Tips Pengobatan Ambeien

Tips mengobati ambeien
Dibawah ini kita akan membahas tentang Tips Pengobatan Ambeien. Namun sebelumnya tak salah jika kita bahas sebentar mengenai ambeien ini. Ambeien adalah pembengkakan jaringan pembuluh balik ( vena ) yang lerletak di dinding rektum dan anus. Anus merupakan lubang di ujung saluran pencernaan dimana tinja keluar dari dalam tubuh. Rektum merupakan bagian dari saluran pencernaan di atas anus, di mana tinja disimpan sebelum dikeluarkan dari tubuh melalui anus.

Ambeien yang meradang bisa menyebabkan terbentuknya bekuan darah ( trombus ), pendarahan atau akan membesar dan menonjol keluar.Ambeien yang tetap berada di anus disebut hemorhoid interna ( ambeien dalam ) dan yang keluar dari anus disebut hemorhoid eksterna ( ambeien luar ).

PENYEBAB AMBEIEN
Penyebab Ambeien bisa terjadi karena peregangan berulang selama buang air besar, dan sembelit ( sulit buang air besar, konstipasi ) bisa membuat peregangannya bertambah buruk. Atau penyakit hati yang menyebabkan naiknya tekanan darah pada vena portal dan kadang- kadang menyebabkan terbentuknya ambeien.

Ambeien bisa mengeluarkan darah, terutama setelah buang air besar, sehingga tinja mengandung darah atau terdapat bercak darah di handuk/ tisu kamar mandi.  Darahnya bisa membuat air di kakus menjadi merah. Tetapi jumlah darah biasanya sedikit dan jarang menyebabkan penderitanya kekurangan darah yang berat ( anemia ).

Ambeien yang menonjol mungkin harus dimasukkan kembali dengan tangan perlahan-lahan atau bisa masuk dengan sendirinya.  Ambeien yang membengkak, nyeri bila permukaannya terkena gesekan atau jika didalamnya terbentuk bekuan darah. Ambeien bisa mengeluarkan lendir dan menimbulkan perasaan masih ada isi rektum yang belum dikeluarkan.

Gatal pada daerah anus ( pruritus ani ) bukan gejala dari ambeien. Rasa gatal bisa terjadi karena sulit untuk menjaga kebersihan didaerah yang terasa nyeri ini. Untuk keadaan yang lebih serius, misalnya tumor, bisa dibantu dengan pemeriksaan anoskopi dan sigmoidoskopi.

PENGOBATAN AMBEIEN
Biasanya, ambeien tidak membutuhkan pengobatan kecuali bila menyebabkan gejala. Obat pelunak tinja atau psilium bisa mengurangi sembelit dan peregangan yang menyertainya. Suntikan skleroterapi diberikan kepada penderita ambeien yang mengalami pendarahan. Dengan suntikan ini, vena digantikan oleh jaringan parut.

Ambeien dalam yang besar dan tidak bereaksi terhadap suntikan skleroterapi, diikat dengan pita karet. Cara ini, disebut ligasi pita karet, yang menyebabkan ambeien menjadi layu dan putus tanpa rasa sakit. Pengobatan ini dilakukan dengan selang waktu 2 minggu atau lebih ( mungkin diperlukan 3-6 kali pengobatan ). Ambeien juga bisa dihancurkan dengan menggunakan laser ( perusakan laser ), sinar infra merah ( fotokoagulasi infra merah ), atau dengan arus listrik (elektrokoagulasi ). Pembedahan mungkin digunakan bila pengobatan lain gagal.

Bila ambeien dengan bekuan darah ( nyeri ), bisa diobati dengan cara :
- Duduk berendam dalam air hangat.
- Mengoleskan salep obat bius lokal.
- Pengompresan dengan kemiri.

Nyeri dan pembengkakan pada ambeien biasanya akan berkurang beberapa saat kemudian dan bekuan akan menghilang setelah 4-6 minggu. Pilihan lainnya adalah memotong vena dan mengeluarkan bekuan, yang dengan segera akan mengurangi nyeri.

PENGOBATAN HERBAL UNTUK AMBEIEN

#Nama Tanaman : BAWANG PUTIH ( Allium Sativum, Linn ).
Cara Membuat : Umbi bawang putih ditumbuk halus. Peras, ambil airnya. Oleskan disekitar dubur setiap hari.

# Nama Tanaman : ILER ( Coleus Scutellarioides, Linn, Benth ).
Cara Membuat : 17 lembar daun iler, 7 lembar daun ngokilo dan 3 rimpang umbi kunyit ( 3 cm ). Seluruh bahan direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih. Minum air rebusan 1 kali sehari 1 gelas.

# Nama Tanaman : JERUK NIPIS ( Citrus Aurantifolia, Swingle ).
Cara Membuat : 2-4 potong akar jeruk nipis direbus dengan 11/2 liter air sampai mendidih hingga tinggal 1 liter. Saring, minum setiap sore.

