KECERDASAN LOGIKA -MATEMATIKA PADA ANAK

KECERDASAN LOGIKA -MATEMATIKA PADA ANAKKECERDASAN LOGIKA -MATEMATIKA PADA ANAK. Anda mungkin sering mendapatkan pertanyaan dari buah hati kita, yang mungkin kadang kita harus berfikir sejenak atau bahkan berfikir lama yang memaksa kita untuk membuka wawasan pengetahuan kita di masa sekolah demi memberikan jawaban yang tepat, jujur, sesuai logika dan ilmu pengetahuan...waah kok berat banget ya?? Kenyataanya jangan remehkan hal seperti ini, semisal anak anda bertanya :

"Ibu...mengapa air laut itu rasanya asin?"....atau
"Ibu, mengapa matahari bersinar di siang hari, sedangkan bulan bersinar di malam hari?"....

Sebuah pertanyaan sederhana, wajar dan dari seorang anak-anak, tapi cukup membuat anda berfikir keras, jika anda lupa teori keniscayaan alam dan ilmu pengetahuan tersebut.

Anda tak perlu mengomel, karena tidak bisa menjawab..atau malah memberikan jawaban menurut versi anda sendiri atau berdasarkan hikayat atau dongeng. Buatlah anak kita terpuaskan atas jawaban dari pertanyaan-pertanyaanya berdasarkan ilmu dan logika, berdasarkan jawaban yang semestinya, jika sempat jangan sungkan-sungkan untuk membuka buku kembali dan menjelaskannya di depan anak anda berdasarkan teori buku, layaknya anda menjadi seorang guru baginya.

Bersyukurlah bagi anda yang memiliki buah hati seperti diatas, menurut sebuah teori anak-anak dengan type demikian, merupakan salah satu indikasi, bahwa sang anak mempunyai bakat kecerdasan logika matematika yang baik. Anda tinggal dengan sabar dan cermat menjawab pertanyaan-pertanyaannya. Amatilah terus perkembangannya, rangsang sang anak terhadap segala sesuatu yang berhubungan dengan sebab-akibat, simbol-simbol abstrak, latih berfikir secara matematis-logis, mengumpulkan bukti dari sesuatu hal, menarik sebuah kesimpulan. Hal ini akan merangsang kemampuannya dalam berhitung, mengukur, berfikir logis serta menyelesaikan masalah matematika.

Setelah anda aktif dan intensif melakukan langkah-langkah diatas dan jika memang anak anda mempunyai bakat kecerdasan logika matematika yang baik, maka anda akan segera mengenali bakat-bakatnya yang menonjol. Biasanya akan diikuti dengan perkembangan kemampuan dan ciri-ciri anak sebagai berikut :

  • Mereka lebih mampu menyelesaikan masalah aritmatika dengan cepat dan tepat dari anak lainnya.
  • Anak semakin kritis dan sering bertanya kepada anda tentang fenomena-fenomena alam di sekitar kita.
  • Mereka biasanya menyukai permainan yang mengandung strategi ; catur, halma, tetris,sempoa, game-game arcade, strategi dan puzzle.
  • Mereka semakin mampu menjelaskan masalah-masalah secara logis.
  • Mampu dengan mudah memahami sebab akibat.
  • Menyenangi dan mempunyai ketertarikan yang tinggi terhadap pelajaran matematika dan ilmu pengetahuan alam.


Oke sobat, jangan biarkan perhatian anda lepas barang satu kedipan matapun terhadap anak anda, bimbing dan gali potensinya. Biasakanlah kapan saatnya anda benar-benar membacakan sebuah buku dongeng dan kapan saatnya anda harus menjelaskan sebuah jawaban dari pertanyaan anak-anak anda sesuai dengan jawaban ilmu pengetahuan yang benar. Semoga artikel ini bermanfaat.
Share :
PreviousPost
NextPost

Author:

0 Comments:

Rekomendasi