TIPS POLA KOMBINASI UBIN YANG BISA ANDA COBA UNTUK RUMAH IDAMAN

TIPS KOMBINASI UBIN
TIPS KOMBINASI UBIN YANG BISA ANDA COBA UNTUK RUMAH IDAMAN. Sebagian besar lantai yang kita temukan, umumnya polos-polos saja. Ubinnya pun dipasang kotak-kotak biasa. ini karena lantai sering dianggap cuma sebagai latar belakang bagi elemen-elemen lain seperti perabot maupun benda dekorasi. Padahal pola pada lantai justru dapat menciptakan gairah pada ruang agar jauh dari kesan membosankan. 

Selain alasan di atas, berikut ini beberapa kegunaan pola pada lantai yang akan anda aplikasikan dalam rumah idaman anda  :

  1. Pola kombinasi pada lantai ubin dapat mengurangi kesan kosong. Dalil ini berlaku untuk ruang yang ukurannya luas, yang cenderung berkesan sepi. Apalagi kalau perabot yang ada pada ruang tersebut jumlahnya minimal.
  2. Dengan kombinasi pola lantai ubin dapat ikut berbicara, seperti layaknya dinding yang warna atau motif. Untuk kesan formal atau kesan santai, pola pada lantai dapat diatur sedemikian rupa. Bahkan luasnya ruang dapat di manipulasi dengan pola tertentu.
  3. Pada area sirkulasi, pola kombinasi pada lantai ubin  dapat menjadi pengarah langkah yang efektif. Misalnya dengan membedakan warna gelap dan terang pada lantai, orang akan merasa dituntun kedalam sebuah ruang.
  4. Pola kombinasi lantai ubin dapat menjadi pembatas antara area yang satu dengan area yang lain. Walaupun sama-sama terletak pada satu ruang, jika lantainya memiliki pola yang lain, kita akan tahu bahwa fungsi ruang tersebut berbeda.

Kombinasi pola pada lantai ubin dapat diciptakan dengan pemilihan warna dan motif. Cara pemasangannya yang "tidak biasa"pun mampu menghasilkan pola tertentu ,walaupun ubinnya mungkin dari bahan dan warna yang sama. Sebuah pola dapat dihasilkan dari satu jenis ukuran ubin, dua jenis, tiga jenis, bahkan lebih. Semakin banyak variasi ukuran ubinnya, semakin banyak puala kombinasi pola yang dapat di buat.

Sesuaikan Ukuran. Yang harus diingat dalam membuat pola pada lantai adalah jangan sampai pola tersebut justru membuat desain ruang jadi tak karuan. Ini pun ada triknya.
  1. Harus di perhatikan ukuran ruangnya. Sama seperti menentukan motif pada pakaian ,motif besar lebih cocok untuk orang berbadan besar. Begitu pula dengan pola lantai. Untuk ruangan yang luasnya terbatas, pilih pola yang tidak terlalu membuat penuh. Memasang lantai dengan pola diagonal merupakan salah satu trik untuk memperluas kesan ruang. Pola lantai menyerong seperti ini pas diterapkan untuk rumah yang ukurannya pas-pasan.
  2. Perhatikan isi ruang. Ruang yang penuh perabot,sebenarnya kurang cocok memiliki pola yang ramai. Apalagi kalau pola tersebut di buat dengan tujuan, seperti membingkai ruang atau mengarahkan orang menuju ruang selanjutnya. Bisa-bisa karena saking penuhnya, pola tersebut akan terpotong oleh perabot. Kalau begini, pola itu jadi kehilangan fungsinya semula. Untuk ruang yang perabotnya padat merayap, lebih baik lantai yang mengalah dengan cara lantai tanpa pola dibiarkan polos.

Bagaimanapun lantai merupakan latar belakang, sementara elemen lain dalam ruang merupakan bintangnya. Karena terlalu semangat dalam membuat pola lantai jangan sampai barang-barang diruangan menjadi tenggelam. Lantai yang polanya terlalu ramai akan mengganggu kenyamanan, karena mau tidak mau pandangan mata akan menuju kesitu.

Dimana Saja ? Pada dasarnya, lantai yang dibuat berpola istimewa dapat di buat diruang apa saja. Nah, yang masuk syarat diatas umumnya adalah ruang-ruang dengan luasan lantai yang agak besar dan perabotnya pun tidak terlalu banyak, misalnya teras atau dapur. Carport juga sangat memungkinkan lantainya dibuat berpola, karena adakalanya area ini kosong. Diruang tamu dapat ditambah pola seperti sebuah karpet yang mengalasi lantai. Pola ini dapat berupa sebidang kotak dengan warna ubin yang berbeda dari warna ubin yang dominan.

TIPS KOMBINASI UBIN YANG BISA ANDA COBA UNTUK RUMAH IDAMAN
TIPS KOMBINASI UBIN
TIPS KOMBINASI UBIN
TIPS KOMBINASI UBIN
TIPS KOMBINASI UBIN
TIPS KOMBINASI UBIN
TIPS KOMBINASI UBIN
TIPS KOMBINASI UBIN
TIPS KOMBINASI UBIN
TIPS KOMBINASI UBIN
TIPS KOMBINASI UBIN
TIPS membuat pola lantai.

Salah satu Trik yang dapat di praktekkan saat membuat pola lantai, gambar denah ruang dan juga desain pola lantai yang di kehendaki di secarik kertas atau dengan menggunakan software autocad dengan skala yang benar dan jangan lupa tambahkan furnitur dengan letaknya yang sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Dari gambar tersebut akan terlihat apakah pola lantai yang dibuat terpotong oleh furnitur. Dari situ juga kelihatan apakah pola sudah pas atau masih terlalu ramai.
Share :
PreviousPost
NextPost

Author:

1 komentar:

  1. bagus sekali bisa jadi inspirasi untuk pemasangan ubin di rumah saya
    terima kasih

    BalasHapus

Rekomendasi