# Nama Tanaman : JERUK NIPIS ( Citrus Aurantifolia, Swingle ).
Cara membuat : 10 gram akar pohon jeruk nipis dicuci bersih. Rebus dengan 1 liter air selama ½ jam. Saring, minum hangat-hangat 3 kali sehari.

# Nama Tanaman : DAUN UNGU ( Graptopyllum Pictum, (Linn), Griff).
Cara Membuat : 3-7 lembar daun ungu dan adas pulawaras direbus bersama 3 gelas air putih sampai mendidih. Saring, minum 1 kali sehari setiap pagi.

# Nama Tanaman : GREGES OTOT ( Equisetum Debile Roxb ).
Cara Membuat : 30 gram herba greges otot direbus. Diminum sebagai teh. Atau : 30 gram herba segar greges otot dicuci bersih lalu digiling halus. Tempelkan pada wasir. CATATAN : Pemakaian lama, dapat mengganggu fungsi ginjal.

# Nama Tanaman : DAUN DUDUK ( Desmodium Triquetrum (L) D.C ).
Cara Membuat : Ambil 20 gram daun segar. Cuci bersih, rebus dengan 1 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin, saring. Hasil saringan diminum sampai habis. Lakukan setiap hari.

# Nama Tanaman : KEMBANG SORE ( Abutilon Indicum ( L ) Sweet ).
Cara Membuat : 150 gram akar direbus dengan air secukupnya sampai kental. Dimunum 100 cc. Sisanya diuapkan ke lubang dubur selagi panas. CATATAN : Wanita hamil dilarang memakai ramuan ini.

# Nama Tanaman : KEMBANG BUGANG ( Clerodentrum Calamitosum L ).
Cara Membuat : 9 lembar daun di cuci bersih dan dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 11/2 gelas. Setelah dingin disaring. Minum dengan madu seperlunya,sehari 2 x ¾ gelas.

# Nama Tanaman : KEJI BELING ( Stachytarpheta Muthabilis, Vahl ).
Cara Membuat : 3 lembar daun keji beling mentah dan segar, dimakan sebagai lalapan setiap hari. Lakukan secara teratur. Pantangan : Daging kambing dan makanan/ masakan yang pedas.

# Nama Tanaman : NGOKILO ( Stachytarpheta Mutabis, Vahl ).
Cara Membuat : 3 lembar daun ngokilo mentah dan segar dimakan sebagai lalapan. Lakukan setiap hari secara teratur. Pantangan : Daging kambing dan makanan/ masakan yang pedas.

# Nama Tanaman : LIDAH BUAYA ( Aloe Vera Linn ).
Cara Membuat : ½ batang daun lidah buaya dihilangkan durinya, dicuci bersih lalu diparut. Tambahkan ½ cangkir air matang dan 2 sendok makan madu. Aduk, saring. Minum airnya sehari 3 kali.

# Nama Tanaman : PEGAGAN ( Centella Asiatica, (Linn) Urb ).
Cara Membuat : 4-5 batang pegagan berikut akar-akarnya direbus dengan 2 gelas air selama 5 menit. Minum rebusan ini untuk beberapa hari.

# Nama Tanaman : PULAI (Alstonia Scholaris (L) R. Br ).
Cara Membuat : Kulit kayu sebanyak 1-3 gram direbus, lalu diminum.

# Nama Tanaman : PATAH TULANG ( Eupharbia Thymifolia Linn ).
Cara Membuat : Siapkan akar, batang kayu, ranting dan getah. Akar dan ranting dikeringkan, ditumbuk menjadi bubuk. Campurkan dengan lontong beras, aduk sampai merata. Buat pil kecil-kecil sebesar telur cecak. Jemur, keudian dimakan.

# Nama Tanaman : PATIKAN CINA ( Euphorbia Thymifolia Linn ).
Cara Membuat : 1/3 genggam patikan cina, 1/3 genggam patikan kebo, 1 jari rimpang kunyit, 3 jari gula enau. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 ½ gelas. Saring, setelah dingin diminum 3 x ½ gelas.

# Nama Tanaman : PISANG ( Musa Para disiaca, Linn ).
Cara Membuat : Siapkan buah pisang kluthuk yang masih mentah, adas pulasari secukupnya dan 1 potong gula merah. Buah pisang kluthuk diparut untuk diambil airnya. Campurkan dengan bahan lainnya. Aduk sampai merata. Saring kemudian dimunum.

Demikianlah artikel beberapa tips tentang pengobatan Ambeien, semoga bermafaat.

Penulis bukan seorang ahli medis,therapis, atau seorang dokter profesional, artikel diatas hanyalah sebuah informasi dari berbagai sumber yang bisa dipercaya, artikel ini bisa anda jadikan referensi dan pengetahuan, untuk aplikasi pengobatan yang lebih aman, selalu konsultasikan dengan therapis, ahli medis dan dokter anda
Share :
PreviousPost
NextPost

Author:

Rekomendasi