTI RENATAMA
Museum ini satu komplek dengan Istana Presiden di Jalan Merdeka Utara. Mendisplai barang-barang koleksi cindera mata berharga yang dipersembahkan oleh tamu-tamu negara di seluruh dunia yang pernah berkunjung, sangat lengkap.


 MUSEUM TEKSTIL
TEMPAT WISATA EDUKATIF DI JAKARTAMuseum ini terletak di Jalan Karel Sasuit Tubun No. 04 memamerkan koleksi berbagai corak macam tekstil tradisional lebih dari 300 macam, dari batik, kain tenun di seluruh Indonesia.


MUSEUM SATRIA MANDALA
TEMPAT WISATA EDUKATIF DI JAKARTAMuseum ini terletak di sebelah timur Jembatan Semanggi, tepatnya di Jalan Gatot Subroto. Gedung ini dulu bernama Wisma Yaso yang terkenal sebagai tempat tinggal terakhir almarhum Bung Karno. Mendisplai berbagai jenis persenjataan yang digunakan oleh TNI selama revolusi fisik hingga masa Dwikora sampai dengan Trikora. Menariknya tandu asli Jenderal Sudirman yang sering anda lihat di buku dan internet juga tersimpan di sini. 

GEDUNG PERINTIS KEMERDEKAAN & MONUMEN SOEKARNO-HATTA
TEMPAT WISATA EDUKATIF DI JAKARTAGedung ini terkenal dengan sebutan Gedung Pola, terletak di alan Proklamasi No. 56. Di tempat inilah dibacakan teks Proklamasi oleh Soekarno-Hatta dan pengibaran bendera Merah Putih 17 Agustus 1945 yang seringa anda jumpai gambarnya yang terkenal di berbagai buku dan internet . Di depan gedung ini berdiri patung proklamator berhadapan dengan Tugu Proklamasi.

MUSEUM KOMODO
TEMPAT WISATA EDUKATIF DI JAKARTAMuseum ini satu kompleks dengan TMII, dengan desain gedung berbentuk Komodo, mendisplai Diorama yang menggambarkan kehidupan fauna dari serangga hingga binatang buas, tempat ini cocok sekali buat adik kecil anda.

MUSEUM PERANGKO
TEMPAT WISATA EDUKATIF DI JAKARTAJuga berlokasi di TMII mendisplai ribuan perangko yang pernah di terbitkan di Indonesia dari awal hingga terkini, anda penggemar philateli, inilah surga anda.


MUSEUM PANCASILA SAKTI
TEMPAT WISATA EDUKATIF DI JAKARTAMuseum terkenal ini terletak di Pondok Gede Lubang Buaya. Museum ini berkaitan erat lekat dengan sejarah hitam kebrutalan Komunisme di Indonesia sebagai fakta sejarah. Di tengah-tengah area terdapat lubang sumur tua dimana enam Jenderal TNI beserta satu orang Perwira pertama Zeni dimasukan ke dalamnya setelah dibunuh oleh PKI. Di dekat sumur dibangun monumen yang menggambarkan barisan 6 Jenderal dan 1 Pama, Jenderal Achmad Yani berdiri di tengah digambarkan sedang memberi komando atau peringatan 'waspadalah" dengan latar belakang lambang Garuda Pancasila. Tempat sejarah yang menarik untuk anda kunjungi.

MONUMEN MASIONAL (MONAS)
Sempat menjadi Tugu Tertinggi di kawasan Asia di jamannya (145 m), warisan Bung Karno ini terletak di tengah Jalan Merdeka. Melambangkan kobaran api yang tak kunjung padam, terbuat dari lapisan emas seberat 35 Kg sumbangan dari jiwa korsa seluruh penduduk Indonesia pada saat itu. Anda dapat mencapai puncaknya dengan menggunakan lift untuk melihat skyline kota Jakarta yang penuh sesak dengan skyscraper, menempati urutan 16 The  World Best Skylines. Tempat ini dilengkapi dengan patung-patung, taman luas dan rindang serta publik area yang nyaman.

GEDUNG JUANG 45
TEMPAT WISATA EDUKATIF DI JAKARTAGedung ini terletak di Jalan Menteng Raya No. 31. Pada saat menjelang Proklamasi Kemerdekaan, bangunan ini digunakan untuk mempersiapkan kemerdekaan dan dijadikan tempat pertemuan para tokoh pemuda dalam menyusun strategi perjuangan. Mendisplai koleksi-koleksi foto-foto perjuangan.


