perkembangan kognitif
PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK. Awasai dan bantu anak anda pada perkembangan pertumbuhannya, jangan biarkan bakat anak anda yang berkembang begitu cepat dan tak terduga lepas dari pengawasan anda. Temani dan bantu mereka dalam menemukan pengetahuan dan keterampilan
baru pada masa pencariannya. Perkembangan anak anda akan mengalami kemajuan lebih cepat dari biasanya pada usia 4-5 tahun, mereka akan lebih aktif, terampil dan tangkas pada saat mencapai usia ini.

Perkembangan kognitif pada anak, harus anda cermati dan ikuti perkembangannya sejak awal di usia 0-2 tahun, dimana pada usia ini perkembangan kognitif anak memasuki fase pertama yang disebut Tahap Sensori Motorik. Anak anda masih pada tataran belajar mengkoordinasikan gerakan-gerakan fisik yang bertumpu pada aspek motorik, dan belum dapat mengungkapkan gagasan kehendak dan keinginan melalui bahasa lisan. Kemudian akan berkembang di usia 2-7 tahun, Tahap praoperasional dimana anak anda sudah mampu mengungkapkan gagasan dan aktifitasnya, namun masih terbatas pada sesuatu yang kongkret, daya nalar dan logika anak elum berjalan secara utuh. Pada usia 7-11 tahun anak anda akan memasuki Tahap Operasioanal Kongkret. Dimana nalar serta logikanya berjalan semakin utuh dalam menyikapi hal-hal yang kongkret.

Perkembangan Kognitif anak akan semakin berkembang pada saat anak anda memasuki usia 11 tahun hingga memasuki usia dewasa, anak anda akan memasuki pada Tahap Operasional Formal, ditandai dengan perkembangan daya nalar dan logikanya berjalan secara utuh, mereka suda berfikir secara abstrak dan sistematis sehingga memungkinkan anak anda bisa berfikir tentang hal-hal yang mungkin akan terjadi.
Share :
PreviousPost
NextPost

Author:

0 Comments:

Rekomendasi