Tips Menulis Surat Lamaran kerja melalui Email

tips menulis surat lamaran kerja melalui/via email
Menulis surat lamaran kerja melalui/via Email adalah suatu kemungkinan yang besar untuk saat ini, karena tak jarang banyak perusahaan saat ini yang memperbolehkan bahkan secara khusus meminta kepada calon karyawan yang sedang mengajukan lamaran kerja untuk menuliskan dan mengirimkan surat lamaran kerja melalui
Email. Bagi yang belum berpengalaman pastinya menulis dan mengirim surat lamaran kerja melalui Email akan sangat membingungkan, sehingga timbul pertanyaan formatnya bagaimana, dimana letak judulnya, bagaimana lampiranya apakah ditulis di halaman posting email atau terlampir, jika terlampir dalam format apa?....ah pusing ya.

Dalam artikel ini mari kita bahas secara singkat tips membuat/menulis dan mengirim surat lamaran kerja melalui email.

1. Siapkanlah bahan-bahan yang akan anda jadikan sebagai lampiran Email anda, misalnya pas photo anda jangan lupa untuk mengkompresi photo anda dalam ukuran yang jauh lebih kecil lebih baik file photo sebesar 50 KB kiranya cukup sebagai lampiran email anda. Siapkan pula lampiran resume, cv dan lain-lain dalam format (word.doc).

Lampiran-lampiran ini bersifat fleksibel tergantung apakah perusahaan memintanya dalam bentuk lampiran yang terpisah atau memintanya dimasukkan dalam tulisan di badan/halaman posting email. Begitupun jika diminta untuk dilampirkan terpisah, silahkan cermati dalam bentuk file apa, mungkin pdf atau word.doc.

2. Langkah selanjutnya adalah menulis Judul Email, menulis judul email pada surat lamaran kerja hendaknya ditulis secara singkat, padat dan fokus terhadap esensi, Maksudnya jadikanlah si penerima email anda dengan cepat segera mengetahui maksud dan tujuan email anda hanya dengan membaca judul email anda. Sehingga petugas yang bersangkutan segera dapat mengklasifikasikan jenis email lamaran kerja yang masuk dengan cepat. Sebagai contoh tuliskan "Lamaran Kerja Untuk Posisi Accounting Staff". Atau terkadang perusahaan meminta anda untuk mencatumkan sebuah KODE posisi lowongan Kerja yang dibutuhkan.

3. Langkah ketiga yaitu menulis Surat Lamaran Kerja, silahkan anda cermati dahulu permintaan perusahaan, apakah meminta anda untuk menuliskan surat lamaran kerja di badan posting email atau dalam bentuk lampiran dokumen, jika tidak menyebutkan silahkan anda pilih diantara keduanya. Namun sekarang banyak perusahaan yang memperbolehkan atau meminta anda menuliskannya di posting/badan email. Jika perusahaan meminta dalam bentuk lampiran pilihlah file dalam bentuk ms Words (word.doc) adalah pilihan yang paling realistis dan sopan.

4. Lampirkan data diri anda dalam bentuk format CV atau Resume, pas Photo setengah badan yang paling sopan dan rapi dengan ekspresi optimis. Logikanya, resume/CV akan lebih akurat dikirimkan dalam bentuk lampiran/attach yang terpisah, karena CV atau Resume membutuhkan space kalimat dan data yang umumnya sangat panjang biasanya CV/ Resume berisi tentang data-data pribadi seperti usia, kebangsaan, tinggi dan berat badan, status pernikahan, latar belakang pendidikan akademis secara mendetil, pengalaman kerja atau prestasi di tempat kerja terdahulu serta ketrampilan dan latar belakang pendidikan yang menunjang posisi yang dilamar. Jika perusahaan meminta dalam bentuk lampiran pilihlah file dalam bentuk ms Words (word.doc, namun tidak menutup kemungkinan meminta dalam bentuk file lain misalnya PDF. Jadi siapkan saja sofware PDF converternya, cari dan download banyak yang gratisan. Anda bisa download software PDF Creator terbaru
di sini
.

5. Bagaimana dengan ukuran email, tentu saja ini sangat bervariasi tergantung jumlah file lampiran anda, toh banyak email gratisan banyak menyediakan space email sekali kirim rata-rata maksimal sebesar 25 MB, logikanya file yang anda kirim tidak akan sebesar itu, paling-paling hanya berkisar ratusan KB saja. Yang paling utama lakukan kompresi/perkecil ukuran file Photo anda, karena hasil jepretan kamera digital sekarang rata-rata beresolusi besar dan mempunyai ukuran rata-rata 5-10 MB atau lebih, tergantung resolusi kamera tersebut. Ukuran file email yang anda kirim buat seramping mungkin tanpa mengurangi data-data penting lampiran anda, karena ini akan mempengaruhi kecepatan proses download data oleh petugas penerima email anda.

6. Setelah semua proses selesai jangan terburu-buru untuk mengirimkannya ke alamat tujuan, lakukan test pengiriman surat lamaran kerja anda ke email anda yang lain, untuk penngecekan, hal ini penting untuk mengukur keakuratan isi email beserta lampiran anda, siapa tahu format email yang anda kirim berubah setelah sampai di alamat email yang berlainan walaupun ini jarang terjadi. Jika terjadi demikian, solusinya buatlah email yang baru sesuai dengan jenis email perusahaan tersebut.

Itulah sobat sekelumit tips cara menulis Surat Lamaran kerja melalui Email, semoga bermanfaat. Anda juga bisa membaca artikel tips menulis surat lamaran kerja di sini. Jika anda membutuhkan contoh surat lamaran kerja anda bisa download contoh surat lamaran kerja melalui artikel di sini. Salam.
Share :
PreviousPost
NextPost

Author:

0 Comments:

Rekomendasi