PUSAT KESENIAN JAKARTA (TAMAN ISMAIL MARZUKI/ TIM)
TEMPAT WISATA EDUKATIF DI JAKARTATerletak di Jalan Cikini Raya No 37. Biasa disebut dengan TIM, sangat terkenal dari awal dibangun hingga kini agak meredup,  sering digunakan sebagai tempat berakumulasinya ekspresi para seniman  tradisonal maupun kontemporer, baik kesenian daerah maupun kesenian asing meliputi tari, teater, musik, sastra dan lain-lain. Terdiri dari teater besar, teater tertutup, teater arena ruang pameran, teater halaman hingga planetarium. hampir setiap hari ada agenda acara yang yang dapat anda nikmati. Seniman, musisi? Indonesialah gudangnya.

TAMAN IMPIAN JAYA ANCOL
TEMPAT WISATA EDUKATIF DI JAKARTA
Biasa di sebut dengan Ancol saja, area wisata waterfront tepi laut Ancol termasuk pelopor di kawasan Asia, yang belakangan bertebaran dengan suasana yang lebih lengkap dan modern dimana-mana. Menempati areal seluas 551 Ha, dilengkapi dengan hotel, cottage-cottage, fasilitas sport water, lapangan golf, dan wahana bermain untuk anak-anak yang lengkap dan selalu update. Arena Dysneyland,Sea world, Dunia fantasi  dengan teknologi komputerize dan masing-masing kawasan memiliki thema yang khas, seperti kawasan Jakarta, Afrika, Amerika, Indonesia, Eropa, Asia, Istana boneka dll, dimana setiap tempat anda akan memperoleh sensasi yang berbeda. Juga terdapat tempat menarik seperti Gelanggang Samudera, Gelanggang Renang, Teater Mobil, Gelanggang Balap Mobil dan Marina Jaya Ancol.

PULAU SERIBU
TEMPAT WISATA EDUKATIF DI JAKARTA
Pulau Seribu merupakan gugusan pulau-pulau yang berjumlah 600 pulau yang masih masuk dalam administrasi DKI Jakarta. Terletak di teluk Jakarta, merupakan tempat wisata yang menyukai olah raga air dan keindahan alam. Dari Jakarta anda dapat menempuh kawasan ini dengan Pesawat Cessna atau Skyvan atau dengan perahu bermotor dari Marina Jaya Ancol.

PULAU PUTRI (NIRWANA)
TEMPAT WISATA EDUKATIF DI JAKARTAMerupakan wisata pantai yang tenang dengan pasir putih serta lautnya yang jernih cocok untuk diving, berperahu, memancing, atau bermain ski
air, terdapat bungalow, restoran dan toko-toko.


TAMAN MINI INDONESIA INDAH (TMII)
TEMPAT WISATA EDUKATIF DI JAKARTATerletak di kawasan Pondok Gede, adalah tempat wisata gagasan brilian Ibu Tien Soeharto yang semula mendapat banyak tentangan, namun anda bisa buktikan manfaatnya hingga kini.  Merupakan pusat rekreasi terbaik di Jakarta bahkan namanya sempat moncer sebagai kawasan wisata terbaik di Asia. Taman ini menempati areal seluas 100 Ha, sangat terkonsep dan teratur sangat rapi. anda dapat menemukan hal-hal menarik tentang Indonesia secara miniatur, sebuah miniatur dari akumulasi multikultur yang di kumpulkan jadi satu tempat. Menggambarkan keanekaragaman & keindahan Indonesia yang meliputi seluruh propinsi di Indonesia di displai dengan keadaan yang sebenarnya sesuai bentuk dan kekhasan masing-masing daera. Secara garis besar anda diajak untuk memahami tentang Indonesia yang sebenarnya, mengenai aspek seni dan budaya serta flora dan faunanya. fasilitas lain di tempat ini terdapat taman Burung, Pusat perbelanjaan, Taman Anggrek, Air terjun buatan dan berkeliling area dengan kereta gantung atau aeromovel sejenis monorail di kawasan tersebut.

TEATER KEONG EMAS
TEMPAT WISATA EDUKATIF DI JAKARTA
Masih terletak di kawasan TMII, sebuah gedung bioskop Imax dalam layar bigsize, bangunan dengan desain berbentuk kubah emas  menyerupai keong.



TAMAN ANGGREK CIPETE
TEMPAT WISATA EDUKATIF DI JAKARTATerletak di Cipete Raya-Cilandak. Di taman wisata nursery ini anda dapat menyaksikan jenis-jenis bunga anggrek di seluruh Indonesia yang berkembang sepanjang tahun.


TAMAN ANGGREK RAGUNAN
Sebuah Taman Aggrek yang teratur rapi, letaknya tidak terlalu jauh dari Kebun Binatang Ragunan di Pasar Minggu.

TAMAN ANGGREK GELORA SENAYAN
Taman Anggrek seluas 5.5 Ha yang terletak di Pintu I, Komplek Gelora Senayan. DI sini tedapat tempat kursus merangkai bunga anggrek.

TAMAN ANGGREK INDONESIA PERMAI
Taman Anggrek ini menempati areal seluas 6.5 Ha terletak di kawasan Slipi. Memiliki koleksi bunga Anggrek paling lengkap di Indonesia, anda dapat membeli  tanaman anggrek mulai jenis biakan dalam botol sampai ukuran dewasa dan sudah berbunga.

GEDUNG KEBANGKITAN NASIONAL
TEMPAT WISATA EDUKATIF DI JAKARTA
Obyek wisata sejarah di Jalan Abdurahaman Saleh 26. Gedung bersejarah ini dibangun pada tahun 1895 sebagai tempat didirikannya perkumpulan Boedi Oetomo.



 PASAR BARANG ANTIK SURABAYA
TEMPAT WISATA EDUKATIF DI JAKARTAAnda ingin hunting barang antik, disinilah surganya. Barang-barang antik terbuat dari kuningan, lampu-lampu hias, barang pecah belah, porselen, piring perak bahkan alat-alat senjata dapat kita jumpai di sepanjang Jalan Surabaya ini. Tempat yang sangat menarik bagi para kolektor.

PULAU BIDADARI
TEMPAT WISATA EDUKATIF DI JAKARTASebuah pulau dengan pandangan laut yang indah ini dapat anda capai dengan perahu motor dari Marina. Anda bisa melakukan olah raga air atau berkemah. Disediakan restoran-restoran bagi pengunjung yang memerlukannya.


TAMAN BUAYA PLUIT
TEMPAT WISATA EDUKATIF DI JAKARTAPeternakan Buaya ini terletak di daerah Pluit memiliki ratusan satwa buaya disamping ular. Anda juga dapat menikmati ataraksi-atraksi menarik bersama satwa-satwa tersebut pada hari Minggu.


PASAR BURUNG JALAN PRAMUKA
Namanya juga pasar burung, jika anda penggemar burung silahkan hunting di sini, dijual dan dipamerkan berbagai jenis burung.

PASAR SENI JAYA ANCOL
TEMPAT WISATA EDUKATIF DI JAKARTAMerupakan Surga bagi bagi penggemar barang yang mempunyai nilai seni. Terdapat ratusan kios yang menjual berbagai kerajinan tangan dan barang-barang yang berestetika menarik. Stiap malam Minggu anda bisa datang kesini, pada arena terbuka sering diadakan atraksi hiburan.

MUSEUM SASMITA LOKA
TEMPAT WISATA EDUKATIF DI JAKARTAMerupakan bekas Kediaman almarhum Jenderal Achmad Yani. Sebuah wisata fakta sejarah mengenai Achmad Yani, terdapat bukti-bukti kekerasan terhadapnya saat dibunuh PKI, bekas ceceran darah, bekas tembakan di kaca pintu dll. Juga terdapat atribut-atribut kebesaran, baju seragam dan senjata.


MUSEUM INDONESIA
TEMPAT WISATA EDUKATIF DI JAKARTATerdapat di area TMII dengan bangunan berarsitektur Bali, mendisplai koleksi berbagai pakaian tradisional dan bermacam seni kerajinan lainnya.

Nah, itulah beberapa tempat-tempat wisata edukatif maupun yang sekedar berbau edukatif & menarik di Jakarta yang patut anda kunjungi untuk menambah wawasan keluarga anda, atau sekedar untuk melepas penat kesharian anda. Masih banyak tempat-tempat menarik lainnya yang tidak bisa saya sebutkan di sini. Semoga bermanfaat.


Share :
PreviousPost
NextPost

Author:

3 komentar:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai tempat-tempat wisata,ingin tahu lebih banyak lagi tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai itu yang bisa anda kunjungi di Explore Indonesia

    BalasHapus
  2. Saya seorang kicaumania. pasar burung pramuka demikian terkenalnya sehingga termasuk salah satu obyek wisata di jakarta.

    BalasHapus
  3. Wisata edukasi memang pilihan terbaik untuk mningkatkan kualitas diri. Trimakasih sudah menambah rekomendasi pilihan wisata.

    BalasHapus

Rekomendasi